Nikmati Kesegaran dan Manfaat dalam Sebotol Infused Water

www.sehatfres.com

SehatFresh.com – Belakangan ini sedang menjadi tren minuman infused water sebagai minuman yang menyehatkan. Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, infused water sebenarnya adalah air putih seperti yang biasa kita minum, hanya saja di dalamnya ditambahkan potongan buah. Banyak yang meyakini bahwa dengan minum infused water secara rutin bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Infuse water ini merupakan satu jenis minuman sehat karena tidak mengandung gula dan pemanis lainnya. Rasa segar dan nikmat diperoleh dari potongan buah yang telah ditambahkan dalam air putih tersebut. Air putih yang telah ditambahkan potongan buah- buahan di dalamnya tersebut kemudian didiamkan selama beberapa jam untuk selanjutnya dinikmati kesegaran dan manfaatnya.

Banyak jenis buah- buahan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat infused water. Selain buah, ada beberapa sayuran dan rempah- rempah yang bisa menjadi alternatif lain. Anda juga bisa membuat infused water dengan mencampurkan beberapa jenis buah, rempah atau sayuran sekaligus.

Beberapa jenis buah yang bisa digunakan dalam membuat minuman sehat ini adalah lemon, strawberry, belimbing, apel dan lain sebagainya. Buah- buah tersebut dapat digunakan karena selain rasanya yang segar, asam dan manis juga teksturnya yang tidak mudah rusak jika direndam dalam air. Anda bisa menambahkan daun mint dan jeruk nipis untuk membuat rasanya lebih segar.

Buah- buahan yang tidak cocok untuk ditambahkan dalam infused water adalah pisang, alpukat, semangkat, pepaya dan beberapa jenis buah lain yang walaupun kandungan gizinya baik bagi tubuh namun karena teksturnya yang mudah rusak apabila direndam air selama beberapa waktu. Warna keruh yang ditimbulkan dari rendaman buah- buah tersebut juga membuat penampilan tidak menarik.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba kesegaran dan manfaat dari infused water? Untuk membuat infused water tidaklah sulit, bahkan bisa dibilang mudah, Anda hanya perlu melakukan langkah- langkah sebagai berikut:

  • Cuci buah atau sayur yang ingin ditambahkan untuk infused water. Cuci semuanya hingga bersih, lebih baik lagi jika dilakukan dengan air mengalir.
  • Kupas buah tersebut dan potong- potong sesuai selera Anda.
  • Masukkan buah atau sayur ke dalam botol atau gelas untuk membuat infused water, tekan buah dengan sendok untuk membantu agar buah tersebut keluar sarinya.
  • Tambahkan air putih matang dan infused water buatan Anda siap untuk diminum dan dinikmati kesegarannya.

Infused water memang baik diminum secara rutin karena memiliki manfaat sebagai berikut ini:

  • Membantu detoksifikasi dalam tubuh. Salah satu manfaat minum infused water adalah untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. (infused water dengan lemon atau jeruk)
  • Antioksidan. Seperti yang kita tahu, buah- buahan memiliki manfaat sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Dengan menambahkan buah- buahan ke dalam infused water, berarti kita mendapat manfaat tersebut.
  • Memperlancar pencernaan. Air putih mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan, apalagi ditambah dengan buah- buahan yang terkandung dalam infused water.

Jadi, selain segar dan nikmat, banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari infused water. Anda berminat mencobanya? (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here