Metode untuk Mengatasi Patah Tulang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Patah tulang merupakan cedera yang serius, penanganan dan pertolongan yang benar membantu proses penyembuhan serta menghindarkan dari kondisi yang lebih parah. Penanganan patah tulang yang tidak tepat dapat menyebabkan peningkatan resiko terjadinya komplikasi. Berikut beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengatasi patah tulang :

Baca Juga : Panduan dan Perawatan Patah Tulang

  1. Kain

Kain dapat dijadikan salah satu metode untuk mengatasi patah tulang. Cara penggunaannya yaitu lilitkan kain tersebut dibagian tulang yang patah. Metode ini dapat digunakan pada kondisi cedera diarea telapak tangan agar kondisi cedera tidak bergeser semakin jauh.

  1. Es batu

Es batu dapat berfungsi untuk mengatasi patah tulang yang disertai peradangan. Cara penggunaanya yaitu kompreskan es batu yang dibungkus kain pada bagian tulang yang patah selama 10-15 menit dan lakukan metode ini 3 kali sehari. Pada saat mengompres anda akan merasakan ngilu akan, namun hal tersebut merupakan hal yang wajar dalam proses penyembuhan.

  1. Memasang gips

Memasang gips merupakan suatu metode paling umum yang dipakai untuk mengatasi patah tulang. Posisi gips berfungsi untuk merekatkan tulang kembali antara tulang yang patah agar tidak semakin bergeser dari tempatnya. Selain itu pemasangan gips juga berfungsi untuk mencegah keadaan patah tulang semakin parah. Biasanya dokter akan memastikan kondisi tulang yang patah sudah dalam posisi yang sejajar, apabila kondisi belum sejajar maka metode ini belum bisa digunakan karena proses penyembuhan cedera tidak akan benar.

  1. Memakai sling atau perban khusus

Kondisi patah tulang yang terdapat di area yang sulit dijangkau oleh gips maka metode lainnya akan dilakukan metode pemakaian sling atau perban khusus. Contohnya apabila anda mengalami patah tulang dibagian selangkangan maka penggunaan sling akan berfungsi untuk membatasi gerakan pada tulang yang bermasalah sehingga tulang dapat tumbuh dan menyambung kembali.

  1. Terapi panas

Terapi panas dapat dijadikan salah satu metode untuk mengatasi patah tulang karena metode ini berfungsi dalam merekatkan kembali tulang yang mengalami keretakan. Selain itu terapi panas dapat berfungsi untuk melancarkan aliran darah sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Terapi panas dapat digunakan menggunakan handuk atau dengan berendam air panas.

  1. Reduksi fraktur

reduksi fraktur digunakan untuk mengatasi patah tulang apabila tulang tersebut mengalami pergeseran yang tidak terlalu parah. Metode ini harus dilakukan oleh seseorang yang berpengalaman dibidangnya. Pada saat dilakukan pemasangan dokter akan memberikan anastesi untuk mengurangi rasa nyeri, namun apabila obat anastesinya sudah hilang rasa nyeri akan tetap terasa. Setelah dilakukan metode ini biasanya untuk mengembalikan posisi tulang yang patah maka dilakukan metode pemasangan gips.

  1. Alat penstabil tulang

Mengatasi patah tulang bisa dilakukan dengan cara memasukan alat penstabil tulang. Alat ini dimasukan pada saat  berlangsungnya operasi. Alat ini berfungsi untuk menahan tulang agar dalam posisi yang tepat sampai kondisi pasien sembuh. Alat ini dibentuk berupa akat atau batangan logam.

  1. Operasi

Apabila kondisi patah tulang telah parah dan hancur maka jalan satu-satunya untuk mengatasi kondisi tersebut yaitu dengan melakukan operasi. Dokter akan menyambungkan tulang-tulang yang hancur tersebut dengan pen atau pelat khusus. Tindakan ini dilakukan pada kondisi patah tulang diantaranya yaitu apabila tulang yang patah mengenai sendi, ligamen pada tulang tersebut harus segera diatasi, tulang yang bergeser atau terlepas dari posisinya, dan tulang yang patah terlalu banyak seperti tulang pada jari tangan dan kaki.

Selain 8 metode tersebut  ada sebuah metode untuk mengatasi patah tulang yaitu dengan implant. Dr Farnk Witte dari sekolah tinggi kedokteran Hannover mengembangkan sebuah metode implant menggunakan magnesium yang terurai secara biologis, campuran magnesium dengan mineral langka, penunjang pembuluh darah. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here