Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

SehatFresh.com – Menstruasi adalah siklus bulanan yang terjadi pada wanita. Kebersihan organ menjadi hal yang penting untuk diperhatikan ketika menstruasi. Praktik kebersihan yang buruk bisa menimbulkan berbagai penyakit infeksi. Sayangnya, saat ini masih banyak wanita yang kurang menjaga kebersihan organ intimnya ketika datang bulan.

Vagina yang sehat dan bersih memiliki keseimbangan kimiawi yang bersifat asam dengan pH 3.5. Pada keadaan asam dengan pH normal, bakteri baik yang ada di dalam vagina mampu membersihkan vagina secara optimal sehingga keseimbangan kelembaban di vagina selalu terjaga. Keluhan yang sering dialami pada vagina seperti gatal-gatal pada umumnya disebabkan karena kebersihan dan kelembaban vagina yang sedang terganggu, salah satunya ketika wanita sedang mengalami menstruasi. Saat menstruasi, kebersihan organ intim merupakan hal yang penting.

Pembalut menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Pilihlah pembalut yang aman, nyaman dengan permukaan lembut, dan tanpa pewangi. Pembalut beraroma sangat berpotensi menimbulkan iritasi pada miss V. Bahkan bakteri bisa bersarang akibat material asing dari pewangi pada pembalut. Hal inilah yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pembalut. Pastikan selain memiliki bahan yang lembut, pembalut Anda pun terbuat dari bahan yang aman.

Selain memilih pembalut yang tepat, Anda juga perlu mengetahui hal-hal penting apa saja yang harus diketahui dalam merawat kesehatan organ intim selama menstruasi. Usahakan untuk mengganti pembalut sesering mungkin (sekitar 3-4 jam sekali) terutama ketika darah haid sedang banyak-banyaknya. Pembalut yang terlambat diganti bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit terutama yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Jamur dan bakteri sangat berpotensi berkembang biak di tempat-tempat yang lembab.

Saat haid, tubuh memroduksi hormon estrogen dalam jumlah yang lebih banyak. Hormon tersebut memicu produksi keringat dan minyak tubuh dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Hal inilah yang menyebabkan tubuh cenderung beraroma kurang sedap saat menstruasi. Maka dari itu, jangan lewatkan mandi pagi dan sore. Saat haid, mandi adalah proses utama untuk memastikan kebersihan area genital atau vagina. Saat membersihkan organ intim, basuhlah dengan air bersih dari arah depan ke belakang guna menghindari perpindahan bakteri yang banyak bersarang di anus ke area organ reproduksi. Anda tidak dianjurkan terlalu sering menggunakan cairan pembersih organ intim atau yang lebih dikenal dengan sabun kewanitaan. Membersihkan dengan air saja sudah cukup. Penggunaan sabun kewanitaan berlebihan bisa mengganggu keseimbangan flora di sekitar alat kelamin, serta bisa membunuh bakteri “baik” dan memicu tumbuhnya jamur.

Selain itu, Anda perlu menghindari pemakaian celana dalam yang terlalu ketat. Celana dalam yang ketat dapat menekan otot luar pada organ intim dan membuat area sekitarnya menjadi lembab. Kenakanlah pakaian dalam yang agak longgar dan berbahan dasar katun yang mudah menyerap keringat. Kenakan juga pakaian yang longgar dan sebaiknya jangan memakai celana jeans yang menekan selangkangan.

Sumber gambar : bisnisnyasalim.biz

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY