Normalkah Jika Pernikahan Tanpa Seks?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi pasangan suami istri melakukan hubungan seks adalah hal yang wajar. Melakukan hubungan suami istri bukan hanya untuk kesenangan, tapi juga banyak harapan agar cepat mendapatkan buah hati dan meneruskan keturunan. Hubungan seks membantu banyak dalam menjaga keharmonisan suatu hubungan rumah tangga.

Tapi bagaimana bila setelah pernikahan tidak ada seks bagi keduanya? Atau haruskah ada seks dalam setiap rumah tangga? Ternyata suami istri yang tidak melakukan hubungan seks cukup banyak. Tercatat 15% samapai 20% pasangan suami istri tidak melakukan aktivitas seks selama menjalani hubungan suami istri.

Kehidupan pasangan suami istri yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah melakukan seks disebut sexless marriage. Tidak melakukan seks selama berumah tangga membutuhkan persetujuan dari kedua belah pihak. Banyak faktor yang mendasari tidak adanya seks dalam hubungan suami istri, diantaranya :

  • Masalah medis

Beberapa masalah medis mempengaruhi hasrat seks pada penderitanya, yang mengakibatkan tidak adanya keinginan untuk melakukan hubungan seks meski sudah berumah tangga.

  • Waktu bersama

Banyak pasangan suami istri yang bahkan tidak mempunyai waktu bersama. Waktu mereka dihabiskan untuk sama-sama bekerja. Sedikitnya waktu bersama pasangan bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya sexless marriage.

  • Trauma masa lalu

Trauma pada masa lalu yang buruk menjadi salah satu penyebab tidak ada seks dalam rumah tangga. Perasaan ketakutan bisa terus menghantui saat ingin berhubungan intim dengan pasangan.

  • Perasaan yang terluka oleh pasangan

Perasaan yang pernah dilukai oleh pasangan bisa membuat hasrat seks menurun atau malah tidak lagi ingin melakukan aktivitas seksual dengan pasangan.

  • Hilangnya ketertarikan

Saat pernikahan telah berlangsung lama, rasa bosan terhadap pasangan pasti akan datang. Hilangnya ketertarikan pada pasangan baik secara fisik maupun hati biasanya terjadi pada pasangan yang telah melewatkan waktu bertahun-tahun. Umumnya rasa bosan hadir saat tidak ada lagi hal menarik dalam hubungan. Kurangnya komunikasi dan waktu bersama juga merupakan salah satu faktor yang mendorong hilangnya ketertarikan.

Agar hubungan tetap harmonis meski tanpa adanya aktivitas seksual Anda bisa mencoba hal berikut :

  • Habiskan waktu bersama

Luangkan waktu lebih banyak bersama pasangan agar lebih banyak komunikasi yang terjalin.

  • Ulang keharmonisan

Setiap pasangan pasti punya momen romantis yang paling dikenang. Coba ulang masa-masa itu bersama pasangan. Walaupun tidak akan seindah dulu, tapi mengulang momen tersebut bisa membuat Anda dan pasangan akan menjadi lebih dekat.

  • Konsultasi

Jika hubungan rumah tangga Anda berjalan dengan datar tanpa adanya seks, Anda bisa meminta bantuan kepada konselor pernikahan agar Anda dan pasangan mendapat solusi untuk menyelamatkan keutuhan pernikahan.

Meski hubungan suami istri tanpa adanya aktivitas seksual wajar adanya, tapi lebih baik jika sebagai suami tetap memberikan nafkah batin kepada istri dan sebagai istri ada baiknya jika tetap melayani kebutuhan suami. Melawan alasan untuk tidak melakukan hubungan suami istri, agar keutuhan dan keharmonisan keluarga tetap terjaga.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here