Mewaspadai Gejala Varikokel yang Bisa Ganggu Kesuburan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Varikokel adalah salah satu gangguan kesehatan para organ reproduksi pria. Kondisi ini ditandai dengan membesarnya pembuluh darah yang berasal dari testis karena adanya masalah dengan katup yang mengontrol aliran darah dari testis ke tubuh. Hal ini membuat adanya guratan urat yang cukup terlihat pada area penis, mirip seperti varises pada kaki. Seringkali kasus varikokel ditemukan pada remaja karena pada masa pubertas, organ reproduksi sedang berkembang pesat dan memerlukan banyak pasokan darah. Namun, pria dewasa juga dapat mengalami varikokel. Karena dapat mengganggu produksi sperma dalam testis, varikokel berpotensi menurunkan kesuburan sehingga memperkecil kemungkinan untuk memiliki momongan. Oleh karenanya, gejala varikokel perlu diwaspadai.

Di dalam skrotum terdapat pembuluh darah dengan katup satu arah yang memindahkan darah dari testis ke skrotum, kemudian dialiarkan kembali ke jantung. Namun, mekanisme ini dapat terganggu sehingga darah mulai berkumpul di pembuluh darah. Hal ini membuat pembuluh darah perlahan membesar dan perlahan mulai menimbulkan gejala-gejala yang tidak nyaman. Kebanyakan pria yang memiliki varikokel tidak mengeluhkan gejala-gejala yang mengganggu. Terkadang varikokel ditemukan pada saat seorang pria datang ke dokter untuk pemeriksaan kesuburan. Tapi, beberapa orang dengan varikokel mengeluhkan nyeri pada organ intim yang semakin intens ketika berdiri lama atau melakukan aktivitas yang menguras energi. Nyeri tersebut terkadang memburuk sepanjang hari, tapi mereda ketika berbaring telentang.

Seiring waktu, kerusakan jaringan dalam skrotum akibat varikokel dapat menyebabkan testis menyusut dan melunak (atrofi testis). Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kondisi ini. Sejauh ini, para ahli meyakini bahwa varikokel mengakibatkan peningkatan tekanan dalam pembuluh darah dan paparan racun dalam darah karena gaya hidup sehari-hari dapat menyebabkan kerusakan testis. Karena alasan ini, maka wajar bila varikokel ini dapat menyebabkan seorang pria menjadi mandul. Tapi, umumnya kemandulan karena kondisi ini masih mungkin dipulihkan.

Oleh karenanya, ketika merasa ada yang tidak beres dengan organ intim Anda, lebih baik segera periksakan ke dokter, seperti jika Anda mendapati nyeri atau bengkak di skrotum, menemukan benjolan mencurigakan pada skrotum, atau ukuran satu sisi testis terasa berbeda. Dokter dapat mendiagnosis varikokel melalui pemeriksaan fisik dan mungkin melakukan USG untuk informasi tambahan yang diperlukan dalam penegakan diagnosis. Tapi, karena seringkali tak menimbulkan gejala yang jelas, varikokel terkadang tak memerlukan pengobatan khusus. Umumnya, pengobatan dipertimbangkan bila varikokel menyebabkan rasa sakit, atrofi testis, dan infertilitas. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here