Mengelola Rasa Cemas Agar Tampil Percaya Diri dan Tidak Minder

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang memiliki karakter dan watak yang berbeda-beda. Ada tipe orang yang pemalu, keras kepala, selalu tampil percaya diri dan lain sebagainya. Setiap karakter seseorang di pengaruhi oleh pola asuh ataupun lingkungan yang ada di sekitarnya.

Pada umumnya masa remaja merupakan masa dimana anak-anak sedang mencari jati dirinya sehingga tidak asing jika kebanyakan dari remaja selalu melakukan hal-hal baru yang disukainya. Namun pada kehidupan nyata tidak semua remaja tampil percaya diri di setiap aktivitasnya, terkadang ada beberapa remaja yang merasa cemas dan minder akan dirinya. Berikut ini beberapa tips mengelola kecemasan agar percaya diri dan tidak minder, di antaranya :

  1. Berdoa

Usahakan segala sesuatu aktivitas yang anda lakukan selalu di awali dengan berdo’a, hal ini penting dilakukan untuk mengelola kecemasan karena berdoa merupakan suatu hal yang positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda.

  1. Senyum

Dalam agama islam dikatakan bahwa senyum sebagian dari iman. Selain itu memberikan senyuman di hadapan orang memberikan aura positif untuk meningkatkan rasa percaya diri, sehingga meminimalisir perasaan minder, cemas dan takut.

  1. Kenali hal yang membuat anda minder dan cemas

Rasa cemas dan minder biasanya terjadi karena ada hal yang membuat anda tidak nyaman. Untuk menangani hal tersebut anda harus mengenali rasa ketidaknyamanan yang membuat anda cemas dan minder sehingga anda akan merasa lebih percaya diri. Contohnya jangan mengikuti suara dalam diri anda yang mengatakan bahwa anda bodoh, jelek, terlalu kurus atau gendut, pendiam, dan lain sebagainya. Hal ini jika di hindari akan membuka kunci rasa percaya diri anda.

  1. Berfikir positif

Berfikir positif ke segala hal merupakan hal yang baik untuk dilakukan termasuk juga dalam upaya meningkatkan rasa percaya diri. Sehingga mencegah terjadinya rasa cemas dan minder. Berfikir positid merupakan salah satu sugesti atau keyakinan yang nantinya akan juga akan membuahkan hasil yang positif.

  1. Kontak mata

Saat anda berada dalam keramaian atau kerumunan orang baik dan pada saat itu anda merasakan cemas, takut dan minder, melakukan kontak mata dengan semua orang yang ada di sana merupakan suatu hal untuk mengatasi permasalahan yang sedang anda alami saat itu. Selain itu hal ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Jadi diri sendiri

Menjadi seperti orang lain bukanlah suatu hal yang harus anda lakukan untuk menjadi pribadi yang hebat, tetap menjadi diri sendiri meskipun berbeda dari orang lain. Hal ini justru memiliki nilai tambah untuk diri anda.

  1. Bicara dengan suara jelas dan terstruktur

Saat anda sedang berbicara di depan orang banyak berarti anda sedang melatih kemampuan retorika dalam diri anda. Berbicara dengan suara yang jelas dan terstruktur merupakan hal yang positif untuk meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Jangan takut berbuat salah

Kreasikan ide-ide mu dan kemampuan mu saat sedang dalam keramaian orang jangan pernah takut berbuat salah. Jika kamu mengalami kegagalan dalam suatu hal yang disebabkan karena kesalahan mu maka itu adalah pembelajaran bagi kamu untuk menjadi yang lebih baik. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here