MENISKUS YANG SOBEK

DEFINISI

Meniskus yang sobek adalah kondisi yang umum untuk salah satu lutut yang cedera. Aktivitas apapun yang menyebabkan Anda memutar lutut Anda, terutama ketika menempatkan tekanan berat penuh, sehingga dapat menyebabkan meniskus sobek.

Masing-masing lutut memiliki dua menisci potongan tulang rawan berbentuk C yang bertindak seperti bantal antara tulang paha dan telapak Anda. Meniskus yang sobek menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kekakuan. Anda juga mungkin mengalami kesulitan dalam memperluas lutut Anda sepenuhnya.

Penanganan konservatif seperti istirahat, es dan obat kadang-kadang cukup untuk meringankan rasa sakit meniskus yang robek dan membuat luka sembuh dengan sendirinya. Dalam kasus lain, namun meniskus yang sobek memerlukan bedah perbaikan.

GEJALA

Jika meniskus Anda sudah robek, Anda mungkin mengalami tanda dan gejala berikut di lutut Anda :

  • Muncul rasa sakit
  • Pembengkakan atau kekakuan
  • Rasa sakit, terutama ketika memutar atau memutar lutut Anda
  • Kesulitan meluruskan lutut Anda sepenuhnya
  • Terasa ada yang memhambat lutut Anda untuk digerakan, seolah-olah lutut Anda terkunci di tempat

Kapan Anda harus menemui dokter

Segera hubungi dokter jika lutut Anda bengkak atau terasa menyakitkan, atau jika Anda tidak bisa menggerakan lutut Anda seperti biasa.

PENYEBAB

Meniskus yang sobek bisa berupa hasil dari kegiatan apapun yang menyebabkan Anda memutar lutut, seperti memutar secara agresif atau tiba-tiba berhenti dan berbalik. Bahkan berlutut, berjongkok atau mengangkat sesuatu yang berat kadang-kadang dapat menyebabkan meniskus sobek. Pada orang dewasa yang lebih tua, perubahan degeneratif lutut dapat berkontribusi untuk meniskus yang sobek.

FAKTOR RESIKO

Siapa saja yang melakukan kegiatan yang melibatkan memutar lutut secara agresif beresiko untuk meniskus yang sobek. Risiko sangat tinggi untuk atlet, terutama mereka yang berpartisipasi dalam olahraga kontak, seperti sepak bola, atau kegiatan yang melibatkan memutar, seperti tenis atau basket. Risiko robek meniskus juga meningkat ketika Anda beranjak tua, karena keausan pada lutut Anda.

 KOMPLIKASI

Meniskus yang sobek dapat menyebabkan ketidakstabilan lutut, ketidakmampuan untuk memindahkan lutut Anda seperti biasanya atau nyeri lutut. Anda juga mungkin akan lebih mungkin untuk mengembangkan Osteoartritis pada cedera lutut.

 TES DAN DIAGNOSIS

Sering kali, meniskus yang sobek dapat diidentifikasi selama pemeriksaan fisik. Dokter dapat memanipulasi tulang lutut dan kaki Anda ke dalam posisi yang berbeda untuk membantu menentukan penyebab tanda dan gejala.

Tes pencitraan

  • Sinar-x. Karena meniskus yang sobek terbuat dari tulang rawan, itu tidak akan muncul pada X-ray. Tetapi sinar-x dapat membantu menyingkirkan masalah lain dengan lutut yang mungkin memiliki gejala yang sama.
  • USG dapat memungkinkan dokter untuk memeriksa bagian dalam lutut Anda yang bergerak. Ini dapat membantu menentukan jika Anda memiliki sebuah lipatan longgar tulang rawan yang tertangkap antara bagian yang bergerak di lutut Anda.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). MRI menggunakan gelombang radio dan Medan magnet yang kuat untuk menghasilkan gambar-gambar penampang struktur internal. Dapat membuat gambar rinci jaringan keras dan lembut baik dalam lutut Anda.

Arthroscopy

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menggunakan instrumen yang dikenal sebagai artroskop untuk memeriksa bagian dalam lutut. Artroskop dimasukkan melalui sayatan kecil di dekat lutut Anda. Perangkat ini mengandung cahaya dan kamera kecil, yang mentransmisikan gambar yang diperbesar dari bagian dalam lutut Anda ke monitor. Jika perlu, instrumen bedah dapat dimasukkan melalui artroskop atau melalui sayatan kecil tambahan di lutut Anda.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Pengobatan awal

Pengobatan untuk meniskus yang sobek sering dimulai dengan perawatan konservatif. Dokter dapat merekomendasikan :

  • Hindari kegiatan yang memperburuk nyeri lutut, terutama kegiatan apapun yang mungkin menyebabkan Anda untuk memutar lutut. Anda mungkin ingin menggunakan tongkat ketiak untuk menghindari tekanan lutut dan mempromosikan penyembuhan.
  • Ini dapat mengurangi nyeri lutut dan pembengkakan. Menggunakan paket dingin, kantong beku atau handuk diisi dengan es batu sekitar 15 menit pada suatu waktu. Melakukan hal ini setiap empat sampai enam jam hari pertama atau ke dua, dan kemudian sesering yang diperlukan.
  • Obat-obatan. Obat penghilang gejala nyeri over-the-counter juga dapat membantu mengurangi rasa sakit lutut.

Terapi

Terapi fisik dapat membantu Anda memperkuat otot-otot di sekitar lutut dan di kaki Anda untuk membantu menstabilkan dan mendukung sendi lutut. Busur mendukung atau sisipan Sepatu lainnya dapat membantu untuk mendistribusikan kekuatan lebih merata di sekitar lutut atau mengurangi stres pada daerah-daerah tertentu dari lutut Anda.

Operasi

Jika lutut Anda tetap terasa sakit, kaku atau terkunci, dokter dapat merekomendasikan operasi. Kadang-kadang mungkin untuk memperbaiki meniskus robek, terutama pada anak-anak muda dan orang dewasa. Jika ada goresan dan tidak dapat diperbaiki, pembedahan meniskus dapat dilakukan. Operasi dapat dilakukan melalui sayatan kecil yang menggunakan artroskop. Setelah operasi, Anda akan perlu untuk melakukan latihan untuk mengoptimalkan kekuatan lutut dan stabilitas.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH

Menghindari rasa sakit yang gigih pada lutut, terutama kegiatan olahraga yang melibatkan tekanan pada lutut atau memutar, sampai rasa sakit menghilang. Es dan obat OTC untuk pengilang nyeri bisa memberikan bantuan.