Menu Makan Malam yang Sehat untuk Diet

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menurut sebuah penelitian menjelaskan bahwa makan dapat menyebabkan kenaikan berat badan sekitar 2 kali lipat. Seorang ahli nutrisi pernah menyatakan sebuah nasehat bahwa makan pagi seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti orang miskin. Namun anggapan lain menyatakan bahwa kapanpun anda makan semua jenis makanan mengandung kalori dan kalori tetaplah kalori.

Setiap orang yang melakukan diet di zaman sekarang beranggapan bahwa makan sehari sebaiknya dilakukan 2 kali yaitu di pagi dan sore hari. Akan tetapi pada zaman dahulu orang diet frekuensi makannya tetap 3 kali sehari, namun jumlah kalori yang dikonsumsi di malam hari sebaiknya dalam kadar yang rendah. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi di malam hari tanpa menyebabkan gemuk, antara lain :

  1. Steak dangin tanpa lemak

Menurut hasil penelitian di Amerika menyatakan bahwa konsumsi daging merah dalam menu makan dapat membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Selain itu daging merah mengandung protein yang dapat menjaga kebutuhan otot tubuh. Sehingga steak daging merah dapat dijadikan menu makan malam tanpa membuat anda gemuk.

  1. Buah-buahan

Kandungan vitamin dan gula alami yang terdapat di dalam buah-buahan mampu mengatasi rasa lapar anda. Selain itu kandungan serat di dalam buah-buahan dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga semua jenis buah-buahan dapat dijadikan sebagai menu makan di malam hari tanpa membuat anda gemuk.

  1. Kaldu ayam

Kaldu ayam memiliki kandungan kalori yang rendah namun memberikan efek kenyang yang sangat cepat. Sebaiknya anda membuat kaldu ayam sendiri.

  1. Ikan

Ikan memiliki kandungan DHA yang mampu membakar lemak dalam tubuh. Selain itu ikan memiliki kandungan kalori yang cukup rendah dibandingkan dengan ayam.

  1. Udang

Udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang mudah di cerna sehingga anda tidak perlu khawatir merasa gemuk. Selain itu udang mengandung psekitar 80% protein, vitamin dan kalori yang rendah.

  1. Sayuran

Sayuran tidak perlu diragukan akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu sayuran merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan mudah dicerna serta melancarkan sistem metabolisme, sehingga tidak akan membuat anda gemuk.

  1. Tahu

Tahu memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori yang membuat anda merasa kenyang. Selain itu kandungan serat juga dapat melancarkan sistem pencernaan.

  1. Popcron

Popcron terbuat dari jagung, dimana kandungan kalori jagung lebih rendah dibandingkan dengan nasi. Selain itu tambahan keju cottage di dalam popcron mampu memperbaiki kualitas tidur anda,  karena di dalam keju cottage mengandung protein kasein.

  1. Agar-agar

Agar-agar memiliki kandungan kalori sekitar 10 kalori. Meskipun dicampur buah atau ditambahkan sedikit gula hanya akan menambah kalori menjadi 70-80 kalori. Sehingga agar-agar dapat menjadi menu makan di malam hari tanpa membuat anda gemuk.

  1. Smoothies

Smoothie dan milkshake mrupakan jenis menu makan malam yang tidak akan membuat anda gemuk. Biasanya smoothies terbuat dari buah atau sayuran atau kombinasi keduanya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here