Metode Hidrotubasi untuk Penanganan Infertilitas pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Infertilitas merupakan kegagalan dari pasangan suami-istri untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual dalam jangka waktu satu tahun tanpa penggunaan kontrasepsi. Hidrotubasi merupakan pemeriksaan untuk menilai kelancaran tuba falopi menggunakan cairan dengan hidrotubator melalui vagina, mulut rahim, saluran leher rahim, rongga rahim hingga ke saluran telur.

Proses Metode Hidrotubasi

  1. Hidrotubasi dilakukan setelah 9-10 hari setelah menstruasi dan sedang tidak menstruasi.
  2. Pasian tidak diperbolehkan berhubungan intim dengan pasangan terlebih dahulu.
  3. Pasien sedang sehat, tidak demam, dan memiliki penyakit di area organ intim.
  4. Pasien dianjurkan untuk berpuasa terlebih dahulu setidaknya dalam jangka waktu 6 jam.
  5. Pasien harus mengeluarkan isi kandung kemih atau buang air kecil setidaknya dalam jangka waktu sebelum melakukan tindakan.
  6. Sebelum melakukan tindakan, biasanya pasien diberikan obat penenang. Setelah melakukan tindakan, maka pasien diberikan obat pereda rasa nyeri.
  7. Setelah sadar dari obat penenang, maka pasien diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.
  8. Apabila pasien mengalami kram, maka pasien diharuskan istirahat terlebih dahulu dalam jangka waktu 1 jam. Ini merupakan pertanda bahwa obat penenang sudah mulai hilang.

Penyumbatan tuba falopi dapat menghambat terjadinya kehamilan sehingga perlu dilakukan hidrotubasi sebagao cara pengobatan untuk mengatasi penyumbatan. Penyumbatan tuba falopi terjadi karena adanya infeksi dan perlekatan tuba falopi karena adanya endometriosis yang membuat terjadinya kerusakan permanen di area tuba.

Penyumbatan tuba falopi bisa dilakukan dengan berbagai hal, seperti bayi tabung, hidrotubasi, maupun yang lainnya. Pada intinya metode hidrotubasi merupakan metode untuk membersihkan kondisi tuba falopi yang tersumbat oleh banyak faktor.

Metode hidrotubasi dilakukan untuk mendapatkan penangan infestilitas pada wanita. Wanita tentunya sudah sangat bingung setelah melakukan hubungan seksual secara aktif dengan pasangan dalam jangka waktu yang lama tapi masih saja belum mengalami kehamilan. Metode hidrotubasi merupakan cara yang tepat untuk menangani infertilitas pada wanita.

Pada intinya hidrotubasi merupakan cara untuk mengobati penyumbatam di area saluran telur dengan memasukkan cairan yang di dalamnya banyak mengandung antibiotik dengan alat yang disebut dengan hidrotubator menggunakan vagina, mulut rahi, leher rahim, rahim, dan saluran telur.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan metode hidrotubasi sebagai berikut:

  1. Apabila tidak mengalami penyumbatan, maka cairan hidrotubasi bisa dimasukkan melalui saluran telur.
  2. Apabila mengalami penyumbatan, penciutan, dan cairan masih bisa masuk ke tekanan balik cairan meningkat.
  3. Apabila sudah terjadi penyumbatan total, maka cairan tidak bisa masuk ke tekanan balik cairan menjadi lebih maksimal.

Demikian informasi mengenai metode hidrotubasi dengan penanganan infertilitas pada wanita. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here