MIELITIS TRANVERSA

DEFINISI

Mielitis tranversa (mielitis melintang) adalah peradangan sumsum tulang, yang sering menargetkan bahan isolasi yang meliputi sel saraf serat (mielin). Mielitis tranversa dapat mengakibatkan cedera di sumsum tulang belakang yang mempengaruhi sensasi di bawah cedera. Transmisi sinyal saraf terganggu karena mielitis tranversa dapat menyebabkan rasa sakit atau masalah sensorik lainnya, kelemahan atau kelumpuhan otot, atau disfungsi kandung kemih dan usus.

Beberapa faktor dapat menyebabkan mielitis tranversa, termasuk infeksi dan gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan tubuh. Gangguan ini juga dapat terjadi karena gangguan mielin lainnya, seperti multiple sclerosis. Pengobatan untuk mielitis tranversa termasuk obat anti-inflamasi, obat-obatan untuk mengelola gejala dan terapi rehabilitasi. Kebanyakan orang dengan melintang mielitis tranversa setidaknya sebagian, tetapi beberapa orang dengan serangan berat hidup dengan cacat besar.

GEJALA

Tanda dan gejala mielitis tranversa biasanya berkembang selama beberapa jam dan memburuk selama beberapa hari. Kurang sering, gejala dan tanda-tanda kemajuan secara bertahap selama beberapa hari sampai beberapa minggu. Tergantung penyebabnya, salah satu atau kedua sisi tubuh dapat terpengaruh.

Tanda dan gejala khusus meliputi :

  • Rasa sakit. Rasa sakit yang terkait dengan mielitis tranversa sering mulai secara tiba-tiba di leher Anda atau punggung, tergantung pada bagian saraf tulang belakang Anda yang dipengaruhi. Rasa tajam, sensasi tertembak mungkin juga menyebar ke bawah kaki atau lengan atau di sekitar perut Anda.
  • Sensasi abnormal. Beberapa orang dengan mielitis tranversa melaporkan sensasi mati rasa, kesemutan, dingin atau terbakar. Beberapa orang sangat sensitif terhdap sentuhan ringan pakaian atau ekstrim atau dingin panas. Anda mungkin merasa seolah-olah ada sesuatu pembungkus kulit yang erat pada dada, perut atau kaki Anda.
  • Kelemahan pada lengan atau kaki. Beberapa orang dengan kelemahan ringan mengatakan bahwa mereka tersandung atau menyeret satu kaki atau kaki mereka merasa berat ketika mereka bergerak. Orang lain mungkin mengembangkan kelumpuhan.
  • Masalah kandung kemih dan usus. Masalah ini dapat mencakup peningkatan dorongan kemih, inkontinensia, kesulitan buang air kecil dan sembelit.

Kapan Anda harus menemui dokter

Segera hubungi dokter atau mendapatkan perawatan medis darurat jika mengalami tanda dan gejala mielitis tranversa. Sejumlah gangguan saraf dapat menyebabkan masalah sensorik, kelemahan dan disfungsi kandung kemih atau usus. Hal ini penting untuk mendapatkan janji diagnosis segera dan pengobatan yang tepat.

PENYEBAB

Alasan yang tepat untuk myelitis tranversa tidak diketahui. Dalam beberapa kasus, tidak ada penyebab yang dapat ditemukan untuk myelitis tranversa. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan gangguan, termasuk :

  • Virus dan infeksi saluran pernafasan atau saluran pencernaan telah terlibat dalam myelitis tranversa. Dalam kebanyakan kasus, gangguan inflamasi muncul setelah sembuh dari infeksi virus. Virus yang dapat menginfeksi sumsum langsung adalah virus herpes, termasuk salah satu yang menyebabkan herpes zoster dan cacar air (zoster) dan virus West Nile. Virus lainnya dapat memicu reaksi autoimun tanpa langsung menginfeksi sumsum tulang belakang. Jarang terjadi, parasit dapat menginfeksi sumsum tulang, dan bakteri tertentu seperti penyakit Lyme yang dapat menyebabkan peradangan menyakitkan akar saraf dari sumsum tulang belakang.
  • Multiple sclerosis adalah gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menghancurkan mielin sekitar saraf di sumsum tulang belakang dan otak. Myelitis tranversa dapat berupa tanda pertama sklerosis atau mewakili kambuh. Myelitis tranversa sebagai tanda sklerosis biasanya bermanifestasi hanya pada satu sisi tubuh Anda.
  • Neuromyelitis optica (Devic’s disease) adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan dan hilangnya mielin di sekitar sumsum tulang belakang dan saraf di mata Anda yang mengirimkan informasi ke otak Anda. Myelitis Melintang terkait dengan neuromyelitis optica yang biasanya mempengaruhi kedua sisi tubuh Anda. Anda mungkin mengalami gejala kerusakan mielin saraf optik, termasuk sakit di mata dengan gerakan dan kehilangan penglihatan sementara, pada saat yang sama atau waktu lain sebagai gejala myelitis tranversa. Namun, beberapa orang dengan neuromyelitis optica tidak mengalami masalah yang berkaitan dengan mata dan mungkin memiliki episode berulang dari myelitis tranversa.
  • Gangguan autoimun yang mempengaruhi sistem tubuh lain yang mungkin berkontribusi terhadap myelitis tranversa pada beberapa orang. Gangguan ini termasuk lupus, yang dapat mempengaruhi beberapa sistem tubuh, dan Sjorgen sindrom, yang menyebabkan kekeringan mulut dan mata yang parah, dan juga sebagai gejala lainnya. Myelitis tranversa terkait dengan gangguan autoimun mungkin menunjukkan neuromyelitis optica secara bersamaan, yang lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit autoimun lainnya di orang-orang yang tidak memiliki penyakit autoimun.
  • Vaksinasi penyakit menular, termasuk hepatitis B, campak,gondok rubella dan Difteri-tetanus vaksin, kadang-kadang telah terlibat sebagai pemicu.

KOMPLIKASI

Orang dengan myelitis tranversa biasanya mengalami hanya satu episode akut. Namun, komplikasi sering berlangsung cukup lama, termasuk :

  • Rasa sakit adalah salah satu komplikasi jangka panjang melemahkan paling umum dari gangguan ini.
  • Kekakuan, sesak atau kejang menyakitkan di otot (kejang-kejang otot), terutama di pantat dan kaki, mempengaruhi kebanyakan orang dengan efek myelitis tranversa yang cukup lama.
  • Kelumpuhan parsial atau total dari lengan, kaki atau keduanya dapat bertahan setelah awal timbulnya gejala.
  • Disfungsi seksual adalah komplikasi umum yang timbul dari myelitis tranversa. Laki-laki mungkin mengalami kesulitan mencapai ereksi atau mencapai orgasme. Perempuan mungkin mengalami kesulitan mencapai orgasme.
  • Depresi atau kecemasan yang umum pada pasien dengan komplikasi jangka panjang karena perubahan signifikan dalam gaya hidup, stres kronis atau Cacat, dan dampak disfungsi seksual dalam berhubungan.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Tanda dan gejala yang mungkin mengindikasikan myelitis tranversa umumnya bersifat parah dan biasanya mulai secara tiba-tiba. Jadi Anda mungkin memerlukan perawatan darurat atau mendesak.

Pertanyaan yang mungkin ditanyakan dokter meliputi :

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Seberapa cepat Anda mengembangkan gejala?
  • Apakah Anda memiliki rasa sakit, kesemutan atau sensasi lainnya yang tidak biasa?
  • Bagaimana Anda akan menilai rasa sakit pada skala 1 sampai 10, dengan 10 adalah yang paling menyakitkan?
  • Pernahkah Anda mengalami kelemahan atau kurangnya koordinasi?
  • Apakah Anda memiliki masalah dengan kontrol kandung kemih atau usus?
  • Apakah Anda mengalami kesulitan bernapas?
  • Apakah Anda pernah didiagnosa dengan kondisi medis lainnya?
  • Apakah Anda baru saja punya infeksi?
  • Apakah Anda baru saja memiliki vaksinasi?
  • Apakah Anda bepergian ke luar negeri akhir-akhir ini? Kemana?
  • Apakah Anda baru saja memiliki prosedur medis?
  • Apa obat resep atau over-the-counter yang Anda ambil secara teratur? Bagaimana dengan dosisnya?

TES DAN DIAGNOSIS

Diagnosis myelitis tranversa didasarkan pada jawaban Anda untuk pertanyaan tentang tanda-tanda dan gejala, riwayat kesehatan Anda, sebuah penilaian klinis dari fungsi saraf dan hasil tes. Tes ini, yang dapat menunjukkan inflamasi sumsum dan menyingkirkan gangguan lain, meliputi :

  • Magnetic resonance imaging (MRI) menggunakan Medan magnet dan gelombang radio untuk membuat gambar penampang atau 3-D jaringan lunak. MRI dapat menunjukkan inflamasi sumsum, dan itu dapat mengidentifikasi penyebab potensi gejala lain, termasuk kelainan yang menyebabkan sumsum kompresi dan pembuluh darah malformasi.
  • Pungsi lumbal (spinal tap) adalah penggunaan gambaran jarum dari sejumlah kecil cairan serebrospinal tulang belakang (CSF), cairan pelindung yang mengelilingi sumsum tulang belakang dan otak Anda. Pada beberapa orang dengan myelitis tranversa, CSF mungkin memiliki jumlah sel darah putih yang tinggi tidak normal atau protein sistem kekebalan tubuh yang menunjukkan peradangan. Cairan tulang belakang juga akan diuji untuk infeksi virus atau kanker tertentu.
  • Tes darah mungkin termasuk tes yang memeriksa untuk antibodi yang terkait dengan neuromyelitis optica, suatu kondisi di mana peradangan terjadi dalam sumsum tulang belakang Anda dan saraf di mata Anda. Orang dengan tes antibodi positif akan meningkatkan risiko mengalami beberapa serangan myelitis tranversa dan memerlukan pengobatan untuk mencegah serangan masa depan. Tes darah lain dapat mengidentifikasi infeksi yang mungkin menjadi faktor dalam myelitis tranversa atau menyingkirkan penyebab gejala lain.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Beberapa terapi menargetkan tanda dan gejala akut dari myelitis tranversa :

  • Suntikan steroid. Setelah diagnosis Anda, Anda kemungkinan akan menerima steroid melalui vena di lengan Anda selama beberapa hari. Steroid membantu mengurangi peradangan dalam tulang Anda.
  • Terapi Plasma asing. Orang-orang yang tidak merespon terhadap suntikan steroid dapat menjalani terapi pertukaran plasma. Terapi ini melibatkan menghapus cairan jerami berwarna di mana sel-sel darah yang ditangguhkan (plasma) dan menggantikan plasma dengan cairan khusus. Hal ini tidak yakin bagaimana terapi ini membantu orang dengan melintang myelitis, tetapi mungkin bahwa pertukaran plasma menghilangkan antibodi yang terlibat dalam peradangan.
  • Obat antivirus. Beberapa orang yang memiliki infeksi virus sumsum dapat diobati dengan obat antivirus.
  • Obat penghilang rasa sakit. Sakit kronis adalah komplikasi umum dari myelitis tranversa. Obat yang dapat mengurangi nyeri otot termasuk penghilang rasa sakit yang umum, termasuk asetaminofen (Tylenol), ibuprofen (Advil, Motrin IB) dan natrium naproxen (Aleve). Nyeri Saraf dapat diobati dengan obat antidepresan, seperti sertraline (Zoloft), dan obat-obatan antikonvulsan, seperti gabapentin (Neurontin, Gralise) atau pregabalin (Lyrica).
  • Obat untuk mengobati komplikasi lainnya. Dokter dapat meresepkan obat lain yang diperlukan untuk mengobati masalah seperti kejang-kejang otot, kemih atau usus disfungsi, depresi, atau komplikasi yang terkait dengan melintang myelitis.
  • Obat untuk mencegah serangan berulang myelitis tranversa. Orang-orang yang memiliki hasil yang positif untuk antibodi yang terkait dengan neuromyelitis optica memerlukan obat imunosupresif berkelanjutan seperti kortikosteroid untuk mengurangi kesempatan mereka memiliki serangan berulang myelitis tranversa atau mengembangkan neuritis optik.

 Terapi nondrug

Terapi lain ini berfokus pada pemulihan dan perawatan jangka panjang :

  • Terapi fisik. Terapi fisik membantu Anda meningkatkan kekuatan dan meningkatkan koordinasi. Terapis fisik mungkin akan mengajarkan Anda bagaimana menggunakan alat bantu, seperti kursi roda, tongkat atau kawat gigi, jika diperlukan.
  • Terapi okupasi. Jenis terapi ini membantu orang dengan myelitis traversa belajar cara-cara baru melakukan kegiatan sehari-hari seperti mandi, menyiapkan makanan dan membersihkan rumah.
  • Psikoterapis dapat menggunakan terapi bicara untuk mengobati kecemasan, depresi, disfungsi seksual, dan emosional atau perilaku lain yang mungkin berhubungan dengan mengatasi myelitis tranversa.

Prognosis

Meskipun kebanyakan orang dengan myelitis tranversa memiliki setidaknya pemulihan parsial, proses ini dapat mengambil satu tahun atau lebih. Sebagian besar pemulihan terjadi dalam tiga bulan pertama setelah episode dan sangat tergantung pada penyebab myelitis tranversa yang dialami.

Orang dengan neuromyelitis optica memiliki prognosis yang lebih buruk, meskipun bahkan dalam situasi ini, sebagian besar mengalami pemulihan dengan pengobatan. Sekitar sepertiga dari orang-orang dengan myelitis tranversa jatuh ke dalam salah satu dari tiga kategori setelah episode myelitis tranversa :

  • Tidak atau sedikit cacat. Orang-orang yang hanya mengalami sisa gejala minimal.
  • Moderat Cacat. Orang-orang ini bisa bergerak, namun mungkin memiliki kesulitan berjalan, mati rasa atau kesemutan, dan masalah kandung kemih dan usus.
  • Cacat parah. Beberapa orang mungkin perlu menggunakan kursi roda secara permanen dan memerlukan bantuan yang berkelanjutan dengan kegiatan perawatan dan sehari-hari.

Sulit untuk memprediksi myelitis tranversa. Umumnya, orang yang mengalami serangan yang cepat, biasanya tanda dan gejala memiliki prognosis akan lebih buruk daripada orang-orang dengan serangan yang relatif lambat.