Menjaga Kesehatan Prostat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Prostat merupakan organ tubuh pria yang mengelilingi saluran kencing dan berada di bawah kandung kemih. Fungsi prostat adalah menghasilkan cairan untuk transportasi sperma. Jika terjadi pembengkakan, maka kelenjar prostat akan menekan saluran kencing dan menyebabkan timbulnya masalah pada saluran kencing.

Masalah prostat memengaruhi sebagian besar pria di seluruh dunia. Mayoclinic.com melaporkan bahwa separuh dari semua pria di atas 60 akan mengalami pembesaran prostat. Jumlah tersebut meningkat menjadi 95 persen pada pria 75 tahun atau lebih. Ketika prostat tidak cukup kuat dan sehat, Anda bisa mengalami infeksi prostat, masalah kencing serta penurunan kinerja seksual. Pilihan gaya hidup yang Anda buat sekarang dapat meningkatkan kesehatan prostat dan mengurangi risiko pembesaran prostat dan kanker prostat agresif.
Menjaga kesehatan prostat itu pada dasarnya menjaga kesehatan secara umum. Kita bisa melakukan pencegahan dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup, dengan cara:

  1. Mengonsumsi makanan sehat
    Ubah pola diet Anda untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga prostat tetap kuat dan sehat. Makanan tertentu dapat membantu mencegah oksidasi dan peradangan prostat. Makanlah makanan yang kaya antioksidan seperti vitamin C, seperti buah jeruk, sayuran hijau, dan brokoli. Konsumsi juga berbagai macam buah-buahan dan sayuran berwarna-warni. Tambahkan juga makanan kedelai untuk diet Anda. Kedelai menciptakan bahan kimia seperti estrogen yang membantu memperkuat prostat dan mengurangi risiko kanker prostat.
  2. Kurangi gula dan garam
    Anda bisa menurunkan asupan garam dengan menggunakan sedikit garam dalam masakan, memilih makanan rendah sodium, serta menghindari makanan kemasan yang diawetkan karena memiliki kandungan sodium yang tinggi. Hindari pula makan terlalu banyak gula, terutama dalam bentuk minuman manis, seperti minuman ringan atau jus kemasan. Gula adalah sumber bahan bakar utama untuk pertumbuhan tumor pada prostat.
  3. Olahraga
    Hilangkan kelebihan lemak tubuh untuk mencegah kondisi seperti resistensi insulin, penyakit jantung dan respon inflamasi anternal yang berdampak negatif terhadap kesehatan prostat. Lakukan olahraga selama 30 menit per hari, setidaknya lima hari dalam seminggu.
  4. Hindari alkohol dan rokok
    Berbagai macam racun dalam rokok sangat erat kaitannya dengan risiko kanker. sedangkan alkohol dapat menetralisir seng (zinc) dan vitamin B6, yang mana kedua zat tersebut sangat penting untuk kesehatan prostat.
  5. Lakukan pemeriksaan medis
    Bicaralah dengan dokter tentang screening prostat biasa jika Anda khawatir tentang kesehatan prostat Anda, atau jika Anda berusia lebih dari usia 40 tahun. Masalah medis yang melemahkan prostat akan lebih mudah untuk diobati jika terdeteksi lebih awal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here