Menstruasi Pertama Datang (Menarche)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menarche adalah saat haid atau menstruasi yang datang pertama kali pada seorang anak perempuan menginjak dewasa. Ada beberapa hormon yang berperan dalam mentruasi yaitu hormon GnRH (Gonadotropin Releasing Hormon), FSH (Follicle Stimulating Hormone), LH (Luteinizing Hormone) serta hormon estrogen dan progesteron. Menstruasi terjadi karena ovum telah matang dan tidak dibuahi oleh sperma. Menstruasi ditandai dengan keluarnya cairan darah dari alat kelamin wanita berupa luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah.

Menarche biasanya terjadi beberapa tahun setelah pertumbuhan rambut kemaluan dan pembesaran payudara. Usia seorang perempuan mengalami menarche bervariasi pada setiap anak, bisa terjadi mulai dari sekitar usia sembilan sampai dengan 15 tahun, tapi rata-rata usia 11-14, sedangkan anak Indonesia rata-rata mengalaminya pada usia 12-14 tahun. Menarche dikatakan terlalu awal jika terjadi kurang dari sembilan tahun dan dikatakan terlalu lambat jika usia telah mencapai 15 tahun atau 2,5-3 tahun setelah pertumbuhan payudara. Jika seorang perempuan tidak mendapatkan periode menstruasinya di usianya 15 tahun, sebaiknya orang tua segera membawanya ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Usia anak perempuan pada waktu mengalami menarche berbeda-beda. Faktor lingkungan terkait dengan keadaan sosial, ekonomi, dan budaya berperan besar dalam mempengaruhi usia perempuan mendapatkan menarche awal. Faktor  gizi juga telah dikaitkan dengan perbedaan usia menarche. Bentuk badan anak perempuan yang umumnya memiliki bentuk tubuh pendek dan  gemuk  cenderung lebih  cepat  mengalami menarche dibandingkan dengan anak perempuan yang tinggi dan kurus. Faktor psikis yang umumnya cenderung mengarah ke stress pada perempuan juga dapat memengaruhi usia menarche.

Sebagian besar anak perempuan mengalami menarche bersamaan dengan tumbuhnya rambut kemaluan dan pertumbuhan payudara. Saat haid datang, mereka mungkin mengalami ketidaknyamanan seperti nyeri perut atau pinggang, mood yang tidak stabil, nyeri atau tegang pada payudara, nyeri kepala atau pusing. Siklus menstruasi adalah waktu yang dimulai dari hari pertama muncul haid hingga hari pertama haid berikutnya. Selama dua tahun pertama, siklus menstruasi perempuan bervariasi berkisar 21-45 hari, setiap siklus berkisar 2-7 hari, terkadang tidak ada periode haid, tapi jika anak tidak mengalami haid > 90 hari (amenorrhea), hal tersebut dapat dikatakan tidak normal.

Siklus bulanan rata-rata berlangsung 28 hari dan dihitung dari hari pertama setelah menstruasi terakhir. Siklus menstruasi seseorang dapat dipengaruhi berbagai hal termasuk kelebihan berat badan, kekurangan berat badan, stress, olahraga berlebihan dan makanan. Setelah menarche, mungkin diperlukan beberapa tahun sebelum siklus menstruasi berkembang menjadi pola yang teratur. Siklus tersebut bisa berkisar 21-45 hari. Menstruasi yang tidak teratur (oligomenore) atau tidak terjadinya menstruasi pada periode tertentu (amenorrhea) sangat umum dalam 5 tahun pertama setelah menarche.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here