Neuroma Morton

DEFINISI

Neuroma Morton adalah kondisi yang menyakitkan yang mempengaruhi gumpal kaki Anda, yang paling umum di daerah antara jari kaki ketiga dan keempat Anda. Neuroma Morton mungkin terasa seolah-olah Anda sedang berdiri di sepatu dengan kerikil di dalamnya atau lipatan di kaus kaki Anda.

Neuroma Morton menyebabkan penebalan jaringan di sekitar salah satu saraf yang mengarah ke jari-jari kaki Anda. Hal ini dapat menyebabkan nyeri terbakar tajam pada gumpal kaki Anda. Jari-jari kaki Anda mungkin juga terasa tersengat, terbakar atau mati rasa.

High heels telah dikaitkan dengan pengembangan neuroma Morton. Banyak orang yang merasa terbantu dengan beralih untuk menurunkan dengan high heels dengan kotak kaki yang lebih luas. Kadang-kadang suntikan kortikosteroid atau operasi mungkin diperlukan.

GEJALA

Biasanya, tidak ada tanda-tanda fisik dari kondisi ini, seperti benjolan. Sebaliknya, Anda mungkin mengalami gejala berikut :

  • Perasaan seolah-olah Anda sedang berdiri di atas kerikil dalam sepatu Anda
  • Rasa sakit terbakar di gumpal kaki Anda yang dapat menyebar ke jari-jari kaki Anda
  • Kesemutan atau mati rasa di jari-jari kaki Anda

Kapan Anda harus ke dokter?

Hal terbaik untuk tidak mengabaikan rasa sakit kaki yang berlangsung lebih dari beberapa hari. Temui dokter Anda jika Anda mengalami rasa sakit terbakar di gumpal kaki Anda yang tidak kunjung membaik, meskipun telah mengubah alas kaki Anda dan menghindari kegiatan yang dapat menyebabkan stres pada kaki Anda.

PENYEBAB

Neuroma Morton tampaknya terjadi sebagai respon terhadap iritasi, tekanan atau cedera salah satu saraf yang menyebar ke jari-jari kaki Anda.

FAKTOR RISIKO

Faktor-faktor yang berkontribusi dalam neuroma Morton meliputi :

  • High heels. Mengenakan high heels atau sepatu yang ketat dapat menempatkan tekanan ekstra pada jari-jari kaki dan gumpal kaki Anda.
  • Olahraga tertentu. Berpartisipasi dalam aktivitas atletik berdampak tinggi seperti jogging atau berjalan kaki dapat menyebabkan Anda mengalami trauma berulang. Olahraga yang menggunakan sepatu ketat, seperti ski salju atau panjat tebing, dapat memberikan tekanan pada jari-jari kaki.
  • Cacat kaki. Orang yang memiliki bunions, hammertoe, lengkungan tinggi atau flatfeet berada pada risiko tinggi mengembangkan neuroma Morton.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Anda pertama mungkin mencari saran kepada dokter keluarga Anda tentang rasa sakit kaki Anda. Dia mungkin merujuk Anda ke dokter atau ahli bedah spesialis gangguan kaki. Sebelum konsultasi Anda, Anda dapat menulis daftar jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Kapan gejala dimulai?
  • Apakah gejala Anda mulai secara bertahap atau tiba-tiba?
  • Apa jenis sepatu yang Anda pakai untuk bekerja?
  • Apakah Anda berpartisipasi dalam olahraga? Jika iya, olahraga jenis apa?
  • Apa obat dan suplemen yang Anda konsumsi secara teratur?

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Dokter Anda mungkin bertanya beberapa pertanyaan berikut :

  • Apakah rasa sakit terasa lebih buruk dengan memakai sepatu tertentu?
  • Apakah ada jenis aktivitas yang dapat meringankan rasa sakit atau memperburuknya?
  • Apakah Anda mengalami rasa sakit di bagian lain dari tubuh Anda?

Tes dan Diagnosis

Selama pemeriksaan, dokter akan menekan kaki Anda untuk merasakan massa atau tender spot. Mungkin juga ada perasaan “klik” antara tulang kaki Anda.

Tes pencitraan

Beberapa tes pencitraan lebih bermanfaat daripada tes yang lain dalam mendiagnosis neuroma Morton :

  • Tes sinar-X. Dokter Anda mungkin memerintahkan tes sinar-X dari kaki Anda, untuk menyingkirkan penyebab lain dari rasa sakit Anda – seperti fraktur stres.
  • Teknologi ini menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar real-time dari struktur internal. USG sangat baik dalam mengungkapkan kelainan jaringan lunak, seperti neuromas.
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI). Menggunakan gelombang radio dan medan magnet yang kuat, MRI juga dapat memvisualisasikan jaringan lunak. Tapi tes ini mahal dan sering menunjukkan neuromas pada orang yang tidak memiliki gejala.

Perawatan dan Obat-obatan

Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan gejala Anda. Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan mencoba pendekatan konservatif terlebih dahulu.

Terapi

Menyangga lengkungan dan bantalan kaki di sepatu Anda dan membantu mengurangi tekanan pada saraf. Ini dapat dibeli versi over-the-counternya, atau dokter mungkin meresepkan custom-made, dirancang secara individual – dibentuk agar sesuai dengan kontur yang tepat dari kaki Anda.

Prosedur bedah dan lainnya

Jika perawatan konservatif tidak membantu, dokter mungkin menyarankan :

  • Beberapa orang merasa terbantu dengan suntikan steroid ke area yang menyakitkan.
  • Operasi dekompresi. Dalam beberapa kasus, ahli bedah dapat mengurangi tekanan pada saraf dengan memotong struktur di dekatnya, seperti ligamen yang mengikat bersama-sama beberapa tulang di bagian depan kaki.
  • Penghapusan saraf. Operasi pengangkatan pertumbuhan mungkin diperlukan jika pengobatan lain gagal untuk memberikan bantuan mengatasi nyeri. Meskipun operasi biasanya berhasil, prosedur dapat mengakibatkan mati rasa permanen di jari-jari kaki yang terkena.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Untuk membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan neuroma Morton dan memungkinkan penyembuhan saraf, ikuti tips perawatan diri berikut :

  • Minum obat anti-inflamasi. Over-the-counter obat anti-inflammatory drugs, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain) dan naproxen (Aleve), dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.
  • Cobalah pijat es. Es pijat rutin dapat membantu mengurangi rasa sakit. Bekukan cangkir kertas berisi air atau cangkir busa plastik dan aplikasikan es tersebut pada area yang menyakitkan.
  • Ganti alas kaki Anda. Hindari high heels atau sepatu ketat. Pilih sepatu dengan kotak kaki yang luas dan lebih dalam.

Istirahatlah. Selama beberapa minggu, kurangi kegiatan seperti jogging, latihan aerobik atau menari yang memberi dampak tinggi pada kaki Anda.