Menjaga Kebersihan Vagina Dengan Benar, Simak Tipsnya!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vagina merupakan organ paling penting pada wanita karena merupakan tempat untuk melakukan jalannya kelahiran, berhubungan intim, dan lain sebagainya. Walaupun tidak terlihat tapi vagina wajib dirawat dan dijaga kebersihannya. Bagaimana caranya agar vagina bebas bakteri dan jamur? Tentu dengan cara menjaga kebersihan vagina. Apabila vagina bersih maka hubungan antar pasangan juga akan semakin erat. Namun sayangnya banyak para wanita yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga vagina atau mereka bahkan salah persepsi dalam membersihkan vagina. Simak yuk cara membersihkan vagina dengan benar berikut ini:

  1. Tidak perlu membersihkan vagina terlalu dalam yaitu dari lubang hingga masuk kedalam tubuh karena daerah itu mampu membersihkan dirinya sendiri. Cukup membersihkan daerah bibir luar dan dalam yaitu labira minora dan mayora.
  2. Gunakan pembersih kewanitaan tanpa pewangi dan tidak mengandung alkohol karena berarti pembersih itu tidak mengandung zat yang dapat menyebabkan iritasi. Apabila terjadi iritasi maka hentikan pemakaian dan gunakan air biasa.
  3. Membersihkan vagina cukup 1-2 kali sehari dengan tangan. Gindari membersihkan dengan loofah karena berpotensi membuat luka. Apabila ada luka pada vagina anda maka dengan mundah anda akan terkena penyakit menular seksual bila pasangan anda mempunyai resiko.
  4. Setelah buang air kecil, langsung keringkan vagina dan jangan jangan basuh dari arah dubur menuju vagina karena itu sama saja dengan memindahkan kuman dari dubur ke vagina.

Selain itu, jangan lupa terhadap beberapa tips menjaga kebersihan vagina dibawah ini:

  1. setiap beberapa kali membuang air kecil sebaiknya anda menggunakan sabun khusus untuk daerah kewanitaan. Hal ini akan membantu membunuh bakteri nakal yang menyerang kebersihan vagina anda.
  2. klitoris dan uretra merupakan alat ekresi, selalu bersihkan dua organ ini pada saat anda mandi.
  3. Pilihlah pakaian dalam yang mudah kering dan menyerap keringat. Hal ini bertujuan agar vagina anda tidak lembab dan dihinggapi jamur.
  4. Setelah mandi dan buang air, bersihkan sisa-sisa air dengan tisu hingga benar-benar kering. Jangan lupa untuk mengganti pakaian dalam anda minimal tiga kali sehari.
  5. Sebelum dan sesudah berhubungan intim, jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu vagina anda. Selain dapat mengurangi bau, hal ini juga membuat anda terhindar dari bakteri.
  6. Jangan lupa untuk mencukur bulu pada vagina anda. Hal ini dikarenakan agar bakteri pada vagina berkurang dan vagina tidak lembab.
  7. Hindari penggunaan tampon karena dapat menyebabkan bakteri dan jangan lupa untuk mengganti pembalut 4 jam sekali atau setiap sudah penuh.
  8. Usahakan agar daerah kewanitaan anda selalu kering agar tidak berjamur. Ganti pakaian dalam anda apabila sudah terasa lembab.
  9. Hindari membeli pakaian dalam serta menggunakan celana yang ketat. Hal ini akan menyebabkan anda mudah berkeringat hingga daerah kewanitaan menjadi lembab.
  10. Apabila sedang berpergian dan menggunakan toilet umum, jangan lupa untuk membersihkan permukaan toilet sebelum anda duduk.(NIA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY