Neuromyelitis Optica

Definisi
Neuromyelitis optica (NMO), juga disebut penyakit Devic, adalah gangguan sistem saraf pusat yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan terutama pada saraf mata (optik neuritis) dan sumsum tulang belakang (myelitis).

Neuromyelitis optica terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap sel sendiri dalam sistem saraf pusat, terutama pada saraf optik dan sumsum tulang belakang, tapi kadang-kadang di otak. Penyebabnya seringkali tidak diketahui, meskipun kadang-kadang muncul setelah infeksi, atau mungkin terkait dengan kondisi autoimun lain.

Neuromyelitis optica dapat menyebabkan kebutaan pada satu atau kedua mata, kelemahan atau kelumpuhan pada tungkai atau lengan, kejang yang menyakitkan, mati rasa, dan disfungsi kandung kemih atau usus yang diakibatkan kerusakan sumsum tulang belakang. Serangan NMO mungkin bersifat reversibel, tetapi juga berisiko menyebabkan hilangnya penglihatan permanen dan masalah berjalan.

Sebagian orang dengan NMO mengalami muntah sebelum onset mata dan gangguan sumsum tulang belakang. Anak-anak dapat mengalami kebingungan, kejang atau koma sebagai pengaruh dari NMO.