Menyambut Datangnya Bulan Puasa dengan Cara yang Menyenangkan Bersama Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memperkenalkan bulan ramadhan secara dini kepada anak-anak merupakan hal yang perlu dilakukan oleh orang tua. Dengan memberi tahu anak tentang ramadhan dan ibadah yang ada didalamnya dapat membantu anak memahami kebiasaan atau mengenal tentang agama dengan baik. Khususnya belajar menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.

Ketika seorang anak berlatih menjalankan ibadah puasa itu sangat bermanfaat. Tidak hanya menahan rasa lapar, tetapi mereka juga belajar untuk menjadi orang sabar dan bersyukur kepada Allah SWT bahwa dia merupakan orang yang beruntung dibandingkan orang lain yang untuk makan saja harus bekerja sungguh keras.

Tetapi tidak sedikit orang tua yang merasa khawatir apakah anak akan bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, padahal ia masih terlalu kecil. Apakah mereka dapat melaluinya dengan baik. Tentu saja bisa, anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu perhatian dalam mengajarkan anak berpuasa di bulan ramadhan.

Agar anak dapat melalui puasa dengan baik, berikut hal yang dapat anda lakukan dengan anak, sehingga anda dapat menyambut bulan ramadhan dengan menyenangkan bersama anak-anak tercinta :

  1. Ajak si kecil untuk berpuasa

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengajak anak untuk menjalankan puasa di bulan ramadhan. Jika anda mengajaknya, akan tumbuh keinginan si kecil untuk menjalankan ibadah puasa. Tetapi perlu diperhatikan, jika anak belum mau berlatih puasa sebaiknya jangan dipaksakan.

  1. Ceritakan pada anak keutamaan ramadhan

Agar anak semakin termotivasi untuk melakukan puasa. Ada baiknya anda menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan keutamaan ramadhan. Seperti kisah-kisah di bulan ramadhan dan kehebatan umat islam pada jaman dahulu.

  1. Tanamkan pada anak bahwa puasa juga untuk mengontrol diri

Beri penjelasan pada anak bahwa berpuasa memang wajib, tetapi anak juga harus berlatih mengendalikan diri. Seperti mengontrol hawa nafsu dan emosi. Harus bersabar dan tidak terus berpikir soal makanan.

  1. Menyusun agenda selama ramadhan

Ajak anak untuk menyusun hal apa saja yang akan dilakukan di bulan ramadhan nanti. Sehingga bagi anak yang susah untuk menahan lapar, akan melupakan lapar tersebut dengan melakukan agenda menyenangkan yang telah ia buat.

  1. Persiapkan permainan

Adakalanya anak merasa bosan ketika bulan ramadhan karena merasa lemas dan lapar. Jadi anda juga harus menyiapkan beberapa permainan untuk mengisi waktu luang sang anak sambil menunggu saatnya berbuka. Selain bermain, anda juga dapat sekaligus memberikan pendidikan di sela permainan pada anak. Dengan bermain anak akan lebih gembira menjalani puasanya.

  1. Beribadah bersama

Selain mengisi waktu luang dengan beberapa permainan. Anda juga dapat menggunakan waktu tersebut untuk beribadah bersama seperti mengaji atau membaca al-quran bersama-sama.

  1. Menjaga kesehatan anak

Kesehatan anak dalam menyambut bulan ramadhan sangat dibutuhkan. Untuk mempersiapkan kesehatan anak anda dapat memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Contohnya dengan memberikan tambahan vitamin atau suplemen pada makanan. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY