Merawat Kesehatan pada Kulit Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Usia bayi merupakan usia dimana segalanya harus diperhatikan oleh orang tua, karena bayi belum dapat melakukan sesuatu secara mandiri. Termasuk perawatan atau kebersihan dan kesehatan kulit bayi merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

Kulit bayi pada dasarnya masih mulus dan halus, sehingga seringkali ibu menganggap tidak akan terjadi apa-apa pada kulit bayinya. Namun, seiring perkembangan, bayi akan menjadi lebih aktif dimana akan berdampak juga pada kesehatan kulit bayi. Jadi ibu harus tetap menjaga kesehatan kulit bayi agar tetap sehat. Karena kulit bayi lebih rentan terhadap iritasi, perubahan suhu dan kelembaban.

Selain rentan terhadap iritasi, kulit bayi yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit kulit pada bayi. Oleh karena itu berikut kami ulas beberapa tips untuk merawat kesehatan kulit bayi anda:

  1. Memandikan bayi

Untuk menjaga kesehatan bayi sebaiknya bayi anda dimandikan minimal sehari sekali, namun jangan terlalu sering karena umumnya bayi belum terlalu tahan dengan hawa dingin. Oleh karena itu gunakan air hangat untuk memandikan bayi.

  1. Kosmetik yang aman untuk bayi

Jangan terlalu berlebihan saat menggunakan kosmetik pada bayi karena akan membuat pori-pori tersumbat dan akan menimbulkan ruam pada kulit bayi. Serta gunakan bedak dan minyak telon setelah mandi dehingga kulit bayi terhindar dari iritasi dan gigitan serangga. Hindari kosmetik yang mengandung alkohol.

  1. Penggunaan pakaian bayi

Sebaiknya gunakan pakaian bayi yang berbahan katun agar terhindar dari infeksi bakteri. Jika baju bayi terkena kotoran segeralah ganti dengan baju yang bersih.

  1. Membuat lingkungan yang nyaman

Kebersihan kamar bayi sebaiknya harus selalu terjaga serta suhu kamar atau lingkungan harus disesuaikan dengan kenyamanan bayi. Karena suhu yang tidak sesuai juga bisa membuat kulit bayi muncul bintik warna merah.

  1. Penggunaan sabun mandi

Sabun bayi yang aman adalah sabun yang mengandung pro vitamin b5 karena mampu membantu dan merawat kesehatan kulit bayi. Selain itu kandungan vitamin b5 ini akan memberikan rasa yang lembut, nyaman dan menghaluskan kulit bayi.

  1. Amati penggunaan tisu basah

Ibu harus hati-hati dalam menggunakan tisu basah, karena ada beberapa bayi yang memunculkan reaksi alergi setelah pemakaian tisu basah. Jadi segera stop pemakaian tisu basah jika muncul reaksi alergi. Selain itu kandungan alkohol dalam tisu basah dapat membuat kulit bayi kering.

  1. Pijat bayi

Dengan pijat bayi, selain dapat mengamati kesehatan dan merawat kulit bayi. Ibu dan bayi juga merasa lebih dekat atau memberikan efek psikologis antara ibu dan bayinya. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY