Ngantuk Berat Setiap Selesai Makan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seseorang mengalami ngantuk merupakan suatu hal yang wajar, tetapi apabila seseorang selalu merasa ngantuk berat setelah selesai makan tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari yang anda harus lakukan. Selain itu rasa ngantuk berat menjadi salah satu indikator awal terhadap beberapa jenis penyakit yang harus anda waspadai. Ada beberapa faktor penyebab rasa ngantuk berat setelah selesai makan diantaranya yaitu mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, makanan yang mengandung lemak tinggi, terlalu banyak makan dan makanan yang mengandung kafein.

Bahaya ngantuk berat setelah makan merupakan gejala penyakit serius:

  1. Anemia

Anemia merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Zat besi berfungsi untuk membantu memberikan oksigen ke sel darah. Apabila anda mengalami kekurangan zat besi maka tubuh anda akan mudah lelah dan merasa ngantuk setelah makan. Kondisi ini harus anda waspadai karena ngantuk berat setelah makan bisa saja merupakan suatu gejala awal dari penyakit anemia.

  1. Diabetes

Rasa ngantuk berat setiap selesai makan merupakan hal yang harus di waspadai adanya gejala penyakit diabetes. Kondisi ini disebabkan karena tubuh memiliki masalah kekurangan hormon insulin untuk memecah gula dari makanan yang telah dikonsumsi dan masuk kedalam sistem pencernaan. Selain nagntuk kondisi ini sering disertai dengan gejala lemes, sakit kepala dan perasaan gelisah.

  1. Obesitas

Penyakit yang harus di waspadai apabila anda sering mengalami ngantuk setelah selesai makan yaitu obesitas. Kondisi ini disebabkan karena peningkatan kebutuhan insulin dan serotonin. Kondisi ini apabila tidak segera diatasi maka akan berbahaya bagi kesehatan.

  1. Fungsi otak menurun

Pada saat anda mengalami rasa ngantuk setelah makan sebenarnya hal tersebut merupakan perintah dari otak sebagai reaksi dari syaraf dan hormon di dalam tubuh, sehingga proses ini membuat otak tidak dapat bekerja secara maksimal dan dapat mempengaruhi kepekaan dan tingkat konsentrasi.

  1. Alergi

Apabila anda merasa ngantuk berat setelah selesai makan hal tersebut merupakan salah satu tanda mengalami alergi terhadap jenis makanan tertentu. Semua jenis makanan yang memiliki kandungan gluten dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh. Kondisi ini mendorong tubuh untuk melakukan proses pencernaan dengan berat, sehingga proses tersebut memicu rasa lelah dan kemudian bereaksi ke otak dan akan membuat tubuh mengantuk.

  1. Lambung

Rasa ngantuk berat setelah makan membuat lambung dan dada menjadi tidak nyaman. Ketika menguap mengakibatkan asam lambung naik dan makanan yang telah masuk kedalam sistem pencernaan akan kembali ke atas.

Cara mengatasi rasa ngantuk berat setelah selesai makan yaitu makan dalam jumlah yang cukup, hindari makanan siap saji, membatasi asupan makanan yang mengandung gula dan karbohidrat dalam jumlah yang tinggi, hindari kopi atau jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein, dan jangan terlalu banyak makan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here