Nutrisi Tepat untuk Persiapan Kehamilan

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika Anda merencanakan kehamilan dalam beberapa bulan ke depan, penting untuk memperbaiki diet Anda. Pasalnya, nutrisi pra-konsepsi (sebelum pembuahan) berkontribusi besar terhadap kesehatan kehamilan kelak. Organ janin mulai terbentuk dalam beberapa minggu pertama kehamilan, bahkan mungkin sebelum Anda mengetahui kehamilan Anda. Semakin sehat tubuh Anda sebelum hamil, semakin besar kemungkinan Anda untuk bisa hamil dan memiliki bayi yang sehat.

Berikut adalah beberapa nutrisi yang harus ada dalam diet harian Anda yang sedang mempersiapkan kehamilan:

  • Asam folat

Asam folat berperan penting dalam menurunkan risiko cacat lahir pada janin. Nutrisi ini secara alami terkandung dalam sayuran berdaun hijau tua (seperti bayam, kale, dan sawi hijau), jeruk, kacang-kacangan, biji-bijian, serta roti dan sereal fortifikasi. Wanita yang tengah mempersiapkan kehamilan umumnya diberi resep vitamin prenatal oleh dokter yang salah satu kandungannya adalah asam folat.

  • Protein

Protein kualitas tinggi merupakan salah satu nutrisi penting untuk kesuburan. Suatu penelitian yang dilakukan pada pasangan yang memiliki masalah kesuburan menemukan bahwa diet tinggi protein (40%) dan rendah karbohidrat (25%) meningkatkan kualitas telur dan meningkatkan keberhasilan bayi tabung hingga dua kali lipat. Karenanya, pastikan Anda mendapat asupan protein yang cukup, seperti dari telur, daging ayam, ikan, kedelai, dan legume.

  • Omega-3

Asupan omega-3 yang cukup menunjang perkembangan otak bayi yang optimal. Sebelum hamil, omega-3 berperan penting dalam menjaga keseimbangan hormon sehingga meningkatkan peluang Anda untuk bisa hamil dalam beberapa bulan mendatang. Asupan omega-3 dapat dicukupi dengan rajin mengonsumsi biji chia, biji rami, alpukat, atau makan beberapa porsi ikan dalam seminggu.

  • Kalsium

Wanita yang merencanakan kehamilan harus memenuhi asupan kalsium setidaknya 1.000 mg per hari. Selain menunjang kesehatan tulang, kalsium telah diteliti sebagai unsur penting dalam proses pertumbuhan embrio. Kalsium juga merupakan salah satu mineral yang membantu menciptakan lingkungan basa pada reproduksi wanita sehingga membuat sperma berenang lebih cepat menuju sel telur. Kalsium secara alami dapat diperoleh dari susu, yoghurt, keju, brokoli, dan jeruk. Agar penyerapannya maksimal, makanan berkalsium juga perlu diimbangi konsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti salmon, tuna, jamur, tahu, dan tempe.

  • Zinc

Zinc telah diteliti berperan penting dalam menjaga kesuburan pria maupun wanita. Untuk pasangan yang merencanakan kehamilan, penting untuk menambahkan makanan kaya zinc dalam pola makan harian, seperti daging merah, produk susu, kerang, tiram, almond, dan biji bunga matahari.

Tak hanya wanita, pihak pria juga penting untuk mengadopsi pola makan sehat dan berhenti dari kebiasaan buruk, seperti merokok, memakai narkoba, dan minum alkohol. Ketika tubuh Anda dan pasangan dalam keadaan sehat, peluang keberhasilan untuk hamil pun meningkat. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY