Menu Berbuka yang Tepat untuk Wanita Sedang Menjalankan Diet

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk mengurangi berat badannya selama puasa, salah satunya dengan diet. Perubahan pola makan yang berubah selama bulan Ramadan di mana hanya mengonsumsi makanan pada saat berbuka dan sahur saja, dinilai menjadi cara ampuh untuk mengurangi porsi makanan dari yang biasanya.

Puasa memang seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetep menjalani kebiasaan hidup sehat. Saat puasa tubuh lebih banyak membutuhkan asupan makanan yang kaya nutrisi agar bisa memenuhi kebutuhan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Itu sebabnya kalian harus pintar-pintar memilih menu buka puasa dan sahur yang bergizi dan sehat. Beberapa cara untuk memilih berbuka untuk wanita yang sedang menjalankan diet yaitu :

  1. Kombinasi Antara Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Saat buka puasa adalah waktu yang tepat untuk menghidrasi tubuh setelah seharian penuh tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Minumlah air putih sebanyak yang kalian mampu. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan agar perut tidak terasa kembung.

Untuk menu makanannya, usahakan untuk menyiapkan makanan yang dianggap sebagai sumber karbohidrat kompleks yang baik. Beberapa makanan yang dapat menjadi sumber karbohidrat kompleks antara lain adalah kacang-kacangan (kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang merah) serta biji-bijian (gandum atau beras merah).

  1. Menggunakan Ikan Sebagai Lauk

Ikan adalah menu buka puasa untuk diet yang sangat sehat kalian bisa memilih salah satu jenis ikan untuk diolah menjadi menu buka puasa yang lezat. Karena sedang diet, sebaiknya masak ikan dengan cara dipanggang, dibakar, atau direbus.

  1. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Ketika sedang diet, kalian memang diharuskan untuk mengurangi konsumsi nasi putih. Nasi putih lebih cepat dicerna oleh tubuh dan mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga berisiko untuk menaikkan kadar glukosa dalam darah. Cobalah untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Karena nasi merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna tubuh, sehingga kalian akan merasa kenyang lebih lama. Kombinasikan nasi merah ini dengan lauk sehat untuk menjadi menu buka puasa untuk diet yang sempurna.

  1. Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng sarat akan kandungan lemak yang tinggi. Oleh karena itu, makanan gorengan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi pada saat sedang diet. Hindari makanan yang digoreng dalam menu buka puasa. Karena pada saat bulan puasa, pola makan dan istirahat akan berubah. Sementara itu, kandungan lemak dalam makanan gorengan dapat membuat kita jadi cepat mengantuk.

  1. Jangan Lupa untuk Mengkonsumsi Makanan Berserat

Sumber serat terbaik berasal dari buah dan sayur. Buah dan sayur bisa dimasukkan ke dalam menu buka puasa kalian menjadi hidangan pembuka, seperti salad atau takjil. Selain itu, sayur juga bisa diolah menjadi lauk yang sehat untuk menu buka puasa.. Usai tarawih, kalian juga bisa menyantap buah-buahan segar favorit.

  1. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Santan

Kolak pisang adalah takjil favorit bagi seluruh masyarakat Indonesia. Jika kalian sedang diet sebaiknya  tidak memasukkan kolak pisang ke dalam menu buka puasa untuk diet. Tak hanya itu saja, opor ayam juga merupakan lauk favorit pada saat Bulan Ramadhan yang sebaiknya dihindari.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here