Menjaga Konsentrasi dan Fokus Pada saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa merupakan suatu tindakan dimana setiap orang yang menjalankannya harus menjaga makan, minum dan hawa nafsu lainnya yang dapat membatalkan puasa dimulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa mengharuskan kita tidak makan dan minum tentunya akan sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari kita apabila kita tidak dapat menjaga asupan nutrisi dan pola hidup sehat lainnya.

Konsentrasi otak dan daya fokus sangat terpengaruh oleh kegiatan puasa, sehingga untuk meminimalisir penurunan daya fokus dan konsentrasi otak anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini. Berikut beberapa tipsnya untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi otak saat puasa, diantaranya sebagai berikut:

  1. Istirahat cukup

Pola istirahat sangat berpengaruh terhadap proses kognitif seperti berfikir dan belajar. Selain itu pola istirahat berpengaruh pada daya fokus dan konsentrasi otak karena tidur memiliki fungsi untuk menyatukan berbagai ingatan. Istirahat yang kurang dapat mengganggu konsentrasi, daya nalar dan gangguan ingatan kejadian sebelumnya. Sebaiknya atur pola istirahat anda agar anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup sekitar 7-8 jam setiap hari. untuk hasil yang lebih maksimal dan konsentrasi serta daya fokus terjaga lakukan hal ini secara konsisten.

  1. Olahraga

Olahraga dikenal sebagai aktivitas yang dapat membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. Selain itu olahraga juga sangat baik untuk menjaga kosentrasi dan daya fokus otak untuk mengingat sesuatu hal. Meskipun puasa terkadang membuat anda lemas dan letih sehingga anda tidak bersemangat untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya karena penurunan daya fokus otak dan konsentrasi otak. Hal tersebut tidak menjadi salah satu alasan anda untuk bermalas-malasan. Lakukan olahraga rutin untuk menjaga konsentrasi dan daya fokus otak. Hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Illinois menyatakan bahwa olahraga merupakan suatu kegiatan yang berfungsin untuk meperbaiki daerah otak dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

  1. Menjaga asupan nutrisi

Untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi anda dapat melakukan gaya hidup sehat salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi seperti 4 sehat dan 5 sempurna. Asupan nutrisi yang sehat dan dijaga akan menjaga konsentrasi dan daya fokus otak. Hal ini dapat anda terapkan setiap hari dan pada saat anda sedang melakukan ibadah puasa. Contohnya yaitu memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, karena kedua jenis makan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik yang dibutukan oleh tubuh setiap manusia.

  1. Beristirahat sejenak

Apabila anda merasa penat dan jenuh atas aktivitas dan rutinitas yang anda lakukan setiap hari. Anda dapat beristirahat sejenak untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi otak anda selama berpuasa.

  1. Hindari hal yang dapat membuat anda tidak fokus

Fokus dan konsentrasi adalah suatuh kunci untuk meningkatkan konsentrasi anda pada saat bekerja. Agar fokus dan konsentrasi anda terjaga sebaiknya anda harus menghindari hal-hal yang dapat memicu keinginan anda untuk merokok. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here