Migrain yang Sering Dialami Wanita Tanda Gejala Penyakit Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sakit kepala pertama kali di deskripsikan pada tahun 3000 sebelum masehi yang ditandai oleh nyerihebat, mual, gangguan penglihatan dan penurunan kondisi fisik akibat migran. Migran merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata hemicrania yang artinya separuh otak atau kepala. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Galenus dari Pegamon pada abad ke 2.

Migrain merupkan suatu jenis penyakit neurologis yang berkaitan dengan neurobiologi, genetikm emosi dan lingkungan. Seseorang yang mengalami migrain dapat menimbulkan mintah, diare, lelah dan penurunan konsentrasi sehingga seseorang yang mengalami hal ini akan sangat sulit untuk mengalami aktivitas sehari-hari. Tanda gejala penyakit migran yaitu rasa nyeri di sebelah kepala, nyeri di leher, terjadinya pelunakan kulit kepala, bengkan dan rasa nyeri di wajah dan menetesnya caira dari hidung.

Migran merupakan kondisi yang termasuk kedalam tipe channelopathy yang mengakibatkan neuron tidak stabil dan rentan terhadap aktivitas spontan. Menurut sejarah rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita migran terjadi karena ekspansi pembuluh darah besar atau disebut dengan vasodilati yeng memberikan suplai pada otak. Kondisi ini akan berdampak pada saraf dimana serat saraf yang menempel pada pembuluh darah tersebut akan meregang dan menimbulkan rasa sakit. Sebuah isu menyatakan bahwa seorang wanita yang mengalami migran rentan terkena penyakit jantung, benarkah?

Wanita yang memiliki penyakit migran dan penelitian tersebut mengungkapkan bahwa sekitar 50% dari responden yang diteliti meninggal akibat serangan jantung, stroke atau penyakit jantung. Dengan kata lain dapat disimpulkan bawha responden yang mengidap penyakit migran beresiko mempunyai fitur-fitur klinis seperti hipertensi, obesitas, merokok dan kolesterol tinggi. Wanita yang mengidap penyakit migran memiliki resiko lebih besar mengalami penyakit jantung dan nyeri dada (angina) dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki penyakit jantung.

Selain itu hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa kondisi migran yang di alami oleh wanita beresiko menyebabkan kematian. Penyakit migran yang diderita oleh wanita sangat berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular. Selain itu juga resiko penyakit jantung yang diakibatkan migran tidak sebesar dengan penyakit jantung yang disebabkan oleh hipertensi, merokok dan kolesterol.

Seorang wanita yang mengidap migran beresiko mengalami perdarahan di otak yang mengacu kepada penyakit stroke, sedangkan penyakit stroke tentunya memiliki keterkaitan dengan penyakit jantung. Dari beberapa penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa jika anda mengalami penyakit migran tentunya anda harus berkonsultasi dengan dokter agar tidak menimbulkan kondisi yang semakin parah dan membahayakan nyawa. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here