Mewaspadai Komplikasi Kehamilan Kembar

SehatFresh.com – Mengetahui bahwa ibu hamil anak kembar tentunya menjadi kebahagiaan ya ng tak ternila. Akan tetapi, kehamilan kembar ini cukup berisiko, baik bagi ibu mau pun janin. Beberapa kemungkinan komplikasi kehamilan bayi kembar yang perlu diwaspadai antara lain :

  • Tekanan darah tinggi

Ibu yang hamil bayi kembar lebih mungkin untuk mengembangkan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Ketika tekanan darah tinggi dikombinasikan dengan protein dalam urin, kondisi ini dikenal sebagai preeklampsia. Pengelolaan tekanan darah secara cermat diperlukan untuk mencegah komplikasi serius bagi ibu dan bayi.

  • Kelahiran prematur

Masalah yang paling sering dialami ibu yang hamil anak kembar adalah kelahiran prematur. Jika ibu memiliki tanda-tanda persalinan prematur, dokter mungkin akan memberi suntikan obat steroid untuk mempercepat perkembangan paru-paru bayi. Bayi kembar yang lahir prematur dengan ukuran tubuh kecil mungkin harus berjuang untuk bertahan hidup. Pasalnya, ia dihadapkan dengan berbagai komplikasi seperti masalah pernapasan dan kesulitan pencernaan, karena organnya belum sempurna.

  • Twin-twin transfusion

Pada kembar identik, ada kemungkinan pembuluh darah di plasenta menjadi terhubung dengan sistem peredaran darah bayi. Hal ini menyebabkan satu bayi menerima terlalu banyak dan terlalu sedikit darah. Ini adalah komplikasi yang serius bagi bayi dan memerlukan intervensi yang intensif selama kehamilan. Seringkali, bayi dalam situasi ini dilahirkan lebih awal karena manfaat kelahiran awal lebih besar daripada potensi masalah akibat kelahiran prematur.

  • Persalinan caesar

Pada kehamilan kembar, persalinan normal dimungkinkan jika bayi pertama dalam posisi kepala di bawah. Jika tidak, operasi caesar mungkin dianjurkan. Dalam beberapa kasus, bayi pertama mungkin dilahirkan secara normal, namun karena komplikasi setelahnya, maka operasi caesar diperlukan untuk melahirkan bayi kedua. Untuk kembar tiga, umumnya persalinan caesar lebih disarankan ketimbang  proses persalinan secara normal.

Meski dikatakan berisiko, perhatian secara intensif sejak awal dapat meminimalkan risiko komplikasinya. Pemeriksaan kehamilan secara rutin dan teratur diperlukan untuk menghindari komplikasi yang bisa timbul pada kehamilan kembar terutama kelahiran prematur. Ibu hamil tidak perlu cemas berlebihan. yang terpenting ibu harus paling memperhatikan kesehatan fisik dan persiapan psikologis bila memang persalinan harus dilakukan lebih awal. Baik persalinan normal atau caesar, keduanya tetap memerlukan persiapan mental dan stamina yang baik  agar persalinan berjalan lancar, serta ibu dan bayi dalam keadaan sehat.

Sumber gambar : SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY