Menjaga Kesegaran Mulut Saat Berpuasa

SehatFresh.com – Bau mulut adalah salah satu keluhan umum saat berpuasa. Hal ini tentunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu terutama bagi mereka yang harus berinteraksi dengan banyak orang. Bau mulut memang sering menjadi masalah bagi orang yang sedang berpuasa. Namun bukan berarti hal tersebut tidak dapat dihindari. Kuncinya ada pada kebiasaan Anda.

Umumnya, bau mulut bersumber dari makan makanan jenis tertentu, merokok, dan masalah dalam rongga mulut, seperti gigi berlubang atau infeksi gusi. Pada orang berpuasa, rongga menjadi kering karena tidak ada makanan yang dikunyah seharian penuh. Hal ini berdampak pada produksi air liur yang menjadi berkurang. Akibatnya, bakteri menjadi mudah berkembang biak.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesegaran mulut Anda saat berpuasa:

Jaga kebersihan mulut
Menyikat gigi dengan benar setelah makan sahur adalah salah satu cara untuk mengurangi bau mulut ketika berpuasa. Gosoklah gigi dengan benar bukan hanya sekedar menyegarkan mulut saja. Bersihkan gigi hingga ke bagian dalam agar sisa-sisa makanan yang terselip ataupun menempel di gigi dapat hilang. Lidah juga perlu dibersihkan dari sisa makanan yang menempel. Setelah gosok gigi, berkumurlah hingga bersih. Terlalu sering berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik sebenarnya tidak dianjurkan karena dapat membunuh bakteri-bakteri baik yang ada dalam mulut. Bila perlu gunakan juga benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit terjangkau.

Banyak minum air putih
Bau mulut saat berpuasa juga dapat dicegah dengan banyak minum air putih saat berbuka puasa dan sahur. Air putih berperan dalam meningkatkan produksi air liur sehingga produksi air liur tetap terjaga. Maka dari itu, agar terhindar dari bau mulut saat puasa, usahakan untuk memenuhi kebutuhan air selama berpuasa dengan mengonsumsi setidaknya 8 gelas ketika malam.

Pilih makanan yang tepat
Saat sahur dan berbuka puasa, hindari makan makanan yang berpotensi menimbulkan bau napas yang tajam seperti jengkol, petai, dan durian. Hindari juga makanan yang mudah menempel dan lengket pada gigi yang nantinya sulit dibersihkan. Konsumsi buah dan sayur dapat mengurangi bau napas yang tidak enak ketika berpuasa. Sempatkan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur. Buah dan sayur secara alami dapat membantu menghilangkan plak pada gigi. Sebaiknya perbanyak makan buah-buahan segar terutama buah-buahan yang kaya vitamin C dan serat.

Jangan merokok
Kebiasaan merokok saat sahur juga sebaiknya dihentikan. Rokok memperburuk kebersihan mulut selain itu rokok sendiri juga menimbulkan aroma yang tidak sedap pada mulut. Tidak merokok akan memberikan konstribusi yang besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari ketika berpuasa.

Sumber gambar : pondokibu.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY