Mitos atau Fakta Jika Sedang Menstruasi Tidak Boleh Konsumsi Minuman Dingin atau Es

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak sekali mitos yang beredar di kalangan masyarakat berhubungan dengan menstruasi. Seperti minum es saat dapat mempengaruhi menstruasi, tidak boleh kramas saat menstruasi, minum minuman bersoda dapat memperlancar menstruasi. Namun tingkat kebenaran dari isu yang beredar di masyarakat belum banyak diketahui, sehingga mitos ini dianggap menjadi kondisi yang dinggap benar.

Menstruasi atau haid adalah siklus yang terjadi setiap bulan dan pasti dialami setiap wanita. Menstruasi merupakan proses luruhnya lapisan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pertama atau di sebut dengan menarche terjadi pada usia remaja.

Saat menstruasi akan terjadi keluhan seperti perubahan mood, perut nyeri, lemas, kelelahan dan badan pegal-pegal. Hal ini terjadi karena perubahan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Ketika sedang mengaalami menstruasi kebugaran tubuh merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, kija harus menjaga makanan dan minuman yang kita konsumsi selama menstruasi.

Banyak dari wanita yang mendengar mitos tidak boleh konsumsi minuman es saat menstruasi. Sehingga saat menstruasi wanita cenderung banyak juga yang menghindari minun air dingin atau es. Mereka beranggapan minum es saat menstruasi dapat menyebabkan darah mengendap di dinding rahim dan menyebabkan kanker rahim di kemudian hari. Jadi apakah hal ini mitos atau fakta?

Menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi wanita, sedangkan makanan dan minuman berhubungan dengan sistem pencernaan. Mengkonsumsi minuman dingin tidak mempengaruhi keterlambatan menstruasi seseorang. Siklus menstruasi pada perempuan diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon di dalam tubuh. Keseimbangan hormon ini amat sangat penting dan dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis.

Jadi, minuman dingin atau es tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi baik memperlancar maupun menghambat menstruasi. Maka mengkonsumsi minuman es saat menstruasi boleh dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan pada saat mengalami menstruasi atau haid adalah :

  • Siklus menstruasi

Siklus menstruasi merupakan Jarak antara hari pertama menstruasi dengan hari pertama menstruasi berikutnya. Normalnya menstruasi memiliki jarak siklus 21-35 hari.

  • Lama menstruasi

Lama menstruasi adalah jarak antara menstruasi hari pertama hingga perdarahan benar-benar telah berhenti. Lama menstruasi yang normal terjadi antara 3-7 hari.

  • Jumlah darah

Jumlah darah yang keluar saat menstruasi normalnya <80 ml atau tidak lebih dari 2 pembalut penuh dalam sehari.

  • Mengganti pembalut

Lama pemakaian pembalut idealnya tidak boleh lebih dari 4 jam. Penggunaan pembalut sebaiknya ganti sebanyak 3-6 kali dalam sehari. Hal ini perlu dilakukan karena pada saat menstruasi terjadi perdarahan yang membuat vagina lembab dan berkembangnya bakteri jika terlalu lama menggunakan pembalut. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here