Neurofibromatosis

DEFINISI

Neurofibromatosis adalah kelainan genetik yang mengganggu pertumbuhan sel dalam sistem saraf Anda, menyebabkan tumor terbentuk pada jaringan saraf. Tumor ini dapat berkembang dimana saja di sistem saraf Anda, termasuk di otak Anda, sumsum tulang belakang dan saraf. Neurofibromatosis biasanya didiagnosis pada anak usia dini atau orang dewasa.

Tumor biasanya bukan kanker (jinak), namun dalam beberapa kasus tumor ini menjadi tumor kanker (ganas). Penderita neurofibromatosis sering mengalami gejala ringan saja. Efek dari neurofibromatosis dapat berkisar dari gangguan pendengaran, gangguan belajar, dan komplikasi jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) untuk cacat berat karena saraf terkompresi oleh tumor, kehilangan penglihatan dan sakit parah.

Pengobatan neurofibromatosis bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dan mengatasi komplikasi segera setelah muncul. Ketika neurofibromatosis menyebabkan tumor besar atau tumor yang menekan saraf, bedah dapat membantu meringankan gejala. Beberapa orang bisa mendapatkan manfaat dari terapi lain, seperti radiosurgery stereotactic, obat untuk mengontrol rasa sakit atau terapi fisik.

GEJALA

Ada tiga jenis yang berbeda dari neurofibromatosis, masing-masing dengan tanda dan gejala yang berbeda.

Neurofibromatosis 1 (NF1)

Neurofibromatosis 1 (NF1) biasanya muncul pada masa kecil. Tanda dan gejala termasuk :

  • Bintik-bintik coklat muda datar pada kulit. Bintik-bintik tidak berbahaya, juga disebut bintik-bintik ‘cafe au lait’, yang umum pada kebanyakan orang. Jika Anda memiliki lebih dari enam bintik-bintik tersebut, itu adalah indikasi kuat NF1. Dalam NF1, ‘cafe au lait’ biasanya hadir pada saat lahir atau muncul selama tahun-tahun pertama kehidupan dan kemudian stabil. Itu tidak serius tapi kadang-kadang dapat menjadi perhatian kosmetik.
  • Freckling di area ketiak atau pangkal paha. Freckling biasanya muncul pada usia 4 atau 5 tahun.
  • Benjolan lunak pada atau di bawah kulit (neurofibromas). Neurofibromas adalah tumor jinak yang dapat berada dimana saja pada tubuh. Banyak orang mengembangkan tumor di kulit atau di bawah kulit, tetapi neurofibroma juga dapat tumbuh di dalam tubuh. Kadang-kadang, pertumbuhan akan melibatkan beberapa saraf (plexiform neurofibroma).
  • Benjolan kecil pada iris mata Anda (Lisch nodul). Lisch nodul – lesi berbahaya di mata – tidak dapat dengan mudah dilihat hanya dengan melihatnya, dan benjolan tidak mempengaruhi penglihatan Anda. Namun, dokter dapat mendeteksi lesi ini menggunakan alat khusus.
  • Deformitas tulang. Kelainan pada cara tulang tumbuh dan kekurangan kepadatan mineral tulang dapat menyebabkan cacat tulang seperti tulang belakang melengkung (scoliosis) atau bengkok pada kaki bagian bawah.
  • Ketidakmampuan dalam belajar. Gangguan keterampilan berpikir (kognisi) sering terjadi pada anak dengan NF1, tetapi biasanya ringan. Anak-anak mungkin memiliki kesulitan dengan bahasa dan keterampilan visual-spasial. Anak-anak dengan NF1 mungkin sering mengalami ketidakmampuan belajar yang spesifik, seperti attention-deficit / hyperactivity disorder (ADHD).
  • Ukuran kepala lebih besar dari rata-rata. Anak-anak dengan NF1 cenderung memiliki ukuran kepala yang lebih besar dan volume otak yang lebih tinggi daripada rata-rata, tapi tidak diketahui apakah ini berhubungan dengan gangguan kognitif.
  • Bertubuh pendek. Anak-anak dengan NF1 sering memiliki perawakan pendek dan di bawah tinggi rata-rata.

Neurofibromatosis 2 (NF2)

Neurofibromatosis 2 (NF2) jauh lebih umum daripada NF1. Tanda dan gejala NF2 biasanya akibat dari pengembangan schwannomas vestibular (juga dikenal sebagai neuromas akustik) di kedua telinga.

Tumor jinak tumbuh pada saraf yang membawa informasi suara dan keseimbangan dari telinga bagian dalam ke otak (saraf kranial kedelapan). Sehingga tanda dan gejala umumnya muncul pada akhir remaja dan dewasa awal dan mungkin termasuk :

  • Gangguan pendengaran bertahap
  • Dering di telinga
  • Kekurangan keseimbangan

Dalam beberapa kasus, NF2 dapat menyebabkan pertumbuhan schwannomas pada saraf lain di tubuh, termasuk tengkorak, tulang belakang, visual (optic) dan saraf perifer. Tanda dan gejala yang terkait dapat mencakup :

  • Penurunan facial
  • Mati rasa dan kelemahan pada lengan atau kaki
  • Nyeri
  • Kesulitan untuk mencapai keseimbangan

Selain itu, NF2 dapat mengakibatkan masalah penglihatan karena pertumbuhan abnormal pada retina (kebanyakan pada anak-anak) atau karena perkembangan katarak.

Schwannomatosis

Schwannomatosis adalah bentuk langka dari neurofibromatosis yang baru diketahui. Ini jarang mempengaruhi orang-orang sebelum usia 20 atau 30 tahunan. Schwannomatosis menyebabkan tumor menyakitkan disebut schwannomas untuk berkembang pada tengkorak, tulang belakang dan saraf perifer, tetapi tidak pada saraf yang membawa suara dan keseimbangan informasi dari telinga bagian dalam ke otak (saraf kranial kedelapan).

Karena tumor tidak tumbuh pada saraf ini, schwannomatosis tidak menyebabkan gangguan pendengaran, sehingga berbeda dari NF2. Seperti NF2, meskipun, schwannomatosis tidak menyebabkan gangguan kognitif. Schwannomatosis terutama menyebabkan sakit kronis, yang dapat terjadi pada area mana saja di tubuh Anda.

Kapan Anda harus ke dokter?

Jika Anda melihat tanda-tanda atau gejala neurofibromatosis pada anak Anda atau diri Anda sendiri, hubungi dokter Anda untuk membuat janji atau membawanya pada kunjungan berikutnya. Tumor yang berhubungan dengan neurofibromatosis sering jinak dan tumbuh lambat. Jadi meskipun begitu, tetap penting untuk mendapatkan diagnosis yang tepat waktu dan memantau komplikasi, situasi yang tidak darurat.

PENYEBAB

Neurofibromatosis disebabkan oleh cacat genetik (mutasi) baik diteruskan oleh orang tua atau terjadi secara spontan pada saat pembuahan. Setiap bentuk neurofibromatosis disebabkan oleh mutasi pada gen yang berbeda.

Neurofibromatosis 1 (NF1)

Gen NF1 terletak pada kromosom 17. Biasanya, gen ini menghasilkan protein yang disebut neurofibromin, yang berlimpah dalam jaringan sistem saraf dan membantu mengatur pertumbuhan sel. Sebuah mutasi gen NF1 menyebabkan hilangnya neurofibromin, yang memungkinkan sel untuk tumbuh tidak terkendali.

Neurofibromatosis 2 (NF2)

Masalah serupa terjadi dengan NF2. Gen NF2 terletak pada kromosom 22, yang menghasilkan protein yang disebut merlin. Mutasi gen NF2 menyebabkan hilangnya merlin, yang juga menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Schwannomatosis

Schwannomatosis mungkin berhubungan dengan mutasi gen SMARCB1 yang terletak pada kromosom 22. Mutasi gen lain mungkin terlibat dalam schwannomatosis. Terjadinya schwannomatosis dapat diwariskan atau mungkin sporadis (spontan), tetapi ini belum diketahui.

FAKTOR RISIKO

Faktor risiko terbesar untuk neurofibromatosis adalah riwayat gangguan ini dalam keluarga. Sekitar setengah dari kasus NF1 dan NF2 diwariskan. Kasus-kasus yang tersisa adalah hasil dari mutasi spontan yang terjadi pada saat pembuahan.

NF1 dan NF2 keduanya gangguan autosomal dominan, yang berarti bahwa setiap anak dari orang tua dengan gangguan tersebut memiliki kesempatan 50 persen mewarisi mutasi genetik.

Pola warisan untuk schwannomatosis kurang jelas. Para peneliti saat ini memperkirakan bahwa risiko mewarisi schwannomatosis dari orangtua yang terkena adalah sekitar 15 persen.

Komplikasi

Komplikasi neurofibromatosis bervariasi, bahkan di dalam keluarga yang sama. Umumnya, komplikasi akibat dari pertumbuhan tumor mendistorsi jaringan saraf atau menekan organ internal.

Dokter tidak dapat memprediksi apakah penyakit akan mengalami kemajuan, tetapi kebanyakan penderita neurofibromatosis mengalami bentuk ringan atau sedang dari gangguan, terlepas dari jenisnnya.

Komplikasi neurofibromatosis 1 (NF1)

Komplikasi umum dari NF1 meliputi :

  • Masalah neurologis. Kesulitan belajar dan berpikir (kognitif) terjadi pada hingga 60 persen dari kasus NF1 dan masalah neurologis yang paling umum yang terkait dengan NF1. Komplikasi yang jarang berhubungan dengan NF1 termasuk epilepsi, stroke dan penumpukan cairan yang berlebihan dalam otak (hydrocephalus).
  • Kekhawatiran dengan penampilan. Tanda-tanda neurofibromatosis – seperti menyebarnya ‘cafe au lait’, banyak tumor saraf (neurofibroma) di daerah wajah atau neurofibroma membesar – dapat menyebabkan kecemasan dan tekanan emosional, bahkan jika hal tersebut bukanlah kondisi medis serius.
  • Masalah skeletal. Beberapa anak telah memiliki bentuk tulang abnormal, yang dapat mengakibatkan bengkok kaki dan patah tulang yang kadang-kadang tidak dapat disembuhkan. NF1 dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang (skoliosis) yang mungkin perlu penguat (penjepit) atau operasi. NF1 juga berhubungan dengan penurunan kepadatan mineral tulang, yang meningkatkan risiko melemahnya tulang (osteoporosis).
  • Gangguan visual. Kadang-kadang pada anak-anak, tumor (optik jalur glioma) tumbuh pada saraf terkemuka dari mata ke otak (saraf optik) yang dapat menyebabkan masalah visual.
  • Peningkatan neurofibroma. Perubahan hormon yang berhubungan dengan pubertas, kehamilan atau menopause dapat menyebabkan peningkatan neurofibroma. Kebanyakan wanita dengan NF1 memiliki kehamilan yang sehat tetapi mungkin perlu pemantauan oleh dokter kandungan yang memiliki pengalaman dalam NF1, selain spesialis NF1 mereka.
  • Masalah kardiovaskular. Penderita NF1 memiliki peningkatan risiko tekanan darah tinggi dan, jarang, kelainan pembuluh darah.
  • Kurang dari 10 persen penderita NF1 mengembangkan tumor kanker (ganas). Ini biasanya muncul dari neurofibroma bawah kulit atau plexiform neurofibroma yang melibatkan beberapa saraf.

Monitor neurofibroma secara waspada untuk setiap perubahan dalam penampilan, ukuran atau jumlahnya. Perubahan dapat menunjukkan pertumbuhan kanker. Semakin awal keganasan terdeteksi, semakin baik peluang untuk pengobatan yang efektif.

Pederita NF1 juga memiliki risiko yang lebih tinggi dari kanker bentuk lain, seperti kanker payudara, leukemia, tumor otak dan beberapa jenis kanker jaringan lunak.

Komplikasi neurofibromatosis 2 (NF2)

NF2 dapat menyebabkan komplikasi termasuk :

  • Schwannomas vestibular di kedua telinga, yang dapat tumbuh dari waktu ke waktu
  • Tuli parsial atau total
  • Kerusakan saraf wajah
  • Masalah visual
  • Lesi kulit
  • Kelemahan atau mati rasa pada ekstremitas
  • Beberapa tumor jinak otak (meningioma) atau tumor tulang belakang yang membutuhkan sering operasi

Komplikasi schwannomatosis

Rasa sakit yang disebabkan oleh schwannomatosis dapat melemahkan dan mungkin memerlukan perawatan bedah atau penanganan oleh spesialis nyeri.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Anda mungkin pertama kali akan membicarakan segala keprihatinan dengan dokter anak Anda atau dokter perawatan primer Anda. Akhirnya, dokter mungkin merujuk Anda ke spesialis lain, seperti dokter terlatih dalam masalah otak dan kondisi sistem saraf (neurolog), tergantung pada kondisi dan komplikasi Anda.

Untuk kunjungan pertama Anda, yang mungkin berlangsung selama kunjungan rutin anak yang sehat, itu ide yang baik untuk mempersiapkan diri untuk janji konsultasi.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Tuliskan daftar gejala yang dikhawatirkan, buatlah catatan kapan Anda pertama kali mulai mengalaminya.
  • Bawa sejarah lengkap medis anak Anda dan keluarga – atau Anda sendiri jika Anda adalah salah satu yang diperiksa – jika dokter Anda belum memilikinya.
  • Menyusun daftar pertanyaan untuk dokter, bertanya tentang kemungkinan penyebab, perawatan, hasil dan langkah selanjutnya.
  • Buat catatan selama konsultasi untuk membantu Anda mengingat poin kunci nantinya.
  • Bawa foto-foto anggota keluarga lainnya (yang masih hidup atau almarhum) yang Anda pikir mungkin memiliki temuan fisik yang sama

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Dokter Anda mungkin melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan meminta untuk menjelaskan alasan Anda secara detail. Dokter juga dapat melakukan beberapa tes kognitif. Tergantung pada usia anak Anda, dokter mungkin bertanya tentang kinerjanya di sekolah.

Beberapa tanda dan gejala neurofibromatosis mungkin tidak muncul sampai usia tertentu. Karena itu, mungkin perlu waktu bertahun-tahun untuk mendiagnosa kondisi Anda.

Tes dan Diagnosis

Untuk mendiagnosa kondisi Anda, dokter akan meninjau gejala, riwayat medis dan riwayat keluarga Anda. Tergantung pada jenis neurofibromatosis yang diduga, dokter mungkin melakukan atau memerintahkan beberapa tes, yang mungkin termasuk:

  • Pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan. Dokter biasanya akan mendiagnosis neurofibromatosis 1 (NF1) berdasarkan pemeriksaan fisik, memeriksa karakteristik NF1. Dokter Anda mungkin menggunakan lampu khusus untuk memeriksa kulit Anda dari cahaya berwarna ‘cafe au lait’.

Pemeriksaan fisik juga penting untuk diagnosis neurofibromatosis 2 (NF2). Riwayat keluarga NF1 atau NF2 dapat membantu mengkonfirmasi diagnosis baik.

  • Tes mata. Pemeriksaan oleh seorang dokter mata (ophthalmologist) dapat mendeteksi benjolan kecil pada iris mata Anda (Lisch nodul) dan katarak.
  • Tes telinga. Tes pendengaran dan keseimbangan seperti audiometri, elektronistagmografi dan pendengaran batang otak menanggapi respon dapat membantu menentukan tingkat pendengaran dan fungsi keseimbangan pada penderita NF2.
  • Tes pencitraan. Tes pencitraan, seperti sinar-X, CT scan dan MRI, tidak selalu diperlukan, tetapi mungkin dapat membantu mengidentifikasi kelainan tulang, tumor jauh di dalam otak atau sumsum tulang belakang, dan tumor yang sangat kecil. MRI juga dapat membantu mengidentifikasi glioma jalur optik di mata Anda.

Tes pencitraan mungkin juga akan sangat membantu dalam pemantauan NF2 dan schwannomatosis.

  • Tes genetik. Tes genetik tersedia untuk NF1, NF2 dan schwannomatosis, dan dapat dilakukan sebelum lahir. Staf juga dapat memberikan konseling genetik.

Perawatan dan Obat-obatan

Neurofibromatosis tidak dapat disembuhkan, tetapi dokter akan memantau Anda untuk komplikasi dan mengobati gejala Anda. Tim dokter yang terlatih di banyak daerah di klinik neurofibromatosis mungkin sering terlibat dalam perawatan Anda.

Anda atau anak Anda harus mulai pengobatan yang tepat sedini mungkin. Umumnya, semakin dini Anda atau anak Anda mendapat perawatan dokter yang terlatih dalam mengobati neurofibromatosis, semakin baik hasilnya.

Pemantauan

Jika Anda memiliki anak penderita neurofibromatosis 1 (NF1), dokter kemungkinan akan merekomendasikan pemeriksaan sesuai dengan usia tahunan untuk :

  • Memeriksa kulit anak Anda untuk neurofibroma baru atau perubahan yang sudah ada
  • Memeriksa tekanan darah anak Anda untuk tanda-tanda tekanan darah tinggi
  • Mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan anak Anda – termasuk tinggi, berat badan dan lingkar kepala – menurut grafik pertumbuhan yang tersedia untuk anak-anak penderita NF1
  • Memeriksa tanda-tanda pubertas dini
  • Mengevaluasi anak Anda untuk setiap perubahan skeletal dan kelainan
  • Menilai perkembangan belajar anak Anda dan kemajuan di sekolah
  • Mendapatkan pemeriksaan mata lengkap dari mata anak Anda

Jika Anda melihat adanya perubahan dalam tanda-tanda atau gejala antara kunjungan, seperti pertumbuhan yang cepat dari neurofibroma atau timbulnya nyeri pada tumor, penting untuk menghubungi dokter Anda segera untuk menyingkirkan kemungkinan tumor kanker dan untuk mengakses pengobatan yang tepat pada tahap awal.

Setelah seorang anak dengan NF1 mencapai usia dewasa, frekuensi pemantauan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan penderita NF1. Orang dewasa dengan penyakit ringan mungkin tidak perlu dipantau sesering seseorang dengan komplikasi yang lebih berat.

Jika Anda menderita schwannomatosis, Anda mungkin akan diberi obat untuk membantu mengontrol rasa sakit.

Operasi dan prosedur lainnya

  • Anda mungkin harus dioperasi untuk mengangkat semua atau bagian dari tumor yang menekan jaringan di dekatnya atau merusak organ. Operasi dapat membantu meringankan gejala dari segala bentuk neurofibromatosis.

Penghapusan total schwannomas pada penderita schwannomatosis dapat meringankan rasa sakit secara substansial.

Jika Anda menderita neurofibromatosis 2 (NF2) dan telah mengalami gangguan pendengaran, kompresi batang otak atau pertumbuhan tumor, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat schwannomas vestibular. Operasi dapat membantu meningkatkan pendengaran Anda. Namun, operasi membawa risiko, termasuk kehilangan pendengaran atau kerusakan pada saraf wajah.

Bahaslah pro dan kontra dari operasi secara saksama dengan dokter atau ahli bedah berpengalaman dalam mengobati tumor saraf. Misalnya, tumor sering tumbuh kembali, dan operasi tidak dapat direkomendasikan lagi.

  • Radiosurgery stereotactic. Jika Anda menderita NF2, dokter dapat merekomendasikan radiosurgery stereotactic untuk menghapus schwannomas vestibular. Prosedur ini memungkinkan dokter untuk memberikan radiasi yang sangat tepat untuk lokasi tumor, dan dapat membantu melindungi pendengaran Anda. Namun, mungkin membuat kekhawatiran kanker radiasi, terutama jika radiasi diterapkan berulang-ulang dan dilakukan pada usia muda.
  • Implan batang otak pendengaran dan koklea. Jika Anda menderita NF2 dan kehilangan pendengaran, Anda mungkin memenuhi persyaratan untuk implan batang otak pendengaran atau implan koklea untuk membantu meningkatkan pendengaran Anda.

Pengobatan kanker

Tumor ganas dan kanker lainnya yang berhubungan dengan neurofibromatosis diobati dengan terapi kanker standar, seperti operasi, kemoterapi dan terapi radiasi. Namun, pengenalan awal dari tumor ganas dan pengobatan dini merupakan faktor yang paling penting untuk mendapatkan hasil yang baik.

Penanganan dan Dukungan

Merawat anak penderita penyakit kronis seperti neurofibromatosis bisa menjadi suatu tantangan, bahkan jika penyakitnya ringan. Keparahan yang lebih besar dari gejala dapat membuatnya lebih sulit. Ada banyak janji medis yang harus diingat, perawatan dan instruksi yang harus diikuti. Semua ini, selain kekhawatiran umum tentang kesehatan anak Anda dan kecemasan atas hasil, dapat banyak. Ini dapat membantu untuk mengingat bahwa banyak anak-anak dengan neurofibromatosis tumbuh sehat dengan sedikit komplikasi.

Mungkin hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan demi anak Anda dan diri Anda sendiri adalah untuk menemukan dokter perawatan primer yang Anda percaya dan yang dapat mengkoordinasikan perawatan anak Anda dengan spesialis lainnya.

Anda juga mungkin merasa perlu untuk bergabung dengan kelompok dukungan untuk orang tua yang merawat anak-anak penderita neurofibromatosis, ADHD, kebutuhan khusus atau penyakit kronis pada umumnya. Daftar Tumor Yayasan Anak mendukung kelompok dan acara keluarga oleh negara di situsnya. Atau, periksa daftar komunitas lokal Anda untuk kelompok pendukung atau menanyakan informasi kepada dokter Anda.

Keluarga besar dan teman-teman dapat menjadi jaringan dukungan terbesar dan terdekat Anda. Jangan takut untuk menerima bantuan mereka untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, bersih-bersih, merawat anak-anak Anda yang lain atau hanya memberikan Anda istirahat yang dibutuhkan. Mengizinkan mereka untuk berbagi perjalanan Anda dapat memperkaya kehidupan mereka serta Anda.