Menularkah Gatal pada Penis?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gatal pada penis adalah kondisi yang umum terjadi. Kondisi ini bisa diakibatkan infeksi ringan. Namun, ada kalanya penis gatal juga menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual. Penis gatal dapat pula disebabkan oleh berbagai hal lainnya, seperti infeksi jamur, kudis, pakaian dalam yang terlalu ketat, reaksi alergi, hingga adanya gesekan pada kulit.

Gatal pada penis bisa tersebar di berbagai bagian, seperti:

  • Rambut kemaluan

Salah satu hal yang dapat menyebabkan gatal pada daerah pubis (tempat tumbuhnya rambut kemaluan) adalah kutu kemaluan. Kutu kemaluan biasanya ditularkan melalui kontak seksual dengan penderita. Gejala utamanya adalah gatal pada daerah rambut kemaluan dan adanya bercak darah atau bintik-bintik hitam pada pakaian dalam yang merupakan kotoran kutu

  • Batang Penis

Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya gatal pada batang penis adalah:

  1. Herpes genitalis, suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks 1 (HSV1) atau 2 (HSV2). Gejala lain yang dapat ditemukan adalah adanya lepuhan pada batang penis.
  2. Lichen nitidus, yang menyebabkan timbulnya benjolan-benjolan kecil pada batang penis, yang terasa gatal. Hal ini bukanlah suatu penyakit menular seksual.
  3. Kepala penis.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya gatal pada kepala penis adalah:

  1. Herpes genitalis yang seringkali mengenai daerah kepala penis dan kulit khatan.
  2. Infeksi jamur (candidiasis) pada kepala penis. Infeksi ini dapat merupakan gejala diabetes pada pria.
  3. Kutil kemaluan yang merupakan penyakit menular seksual. Kutil ini disebabkan oleh infeksi virus.
  4. Lichen planus, psoriasis dan dermatitis seboroik berat merupakan gangguan kulit yang dapat mengenai kepala penis dan bukan merupakan suatu penyakit menular seksual.
  • Kantong zakar

Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada kantong zakar adalah:

  1. Eksim, suatu gangguan kulit kronik yang ditandai dengan rasa gatal, radang, kemerahan dan pembengkakan pada kulit.
  2. Penyakit paget pada kantong zakar merupakan salah satu jenis kanker kulit yang tampak seperti eksim. Penyakit paget dicurigai jika gejala eksim tidak merespon terhadap pengobatan. Bercak kemerahan dapat timbul pada daerah selangkangan dan anus.
  • Selangkangan

Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada daerah selangkangan adalah:

  • Infeksi jamur, biasanya terjadi akibat keringat dan penggunaan pakaian ketat.
  • Kandidiasis yang merupakan salah satu jenis infeksi jamur.
  • Psoriasis, sebuah penyakit kulit kronik yang ditandai dengan bercak kemerahan bersisik dan tebal pada daerah lutut, siku, pinggang dan kulit kepala.

Gatal pada penis akibat infeksi dapat terjadi secara berulang apabila pengobatan tidak tuntas. Jika gatal pada penis disebabkan oleh infeksi menular seksual, disarankan agar pengobatan dilakukan juga kepada pasangan, agar tidak terjadi penularan kembali. Rutin menjaga kebersihan diri dan penis serta menjalani pola hidup sehat umumnya dapat membantu mencegah keluhan gatal pada penis. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here