Nutrisi Untuk Kuku Sehat

SehatFresh.com – Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terlihat. Untuk itu, kuku perlu dirawat agar selalu tampak sehat dan kuat. Pasalnya, kuku juga bisa dijadikan indikator kesehatan seseorang. Normalnya, bantalan kuku berwarna merah muda. Warna tersebut menunjukkan bahwa peredaran darah dalam tubuh berjalan lancar. Namun, jika bantalan kuku terlihat pucat, hal tersebut dapat mengindikasikan gejala anemia.

Tidak semua orang memiliki jenis kuku yang sehat. Ada yang memiliki kuku lunak, kuku rapuh, hingga kuku kering. Semua itu hanya tergantung pada bagaimana cara merawat dan menjaganya agar kuku tetap sehat dan kuat. Selain menjaga kebersihan kuku dengan memotongnya secara berkala, tercukupinya kebutuhan air putih setiap hari dapat memberi perlindungan pada jaringan kuku agar tetap kuat serta tidak mudah retak. Selain itu, Anda juga perlu memberi nutrisi pada kuku agar kesehatannya tetap terjaga.

  1. Zat besi

Kuku rapuh bisa menjadi tanda-tanda tubuh kekurangan zat besi. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, Anda bisa mengonsumsi. kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, dan sayuran hijau. Tingkatkan juga konsumsi makanan yang tinggi vitamin C (misalnya blackcurrant, mangga, jeruk dan tomat) untuk membantu penyerapan zat besi agar lebih optimal.

  1. Yodium

Tanpa yodium, maka kelenjar tiroid tidak dapat berfungsi dengan baik, dan organ ini bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan perkembangan di setiap area tubuh termasuk pada kuku. Anda perlu 120 hingga 150 mikrogram yodium sehari. Sumber yodium bisa didapat dari garam meja beryodium, kerang, bayam, bawang putih dan lobak.

  1. Seng (zinc)

Seng berperan penting dalam melindungi membran sel pada rambut, kuku dan area lainnya dari kerusakan akibat radikal bebas. Jika Anda tidak mendapatkan cukup asupan seng, Anda mungkin mendapati noda putih pada permukaan kuku. Makanan seperti kacang-kacangan, miso, daging unggas, kepiting, tahu, jamur dan biji bunga matahari adalah sumber seng yang baik untuk nutrisi kuku Anda.

  1. Vitamin B-12

Kurangnya vitamin B khususnya vitamin B12, dapat menyebabkan kuku menjadi kering. Selain itu, warna kuku juga menjadi gelap. Maka dari itu, vitamin ini jangan sampai terlewatkan dalam diet Anda. Asupan vitamin ini dapat diperoleh dari makanan seperti telur, keju, dan kepiting.

  1. Kalsium

Kurang kalsium dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh dan kering. Susu dan produk olahannya seperti yoghurt dan keju merupakan sumber besar kalsium yang baik.

  1. Protein

Protein akan membuat kuku menjadi lebih kuat karena kuku juga terbuat dari suatu jenis protein yang disebut keratin. Asupan protein dapat diperoleh dari kacang, kacang-kacangan, daging, telur dan kedelai.

Sumber gambar : reps-id.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY