MONOKLONAL GAMMOPATHY OF UNDETERMINED SIGNIFICANCE

DEFINISI

Monoklonal gammopathy of undetermined significance (MGUS) adalah suatu kondisi di mana protein abnormal (monoklonal protein atau M protein) dalam darah. M protein yang dihasilkan oleh sel plasma, jenis sel darah putih. MGUS biasanya tidak menyebabkan masalah. Kadang-kadang, MGUS terkait dengan penyakit lain atau dapat berlangsung selama beberapa tahun untuk gangguan lainnya, termasuk beberapa bentuk kanker darah.

Jika Anda memiliki MGUS, Anda biasanya akan memiliki pemeriksaan berkala untuk memantau tingkat M protein Anda. Jika tidak ada peningkatan, gammopathy monoklonal tidak memerlukan pengobatan. Dengan pemantauan, jika MGUS berkembang maju, Anda akan mendapatkan perawatan lebih awal.

GEJALA

Monoklonal gammopathy of undetermined significance (MGUS) jarang menyebabkan tanda-tanda atau gejala. Kondisi yang biasanya terdeteksi secara kebetulan ketika Anda memiliki tes darah secara rutin untuk masalah lain. Namun, beberapa orang mungkin mengalami masalah saraf, seperti mati rasa atau kesemutan, yang terkait dengan protein abnormal.

PENYEBAB

Monoklonal gammopathy of undetermined significance (MGUS) terjadi ketika sel plasma di sumsum tulang Anda menghasilkan protein abnormal yang disebut monoklonal protein (M protein). Sel plasma adalah jenis sel darah putih. Mereka ditemukan di sumsum tulang Anda. Sel plasma menghasilkan beberapa antibodi yang membantu tubuh melawan infeksi.

Di sebagian besar orang dengan MGUS, protein tidak berbahaya. Tetapi ketika menumpuk terlalu banyak, orang banyak mengeluarkan sel-sel yang sehat di sumsum tulang Anda dan dapat merusak jaringan lain dalam tubuh Anda.

Perubahan genetik tampaknya memainkan peran dalam monoklonal gammopathy of undetermined significance (MGUS), seperti lingkungan.

FAKTOR RESIKO

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko monoklonal gammopathy of undetermined significance (MGUS) termasuk :

  • Usia Anda. Risiko monoklonal gammopathy of undetermined significance (MGUS), meningkat ketika Anda beranjak tua. Insiden tertinggi adalah di antara orang dewasa usia 85.
  • Ras Anda. Orang kulit hitam lebih cenderung mengalami kondisi ini daripada kulit putih.
  • Seks Anda. Kondisi ini lebih sering pada pria daripada wanita.
  • Riwayat Keluarga. Jika orang lain dalam keluarga Anda memiliki gangguan ini, risiko Anda mengembangkan gangguan mungkin lebih tinggi.

KOMPLIAKSI

Beberapa orang dengan MGUS mengembangkan kondisi yang lebih serius, seperti multiple myeloma atau kanker atau kelainan darah. Dokter tidak dapat memprediksi siapa yang akan mengembangkan kondisi yang lebih serius, tetapi mereka dapat menentukan siapa yang memiliki risiko terbesar. Dokter Anda memperhitungkan beberapa faktor ketika menentukan risiko Anda, termasuk :

  • Jumlah protein M dalam darah Anda
  • Jenis M protein
  • Jumlah protein kecil lainnya dalam darah Anda

Risiko Anda mengembangkan kondisi yang lebih serius meningkat jika semakin lama Anda memiliki gangguan ini. Dan juga, dengan faktor risiko yang Anda memiliki maka semakin tinggi risiko Anda mengembangkan kondisi yang lebih serius. Komplikasi lainnya terkait dengan gangguan ini termasuk patah tulang dan pembekuan darah.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI

Kebanyakan, gammopathy monoklonal terdeteksi dan dipantau dengan tes darah. Tes ini tidak memerlukan persiapan. Jika Anda sedang ditemukan memiliki monoklonal gammopathy, Anda dapat dirujuk ke dokter yang mengkhususkan diri dalam gangguan darah (Hematologi).

Aangkah baiknya jika Anda mempersiapkan dri sebelum konsultasi. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap, dan mengetahui apa yang bisa And aharapkan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan konusltasi?
  • Tuliskan informasi penting mengenai pribadi Anda, termasuk besar tekanan atau perubahan hidup.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda pakai.
  • Membawa salah seorang angota keluraga atau teman Anda saat konsultasi, karena mereka dapat memnantu menyampaikan keluhan yang Anda lupakan serta membantu mendengarkan semua informasi penting yang disampiakn oleh dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.

Waktu Anda dengan dokter tidak banyak, sehingga mempersipakan daftar pertayaan akan membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Buatlah daftar pertanyaan dari yang paling penting. Untuk MGUS, beberapa pertanyaan dasar termasuk :

  • Jenis tes apa yang saya butuhkan? Apakah tes ini membutuhkan persiapan khusus?
  • Seberapa sering saya harus diuji?
  • Dapatkah saya memiliki salinan hasil tes darah saya?
  • Apakah kondisi ini sementara atau dalam jangka panjang?
  • Perawatan apa yang tersedia?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana cara saya menanganinya secara bersamaan?
  • Apakah perubahan gaya hidup bisa membantu?
  • Seberapa sering saya harus menjadwalkan kunjungan tindak lanjut?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainya serta website yang dapat Saya pedomani di rumah?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang sudah Anda siapkan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter

Dokter cenderung menanyakan beberapa pertanyaan. Jika Anda siap, Anda bisa membahas pertanyaan lain secara lebih mendalam. Dokter mungkin bertanya :

  • Apa gejala yang Anda alami?
  • Apakah Anda memiliki riwayat keluarga dengan gangguan MGUS?
  • Apakah Anda pernah memiliki kanker?
  • Apakah Anda mengalami mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki Anda?
  • Apakah Anda pernah memiliki pembekuan darah?
  • Pernahkah Anda mengalami patah tulang?
  • Apakah Anda memiliki osteoporosis?

TES DAN DIAGNOSIS

Monoclonal gammopathy of undetermined significance (MGUS) biasanya terdeteksi selama tes darah untuk kondisi lain atau gejala lainnya, seperti kondisi saraf yang disebut neuropati periferal atau ruam dijelaskan. Tes, yang disebut Elektroforesis protein serum (SPE), memisahkan protein darah Anda ke dalam lima bagian dan dapat menunjukkan protein abnormal apapun seperti biasa jumlah protein yang normal. Tes lain, assay gratis jaringan ringan, sering dilakukan pada saat yang sama sebagai SPE, dan tampak di bagian yang lebih kecil dari M protein.

Jika dokter Anda mendeteksi monoklonal gammopathy, pengujian lebih lanjut dapat diperintahkan untuk menentukan apa protein M yang membuat tubuh Anda dan berapa banyak dihasilkan. Dokter Anda juga bekerja untuk mengesampingkan penyebab lain dari kadar protein tinggi. Tes dapat mencakup :

  • Tes darah. Tes untuk menghitung sel-sel darah dalam darah (hitung darah lengkap), untuk mencari penurunan dalam ginjal berfungsi (uji kreatinin serum) dan untuk menentukan jumlah kalsium dalam darah (uji serum kalsium) dapat membantu menyingkirkan jenis monoklonal gammopathy, seperti multiple myeloma.
  • Tes urin. Tes urin mungkin dilakukan untuk menentukan jika protein abnormal dilepaskan dalam urin atau untuk mendiagnosis kerusakan ginjal akibat protein. Anda mungkin harus mengumpulkan urin Anda selama 24 jam untuk tes ini.
  • Sinar-x. Sinar-x membantu dokter Anda mencari kelainan tulang yang menunjukkan jenis lain dari gangguan sel plasma.
  • Tes sumsum tulang. Selama tes sumsum tulang, dokter menggunakan jarum berongga untuk menghapus sebagian dari sumsum tulang Anda dari bagian belakang dari salah satu tulang panggul Anda. Sumsum tulang kemudian dianalisis untuk menentukan persentase sel plasma berisi. Tes ini umumnya hanya dilakukan ketika dokter mencurigai bahwa seseorang berisiko mengembangkan penyakit yang lebih serius, atau pada orang dengan anemia tanpa penyebab, gagal ginjal, lesi tulang atau tingkat tinggi kalsium.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN

Monoklonal gammopathy tidak memerlukan pengobatan, tetapi dokter Anda kemungkinan untuk merekomendasikan pemeriksaan berkala untuk memantau kesehatan Anda.

Pemeriksaan enam bulan setelah diagnosis mungkin cocok untuk kebanyakan orang. Jika Anda memiliki risiko tinggi untuk mengembangkan kondisi yang lebih serius, dokter mungkin merekomendasikan pemeriksaan lebih sering sehingga jika penyakit seperti multiple myeloma berkembang, bisa diobati sedini mungkin. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus dilihat.

Model penilaian risiko yang dapat memprediksi risiko kemajuan untuk multiple myeloma. Model ini menggunakan ukuran dan jenis abnormal protein dan tes darah khusus yang disebut alat tes cahaya gratis jaringan serum.

Jika Anda memiliki monoklonal gammopathy dan kehilangan tulang, dokter Anda dapat merekomendasikan pengobatan dengan obat-obat yang disebut Bifosfonat yang membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda. Contoh Bifosfonat termasuk alendronate (Binosto, Fosamax), risedronate (Actonel, Atelvia), ibandronate (Boniva) dan zoledronic asam (Reclast, Zometa).

CARA MENGATSI DAN DUKUNGAN

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol apakah monoklonal gammopathy akan mengarah ke sesuatu yang lebih serius, Anda dapat mengontrol banyak aspek kesehatan Anda. Saran berikut dapat membantu :

  • Pelajari tentang monoklonal gammopathy. Menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang datang dan menanyakannya selama konsultasi berikutnya. Meminta tim perawatan kesehatan Anda tentang sumber daya untuk informasi lebih lanjut. Semakin baik Anda memahami apa yang sedang terjadi dalam tubuh Anda, semakin Anda dapat mengambil peran aktif dalam perawatan kesehatan Anda.
  • Mengontrol kesehatan Anda. Gaya hidup sehat mungkin tidak mengurangi risiko komplikasi di masa depan, tetapi dapat membuat Anda merasa lebih baik dan mengurangi risiko penyakit dan kondisi lainnya. Makan beragam jenis buah-buahan dan sayuran. Dapatkan latihan teratur. Beristirahat dengan cukup sehingga Anda bangun dengan perasaan segar.
  • Menempel jadwal pemeriksaan Anda. Ikuti jadwal pemeriksaan Anda dan mendapatkan tes untuk memantau penyakit yang lebih serius. Meskipun Anda mungkin gugup tentang menerima hasil tes Anda, mendiagnosa kondisi serius, seperti kanker, pada tahap awal mungkin meningkatkan kesempatan Anda untuk sembuh.

PENCEGAHAN

Sekarang, penyebab monoklonal gammopathy tidak diketahui, sehingga tidak ada cara untuk mencegah monoklonal gammopathy dan tidak ada cara untuk menghentikan perkembanganya ke kondisi yang lebih serius.