Menjaga Kesehatan Mata saat Mudik pada Remaja

SehatFresh.com – Lebaran sebentar lagi! Sudah saatnya untuk siap-siap mudik agar bisa berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Ketimbang mobil, para pemudik saat ini lebih menyukai melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor karena alasan kecepatan. Tidak ada yang salah memang. Namun, bagi pemudik yang hendak mengguankan sepeda motor, penting untuk memerhatikan perlindungan mata selama berkendara.

Mata membutuhkan perlindungan dari efek kerusakan lingkungan. Mata akan mudah bermasalah jika terpapar polusi udara, polusi air, dan polusi kimiawi. Begitu pula bila mata sering terpapar angin kencang saat mengendarai sepeda motor. Dampaknya mulai dari iritasi mata ringan hingga cacat mata permanen. Oleh karenanya, para pemudik yang mengendarai motor perlu memberikan perhatian ekstra pada penglihatannya.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kesiapan fisik menjadi hal utama yang menunjang kelancaran perjalanan mudik. Untuk itu, bagi para pemudik yang berkeinginan membawa kendaraan sendiri khususnya sepeda motor, jauh-jauh hari sebelum keberangkatan sebaiknya menghindari gaya hidup yang tidak sehat.seperti merokok, minum alkohol, tidur terlalu larut, kurang olahraga dan makan sembarangan. Kebersihan seperti itu dapat secara perlahan melemahkan fungsi mata. Tingkatkanlah kebugaran fisik dengan mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, dan cukup istirahat setiap harinya. Kebugaran fisik yang baik akan sangat menunjang energi dan konsentrasi selama berkendara.

  • Menggunakan helm SNI

Pemakaian helm saat berkendara sangatlah penting untuk keselamatan. Helm tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kepala, tetapi juga pelindung mata. Helm dapat melindungi mata dari zat-zat asing yang bisa masuk ke dalam mata. Pastikan juga helm yang memiliki standar keselamatan yang baik.

  • Memakai kacamata

Bila sebelumnya telah terdeteksi ada gangguan pada mata, maka penggunaan kacamata jangan diabaikan. Terlebih lagi, bagi pemudik yang mengendarai motor di siang hari, kenakan kacamata atau sunglass yang dapat secara efektif melindungi mata dari paparan sinar UV (ultraviolet) matahari. Selain sinar UV, kacamata juga dapat melindungi mata pengendara motor dari terpaan angin dan debu jalanan.

  • Jangan abaikan isyarat lelah

Jika mata sudah terasa lelah dan tegang apalagi mengantuk, maka jangan tunda untuk menghentikan perjalanan dan beristirahat atau tidur sejenak dengan memanfaatkan rest area yang umumnya banyak tersedia di sepanjang jalur ramai pemudik. Anda juga dapat melakukan peregangan mata sederhana seperti berkedip untuk meringankan stres dan ketegangan pada mata. Berkedip membantu melumasi mata sehingga dapat secara alami membantu mengatasi mata kering.

  • Kebersihan tangan

Saat mudik, kebersihan jangan sampai terabaikan. Pastikan tangan dalam keadaan bersih sebelum menyentuh mata. Kebersihan tangan yang buruk dapat menjadi awal timbulnya infeksi mata. Sebisa mungkin, hindari terlalu banyak menggosok mata.

  • Membawa obat-obatan

Bagi orang yang rutin minum obat karena mengidap suatu penyakit tertentu, maka obatnya jangan sampai ketinggalan. Sebagai antisipasi, penting juga untuk membawa kotak P3K dan obat-obatan dasar lainnya seperti obat demam, obat diare, obat batuk-pilek, obat maag dan obat anti-alergi. Tidak ketinggalan, obat tetas mata juga sebaiknya selalu tersedia di kotak obat saat bepergian. Hampir setiap aktivitas melibatkan mata. Tanpa disadari, akan banyak debu, polusi serta partikel kecil lainnya yang masuk ke dalam mata saat perjalanan mudik. Bila diperlukan, obat tetes mata dapat digunakan untuk membantu mencegah iritasi dan mengatasi mata kering akibat polusi lingkungan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY