Nutrisi Untuk Fungsi Hati

SehatFresh.com – Hati (liver) adalah pusat kekuatan reaksi biokimia, yang didorong dengan berbagai enzim. Enzim adalah molekul yang mempromosikan suatu senyawa atau efek tertentu, tetapi enzim itu sendiri tidak mengalami perubahan. Vitamin dan mineral berperan sebagai kofaktor yang membantu enzim dalam fungsi hati seperti detoksifikasi racun dalam regulasi darah, glukosa dan glikogen, sintesis protein darah serta produksi empedu dan lipoprotein.

  • Detoksfikasi darah

Hati yang sehat dapat menghilangkan senyawa yang bersifat racun seperti pewarna makanan, obat-obatan, alkohol dan juga kelebihan estrogen dari darah. Hati mendetoksifikasi darah melalui dua tahap yang kompleks, yaitu fase I dan II. Kedua fase tersebut mengubah zat yang larut dalam lemak menjadi zat yang larut dalam air agar dapat dikeluarkan dari tubuh. Vitamin dan mineral ikut andil dalam kedua tahap tersebut.

Vitamin untuk mempromosikan fungsi hati dalam fase I adalah vitamin B2, B3, B6, B12, asam folat, beta-karoten, vitamin C dan vitamin E. Mineral untuk mempromosikan fungsi hati dalam Tahap I adalah tembaga, mangan, selenium dan seng. Selama fase I detoksifikasi, radikal bebas diciptakan. Antioksidan vitamin A, C dan E akan melumpuhkan radikal bebas. Mineral selenium dan seng juga memiliki kekuatan antioksidan. Mengonsumsi antioksidan dapat meningkatkan fungsi hati yang sehat. Pada detoksifikasi fase II, hati memerlukan mineral, sulfur. Berbagai senyawa sulfur dapat berfungsi sebagai donor sulfur. Makanan yang mengandung sulfur adalah bawang putih, bawang merah dan brokoli.

  • Regulasi glukosa dan glikogen

Hati menggunakan mineral kromium dan asam amino glutathione untuk membuat faktor toleransi glukosa yang bertindak dengan insulin untuk mengatur kadar gula darah. Kemudian sel-sel hati menghilangkan kelebihan glukosa dan menggabungkan molekul glukosa untuk membentuk glikogen, yang disimpan untuk cadangan kebutuhan energi. Produksi glikogen ini melewati serangkaian reaksi yang memerlukan enzim, vitamin B5 dan biotin. Mineral magnesium, mangan dan seng juga diperlukan untuk membantu dalam reaksi enzimatik.

  • Pembekuan darah

Proteinplasma, yaitu protrombindanfibrinogen, akan disintesisoleh hati untuk pembekuan darah. VitaminKmerangsanghatiuntuk mensintesisprotrombinuntuk darah sehingga mendorong pembentukanbekuanlebih cepatketikapembekuandiperlukan. VitaminKtersedia dalamsayuran berdaunhijau gelap.

  • Pembentukan lipoprotein

Komponen lemak diproses oleh hati menjadi lipoprotein. Ini termasuk low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi kolesterol dan high-density lipoprotein (HDL) yang kaya protein. Darah mengangkut LDL dan HDL ke daerah-daerah yang membutuhkan komponen dan melepaskannya untuk digunakan. Vitamin C dapat menurunkan nilai total kolesterol. Mineral kalsium dapat meningkatkan konversi kolesterol menjadi asam empedu, sehingga menurunkan angka kolesterol darah.

Sumber gambar : nutrisitiensherbal.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY