Minuman Bersoda Tingkatkan Risiko Kanker Prostat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Minuman bersoda tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita karena rasanya yang manis dan juga menyegarkan apalagi jika dikonsumsi dikala cuaca terik. Dibalik sensasi rasanya yang menyegarkan, minuman bersoda menyimpan bahaya yang serius bagi tubuh. Minuman ini telah lama dikenal sebagai salah satu pemicu obesitas hingga diabetes. Studi terbaru menemukan, minuman soda ada kaitannya dengan faktor risiko terhadap pengembangan kanker prostat pada pria. Kanker prostat kini telah menjadi momok bagi kaum pria karena jumlah kasusnya yang semakin meningkat.

Studi dari Lund University yang dilakukan selama 15 tahun dan melibatkan responden pria yang meminum 300ml air soda setiap hari, menyatakan bahwa konsumsi minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker prostat hingga 40% dibandingkan dengan pria yang jarang atau bahkan tidak pernah meminum soda. Studi tersebut menjelaskan bahwa gula yang terkandung pada minuman soda akan cepat beredar dalam tubuh manusia dan berpotensi membentuk lingkungan yang kondusif untuk pembentukan sel-sel kanker prostat. Pertumbuhan formasi kanker prostat yang signifikan ini bisa menjadi lebih fatal dan membahayakan. Risiko ini terjadi tidak pada stadium awal penyakit kanker yang terdeteksi melalui pemeriksaan darah, namun langsung pada gejala-gejala penyakit kanker itu sendiri.

Para pria yang dilibatkan dalam penelitian memiliki kondisi tubuh yang sehat saat penelitian dimulai, mereka pun diberi pertanyaan seputar apa yang biasa mereka konsumsi. Pada akhir penelitian, para ilmuwan membuat perbandingan pola makan antara penderita kanker prostat dan pria yang dianggap sehat. Ditemukan adanya hubungan antara minuman manis dengan penyakit tersebut. Diperkirakan kandungan gula berlebihan pada minuman ringan bisa memicu produksi hormon insulin yang kemudiam dapat memberi asupan pada pertumbuhan sel tumor.

Pria yang mengonsumsi satu kaleng minuman ringan berukuran 330 ml per hari perlu mendapatkan perhatian serius untuk menghindari serangan kanker prostat. Tidak hanya minuman ringan, resiko mengalami kanker prostat pun bisa disumbang dari penambahan gula pada minuman. Riset menunjukkan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, seperti nasi, pasta atau sereal manis mampu menekan serangan kanker sebanyak 31 persen.

Secara keseluruhan, hal ini menunjukkan bahwa konsumsi karbohidrat dan gula sederhana dalam berbagai bentuk bisa mendorong pertumbuhan kanker prostat. Penyakit kanker dan pembesaran prostat berisiko dialami oleh semua pria, khususnya pria yang berusia 50 tahun ke atas. Pembesaran prostat disebabkan oleh adanya pembesaran ukuran sel BPH (benign prostatic hypertrophy). Pembesaran prostat bisa berujung pada penyakit kanker prostat yang serius. Meskipun kanker prostat ada hubungannya dengan genetika, namun jenis makanan pun diakui para peneliti sangat berpengaruh terhadap pengembangan kanker prostat ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here