Meringankan Batuk Dengan Jahe, Kunyit, Kencur dan Jeruk Nipis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika batuk adalah penyakit yang sangat mengganggu. Batuk dapat disebabkan oleh faktor eksternal dan internal. Batuk biasanya didahului oleh gejala pilek, namun ada pula yang disebabkan oleh virus. Lantas apa sebenarnya pengertian batuk secara akademis?

Batuk bisa dikatakan sebagai simptom umum bagi penyakit respiratori dan non-respiratori (Haque, 2005). Wong et al. (2006) menambahkan jika batuk bisa menyebabkan morbiditas yang tinggi dan simptom seperti imsomnia, letargi, berkeringat, suara serak, nyeri muskuloskeletal, hingga inkotinensia urin.

Di zaman modern ini sudah tersedia berbagai obat batuk, mulai dari kimia hingga herbal. Uniknya meski sudah tersedia obat batuk yang siap pakai, masyarakat tidak meninggalkan warisan budaya dengan memanfaatkan tanaman tradisional.

Tidak dipungkiri jika Indonesia adalah negara yang kaya tanaman obat. Alhasil sebagai masyarakat Indonesia, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kekayaan alam yang sudah diwariskan secara turun-temurun itu. Lantas tanaman apa saja yang bisa dimanfaatkan menjadi obat batuk alami?

Obat alami batuk ringan

  1. Jeruk nipis. Jeruk nipis selain untuk masakan, memiliki khasiat  untuk mengobati batuk. Ramuan jeruk nipis bisa dicampur dengan kecap atau madu. Caranya siapkan perasan jeruk nipis dengan madu atau kecap. Satu sendok jeruk nipis ditambah satu sendok madu (atau kecap). Minum ramuan ini 2 hingga 3 kali sehari, secara rutin sampai sembuh.
  2. Teh Jahe. Jahe adalah salah satu rempah-rempah istimewa yang ada di Indonesia. Meramu jahe dengan teh rupanya bisa untuk mengobati batuk. Caranya siapkan 2-3 irisan jahe yang telah dibersikan. Kemudian campurkan jahe di dalam segelas teh hangat. Minum secara teratur hingga batuk reda.
  3. Belimbing wuluh. Belimbing wuluh ternyata bisa dijadikan obat tradisional untuk mengobati batuk. Caranya siapkan sekitar 10 buah blimbing wuluh yang telah dibersihkan. Kemudian diparut hingga halus. Masukan parutan blimbing itu ke dalam gelas, tambahkan air serta sedikit garam. Saring campuran tadi, kemudian buang ampasnya. Hasil saringan diminum 2 kali sehari, hingga batuk reda.

Obat alami untuk batuk berdahak

  1. Jahe dan kencur. Siapkan kencur dan jahe secukupnya. Kemudian jahe diparut hingga halus, lantas dicampur dengan kencur. Setelah itu direbus dengan segelas air, hingga campuran mendidih. Hasil rebusan diminum selagi hangat, bisa sehari 2 kali hingga batuk reda.
  2. Jahe dan daun sirih. Caranya rebus sekitar 5 lembar daun sirih, dengan potongan jahe pada 2 gelas air. Kemudian biarkan ramuan itu mendidih. Kemudian minum rebusan itu minimal 1 kali sehari, hingga batuk reda.

Obat alami untuk batuk kering

  1. Jahe merah. Jahe merah dianggap handal mengatasi batuk kering. Caranya siapkan jahe merah secukupnya dan bersihkan. Kemudian dikunyah hingga halus, lantas telan airnya. Kemudian buang ampasnya. Lakukan hal tersebut secara berjangka hingga batuk reda.
  2. Kunyit dan merica. Kunyit merupakan tanaman yang memiliki kandungan antibiotik. Antibiotik mampu mengobati peradangan yang mengakibatkan batuk kering. Caranya siapkan bubuk kunyit dan bubuk merica secukupnya. Kemudian masukan ramuan itu pada air mendidih, lantas aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut selagi hangat, dua kali sehari. Lakukan secara berulang hingga batuk reda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY