Mewaspadai Penyakit Degeneratif Seiring Penuaan

SehatFresh.com – Semakin bertambahnya usia seseorang, maka semakin rentan pula seseorang terjangkit suatu penyakit. Sebenarnya bukan hanya orang tua saja yang perlu khawatir, setiap orang mulai dari anak-anak juga harus selalu waspada terhadap serangan penyakit yang bisa datang kapan saja. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, maka daya tahan tubuh terhadap penyakit juga semakin berkurang terlebih bila ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit yang mengiringi penuaan ini disebut penyakit degeneratif.

Perubahan fisik pada mereka yang berusia lanjut ditandai dengan penurunan fungsi atau perubahan struktur dari keseluruhan organ. Apabila proses degeneratif ini semakin berat, bukan tidak mungkin masa tua akan diisi dengan berbagai aktifitas pengobatan, keluhan, atau penyakit yang muncul, seperti kencing manis, hipertensi, penyakit jantung dan pembuluh darah. Munculnya berbagai penyakit tersebut dapat berpengaruh pada semua aspek kehidupan termasuk seksualitas, yang pada akhirnya berujung pada penurunan kualitas hidup secara keseluruhan.

Ada sekitar puluhan jenis yang diklasifikasikan sebagai penyakit terkait penuaan. Penyakit alzheimer, parkinson, diabetes, stroke, dan jantung termasuk ke dalam penyebab kematian yang paling umum pada orang dewasa. Penyakit jantung dan stroke adalah yang paling mematikan. Di seluruh dunia, pengidap penyakit tersebut terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini tidak lepas dari gaya hidup kurang sehat yang terjadi seiring perubahan zaman.

Saat ini, kehidupan modern sangat memengaruhi alur aktifitas yang kita jalani. Kemajuan teknologi yang membawa hidup menjadi serba praktis telah mengurangi keinginan untuk bergerak lebih aktif. Banyak orang yang mengurangi kegiatan olahraga tapi justru semakin meningkatkan aktifitas pekerjaannya disertai dengan konsumsi makanan yang kurang bergizi karena alasan kepraktisan pula. Faktor meningkatnya jumlah konsumsi rokok juga tidak menutup kemungkinan sebagai penyebab yang kuat. Selain itu, kemajuan modern tidak lepas dari pencemaran lingkungan. Kurangnya pengendalian lingkungan secara terarah mengakibatkan penyakit degeneratif ini akan bertambah penderitannya, tidak hanya pada orang tua saja bahkan pada orang muda juga.

Menikmati masa tua dengan kondisi yang sehat secara fisik, mental, dan sosial tentu menjadi hal yang diinginkan banyak orang. Namun, hal tersebut tidak dapat diraih bila kita tidak mempersiapkan masa tua yang ideal sejak usia muda. Untuk itu, perlu adanya upaya pencegahan guna mewaspadai timbulnya penyakit degeneratif–penyakit dengan menerapkan pola hidup sehat yang mencakup pola makan gizi seimbang, olahraga dan aktivitas fisik yang seimbang, serta menghindari rokok dan alkohol.

Sumber gambar : www.lintasnews.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY