Merawat Rambut Rapuh

SehatFresh.com – Rambut rapuh adalah keluhan umum di kalangan wanita. Bila Anda memiliki rambut yang rapuh, rambut menjadi lebih mudah patah dan cenderung kering. Karena rambut adalah mahkota, rambut rusak karena rapuh bisa menjadi hal yang memalukan karena mengganggu penampilan. Oleh karenanya, mari cari tahu berbagai penyebab rambut rapuh sehingga Anda bisa merawatnya secara tepat.

Rambut bisa menjadi rapuh karena berbagai kondisi. Pertama, kemungkinan penyebabnya adalah genetika. Jika ibu Anda memiliki rambut rapuh dan mudah rusak, Anda mungkin rentan terhadap itu juga. Beberapa kerusakan yang menyebabkan rambut rapuh dapat ditimbulkan oleh tindakan Anda sendiri yang menyebabkan rambut menjadi kurang kelemababan. Hal ini dapat disebabkan oleh sering keramas, penggunaan sampo yang keras dan bahan kimia seperti pewarna rambut. Paparan sinar matahari berlebih, polusi, dan angin juga berkontribusi terhadap kerusakan rambut. Selain itu, rambut rapuh juga bisa menjadi tanda kekurangan gizi.

Merawat rambut adalah cara termudah untuk membuatnya tetap kuat. Cobalah untuk mengurangi penggunakan produk berbasis kimia. Hanya gunakan sampo ringan untuk mencuci rambut. Jika tetap ingin mewarnai rambut, gunakan produk pewarna sementara atau semi-permanen tanpa amonia, untuk menjaga kelembaban pada rambut. Alat styling seperti catok dan pengering rambut juga dapat menyebabkan kelemahan dan kerusakan pada rambut, sehingga penggunaannya perlu dibatasi. Untuk rambut bercabang, potong rambut secara rutin dan pilihlah gaya rambut yang tidak menempatkan banyak tekanan pada rambut.

Namun, semua hal tersebut bisa menjadi sia-sia jika tidak dibarengi asupan nutrisi yang memadai. Asupan nutrisi yang cukup akan berdampak ke seluruh tubuh, termasuk rambut.  Secara khusus, beberapa nutrisi yang menunjang kesehatan rambut adalah protein, zat besi, vitamin C, asam lemak omega-3, vitamin A, biotin dan vitamin E. Tak hanya tubuh, rambut juga bisa mengalami dehidrasi. Rambut yang kusam dan rapuh seringkali dikarenakan rambut kekurangan cairan sehingga menjadi kering dan mudah patah. Untuk itu, memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya juga akan menunjang kesehatan rambut.

Jika Anda sebelumnya memiliki rambut sehat dan tiba-tiba menjadi rapuh dan menjadi mudah rusak, segera periksa ke dokter. American Academy of Dermatology mengatakan bahwa perubahan rambut yang mendadak bisa mengindikasikan kekurangan hormon dan penyakit lain yang memerlukan pengobatan.

Sumber gambara : www.ellipshaircare.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY