Ngantuk saat Di Ruang Kelas? Coba Atasi dengan Cara Ini!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ada beragam tantangan dalam menuntut ilmu bagi para siswa. Belum lagi faktor non teknis yang bisa mengganggu proses belajar-mengajar itu sendiri. Salah satunya adalah rasa kantuk.

Belajar di kelas bisa tidak efektif jika rasa kantuk menyerang. Bila dibiarkan berlarut-larut, prestasi belajar siswa bisa menurun. Nah, ada sejumlah cara untuk mengusir rasa kantuk bagi siswa ketika mengikuti pelajaran di kelas antara lain:

  • Tidur cukup

Cara paling ampuh untuk mencegah ngantukan di kelas adalah tidur yang cukup di malam harinya. Pada usia remaja, direkomendasikan tidur sekitar tujuh hingga delapan jam di malam hari. Hindari bergadang supaya di waktu sekolah tidak merasa kantuk. Hindari pula menonton TV atau bermain game hingga larut malam.

  • Bangun tepat waktu

Setelah tidur cukup di malam hari, aktivitas selanjutnya adalah bangun pagi. Bangun pagi tepat waktu dapat memberikan waktu yang cukup untuk melakukan beragam aktivitas terlebih dahulu sebelum menuju sekolah atau kampus, seperti merapikan tempat tidur, berolah raga, atau sarapan. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat membuat tubuh lebih segar untuk menjalani rutinitas sehari-hari lainnya.

  • Sarapan sehat

Sarapan di pagi hari itu penting, lho! Perhatikan pula keseimbangan gizi pada sarapan tersebut. Makan pagi yang sehat, protein, sayuran dan karbohidrat yang seimbang bisa memberikan energi untuk tetap on di kelas.

  • Baca materi pelajaran

Membaca atau mengulang materi pelajaran sebelum guru atau dosen datang bisa membantu siswa berkonsentrasi dan menyerap pelajaran saat guru atau dosen sedang mengajar.

  • Duduk di baris paling depan

Anda bakal jadi yang paling ‘kelihatan’ dan terkondisikan untuk memperhatikan pelajaran. Duduk di deretan terdepan juga bisa meminimalisir ‘noise’ lainnya, seperti ngobrol dengan teman sekelas, bersender di tembok dan sebagainya.

  • Mengatur cara duduk

Ketika proses belajar-mengajar berlangsung, mengatur cara duduk juga bisa mempengaruhi tingkat konsentrasi dan fokus siswa di kelas. Duduk dalam posisi menyender di bagian sandaran kursi dan menempelkan kepala atau dagu di atas meja bisa mengundang rasa kantuk. Sebaliknya, duduk tegap, namun rileks bisa membantu siswa berkonsentrasi di kelas.

  • Aktif

Aktif di sini bukan berarti mengobrol dengan teman sekelas atau sibuk sendiri menggambar di atas kertas. Aktif di sini berupa interaksi dalam kegiatan belajar-mengajar, contohnya kerap bertanya kepada guru atau dosen bila ada materi pelajaran yang belum dimengerti atau komunikatif ketika ada sesi diskusi di kelas.

  • Membasuh muka

Jika rasa kantuk sudah tak tertahan, maka siswa sebaiknya minta izin untuk ke toilet dan membasuh mukanya. Bila memungkinkan, basuhlah dengan air dingin karena bisa membuat siswa lebih rileks dan segar. Kesegaran yang didapat setelah cuci muka bisa membuat siswa lebih bersemangat untuk mengikuti pelajaran. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY