Mitos-mitos Tentang Jerawat

SehatFresh.com – Jerawat merupakan sebuah momok yang cukup mengganggu. Terlebih bila muncul di daerah wajah, pasti sukses membuat Anda kesal. Masalah kulit yang satu ini memang tidak asing lagi bagi kita. Anda juga pasti sudah sering mendengar mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang jerawat. Mulai dari yang mengatakan bahwa jika timbul jerawat, itu tandanya Anda sedang merindukan seseorang, dan mitos-mitos lainnya.

Sebenarnya, jerawat merupakan masalah kulit yang muncul karena produksi minyak berlebih. Minyak ini seharusnya berfungsi untuk membuat kulit tetap lembab, tapi jika minyak yang diproduksi berlebihan, maka yang terjadi adalah penyumbatan di pori-pori kulit, sehingga menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo. Selain faktor minyak berlebih, jerawat juga dapat timbul karena dipengaruhi oleh faktor hormonal seseorang.

Ada beberapa fakta dan mitos tentang jerawat yang harus diketahui, agar Anda tidak melakukan hal yang justru akan membuat keadaan jerawat semakin parah. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Fakta dan mitos berikut juga berguna agar Anda tidak membahayakan kulit Anda sendiri. Berikut ini fakta dan mitos yang sering disebut-sebut oleh kebanyakan orang:

  • Mitos: Jerawat hanya menempel pada kulit berminyak
  • Fakta: Mitos yang satu ini memang ada benarnya. Orang dengan kulit berminyak lebih rentang berjerawat, tapi bukan berarti orang dengan jenis kulit yang lain terbebas dari jerawat. Jenis kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, hingga jenis kulit kombinasi juga dapat berjerawat.
  • Mitos: Makanan berminyak memicu jerawat
  • Fakta: Pada kenyataannya, belum ada penelitian yang membuktikan baha makan makanan yang berminyak bisa memicu jerawat, seperti cokelat, gorengan, dan makanan cepat saji. Tapi, akan lebih baik jika konsumsi makanan berminyak ini diimbangi oleh konsumsi dari gizi yang mencukupi, seperti konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Jangan lupa pula mencukupi asupan cairan tubuh. Terutama asupan air putih, minimal depalan gelas sehari.
  • Mitos: Memencet jerawat agar cepat hilang
  • Fakta: Sayangnya, cara instan yang satu ini justru akan menambah peradangan yang terjadi pada kulit. Cara ini juga bisa membuat daerah disekitar jerawat yang tadinya bersih dan tidak berjerawat malah timbul jerawat baru. Bahkan dengan memencet jerawat, akan memperlambat proses penyembuhannya. Langkah yang lebih baik ialah mengoleskan salep atau krim khusus yang telah dianjurkan oleh dokter kulit.
  • Mitos: Jerawat akan sembuh dan hilang dengan sendirinya
  • Fakta: Dengan membiarkan jerawat ini hilang sendiri tanpa adanya penanganan tepat, sebenarnya malah akan membuat keadaannya semakin buruk. Hal ini dikarenakan, bakteri yang ada di dalam kulit bisa menyebabkan peradangan dan membuat keadaan jerawat menjadi semakin parah. Jadi, pilihlah penanganan paling tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Mitos: Jerawat hanya dialami oleh kalangan remaja
  • Fakta: Kalangan remaja memang lebih rentan mengalami masalah kulit yang satu ini. Hal ini, karena produksi hormon mereka memang sedang tinggi-tingginya, jadi tak dapat dipungkiri pula jika banyak anak remaja yang mengalami jerawat. Namun, bukan berarti hanya kalangan remaja saja yang bisa berjerawat. Jerawat juga bisa muncul pada masa-masa kehamilan, dalam siklus menstruasi, dan

Sekarang, Anda sudah tahu beberapa mitos dan fakta mengenai jerawat. Jadi, hindari mitos-mitos tersebut dan rawat kulit Anda dengan perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, agar penanganannya lebih aman dan terjamin.

Sumber gambar : www.toktokwow.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY