Menu Makan Sehat untuk Sahur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahur merupakan rutinitas yang harus anda lakukan ketika memasuki bulan ramadhan. Dengan melakukan sahur anda dapat memberikan atau mendapat energi cadangan dalam menghadapi puasa selama seharian dengan berbagai aktivitas yang tetap harus anda jalani.

Karena sahur bertujuan untuk membuat tubuh kita tetap berenergi atau tidak lemas dan lapar, serta agar kita dapat menyelesaikan puasa. Kita wajib mengonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan yang bergizi. Makanan yang sehat cenderung lebih membantu anda menjalani puasa.

Menurut ahli kesehatan, ketika waktu sahur sebaiknya anda membuat menu makanan yang lambat untuk dicerna. Makanan tersebut seperti makanan yang mengandung karbohidrat ataupun kaya serat. Sehingga laparpun tidak mudah datang.

Untuk membuat menu makanan yang sehat ketika sahur, berikut ada beberapa makanan yang bisa anda gunakan untuk membuat menu yang sehat:

  1. Nasi

Hampir semua orang indonesia akan mengatakan belum makan jika belum mengonsumsi nasi. Jadi, ketika sahur anda juga menggunakan nasi. Tidak dapat dipungkiri jika nasi cukup memberikan rasa kenyang dan energi untuk tubuh. Untuk sahur yang sehat, lebih baik anda gunakan nasi merah dibandingkan nasi putih. Nasi merah ini merupakan karbohidrat kompleks yang akan membuat gula darah anda stabil selama seharian.

  1. Roti

Begitu juga dengan roti sebaiknya pilih roti gandum daripada roti yang putih. Selain karbohidrat kompleks, roti gandum juga mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik.

  1. Kentang

Makanan sehat bersumber karbohidrat lain yang bisa and gunakan sebagai menu sehat yaitu kentang. Kentang juga mengandung vitamin C, vitamin B6,zat besi, dan juga serat yang tinggi.

  1. Sayuran hijau

Selain karbohidrat anda juga membutuhkan sayuran sebagai lauk pelengkap karbohidrat. Sayuran hijau yang anda konsumsi ini baik untuk membantu proses dalam sistem pencernaan.

  1. Telur

Mengonsumsi telur dalam makanan sahur anda itu baik. Apalagi bagian putih telur yang memiliki kandungan protein. Tidak hanya protein saja, telur juga mengandung karbohidrat tinggi, riboflavin, dan tentunya rendah lemak. Mengonsumsi telur ketika sahur dapat untuk menganjal perut anda dari rasa lapar.

  1. Buah

Beberapa buah yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan sehat untuk menu sahur antara lain pisang, jeruk, berbagai buah berry (Strawberry, blueberry, blackberry), semangka dan apel.

  1. Air putih dan Susu

Meminum air putih yang  banyak sangat dibutuhkan ketika sahur sehingga ketika puasa di siang hari akan mencegah dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain minum air putih, anda juga bisa meminum susu rendah lemak. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY