Momnesia atau Ibu Hamil dan Amnesia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika anda sedang hamil untuk pertama kalinya, seringkali lupa atau mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi. Penurunan ingatan saat hamil ini sering disebut sebagai momnesia, mommy brain dan pregnancy brain. Penyebab dari momnesia ini diantaranya adalah adanya perubahan hormon serta menyusutnya ukuran sel-sel otak ketika kehamilan memasuki trimester akhir. Sel-sel otak tersebut akan kembali membesar pada 2 minggu sebelum proses kelahiran dan akan kembali pada ukuran normal setelah beberapa bulan pasca melahirkan.

Istilah Momnesia berasal dari kata mama dan amnesia. Istilah ini biasanya digunakan oleh ibu hamil yang sedang menggambarkan terjadinya perubahan pada keadaan mental yang terjadi selama masa kehamilan dan pada masa awal setelah melahirkan. Hal tersebut ditandai dengan munculnya gangguan pada memori serta ketidakmampuan dalam berfikir logis, ataupun keduanya.

Apa gejala dari ‘momnesia’?

Jika seorang ibu hamil mengalami momnesia, kemungkinan akan merasakan seperti sedang berjalan ke dalam ruangan mengambil atau melakukan sesuatu, tetapi tiba-tiba dirinya lupa apa yang harus dilakukan. Bahkan seringkali bisa bolak-balik 5-10 kali ke ruangan tersebut untuk mengingat apa yang harus dilakukan.

Beberapa ahli juga menyimpulkan bahwa fokus seorang ibu dalam merawat anak serta kehamilannya dapat membuat dirinya menjadi tidak fokus ke hal-hal lain, sehingga sering lupa terhadap sesuatu hal. Sehingga, kemampuan mengingat memori jangka pendeknya menjadi lemah.

Agar anda tidak terlalu mengalami gejala dari momnesia ini, ada baiknya anda melakukan beberapa tips berikut agar dapat membantu dan menghadapi momnesia tersebut :

  1. Biasakan untuk mencatat hal yang wajib anda ingat, seperti membuat janji kepada seseorang atau jadwal anda untuk mengkonsumsi vitamin. Selain itu, ada baiknya apabila anda mencatat pertanyaan yang akan anda tanyakan pada dokter anda ketika akan memeriksakan kehamilan anda. Simpan buku catatan anda pada tempat yang cukup mudah untuk diingat.
  2. Untuk menghindari momnesia, anda juga bisa menyimpan barang-barang yang menurut anda penting di dalam satu tempat. Seperti dompet, kunci, dan barang lainnya.
  3. Apabila anda di haruskan untuk mengingat sesuatu yang sangat penting, ada baiknya anda menenangkan pikiran bebebapa saat terlebih dahulu. Kemudian anda juga dapat mencoba untuk memvisualkan kejadiannya. Seperti pada saat anda diharuskan untuk menelpon suami anda, namun karena efek momnesia anda jadi tidak bisa mengingat nomor telponnya. Anda dapat mencoba untuk memvsiualkan jari tangan anda ketika sedang menekan nomor telpon suami anda.
  4. Fokuskan diri anda terhadap hal-hal yang sangat penting. Buatlah sebuah skala pioritas. Sisakan sebagian energi pada fokus anda. Selain itu anda juga bisa membagikan bebarapa tugas anda pada orang lain.
  5. Sebaiknya pada masa kehamilan anda dapat memperbanyak jadwal tidur. Gangguan Momnesia ini kemungkinan akan berlanjut sampai beberapa bulan setelah anda melahirkan. Bagi anda yang baru pertama kali hamil, mungkin akan kesulitan untuk memenuhi waktu tidurnya. Namun anda harus tetap mengusahakan untuk tetap menjaga waktu tidur meskipun sejenak.
  6. Ada baiknya jika anda tidak mengkonsumsi suplemen untuk otak. Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter kandungan anda terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen pada masa kehamilan. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY