Nutrisi Untuk Kulit Berjerawat

SehatFresh.com – Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dan terkadang sulit diobati. Jerawat timbul akibat adanya sumbatan kelenjar minyak pada pori-pori yang disertai peradangan. Apa yang Anda konsumsi akan sangat berpengaruh pada kulit. Krim kulit dan produk perawatan lainnya mungkin dapat memberikan perbaikan untuk kondisi jerawat, namun sifatnya cenderung sementara. Masalah kulit seperti jerawat kemungkinan besar akan muncul lagi selama Anda tidak memperbaiki gaya hidup termasuk salah satunya faktor pola makan harian Anda. Mengonsumsi makanan bergizi dapat memaksimalkan fungsi tubuh dalam mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh.

  • Makanan dengan indeks glikemik (IG) rendah
    Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat mengurangi hormon jerawat dalam darah dan mengurangi produksi minyak pada kulit. Meningkatkan konsumsi ikan, kacang-kacangan serta buah-buahan dan sayuran dapat memperbaiki kondisi kulit akibat jerawat dan menjaganya tetap sehat.
  • Makanan yang kaya zinc
    Berdasarkan laporan dalam jurnal “Cutaneous and Ocular Toxicology”, orang dengan kondisi jerawat yang parah memiliki kadar zinc yang rendah dalam darah mereka. Zinc dapat mengurangi jerawat serta menjaga kesehatan kulit. Zinc dapat ditemukan dalam daging, tiram, buncis, lentil, biji wijen, dan biji labu.
  • Makanan yang kaya vitamin A
    Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan sel dan regenerasi yang optimal, yang mana hal ini juga memengaruhi kesehatan kulit. Vitamin A memiliki manfaat melindungi jaringan kulit, mengurangi produksi sebum, memperbaiki struktur kulit serta mempertahankan kelembaban kulit agar kesehatannya terjaga. Tomat, wortel, labu, mangga, dan bayam adalah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin A.
  • Makanan yang kaya asam lemak omega-3
    Asam lemak omega-3 dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang terkait dengan jerawat. Omega 3 dengan kontennya yang disebut ERP dan DHA, juga berguna untuk mengobati dan mencegah masalah penyakit kulit, seperti psoriasis, alergi dan jerawat. Asupan asam lemak omega-3 dapat diperoleh dari ikan, brokoli, kubis dan bayam.
  • Probiotik
    Probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam tubuh. Manfaat probiotik terhadap kulit sendiri sudah lama diteliti. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa pasien jerawat yang rutin mengonsumsi probiotik selama 12 minggu produksi minyak yang lebih sedikit dan keparahan jerawatnya berkurang. Yoghurt dan tempe adalah contoh makanan yang kaya akan kandungan probiotik.
  • Cukupi kebutuhan cairan
    Meminum air putih minimal 2 liter setiap hari merupakan salah satu tips alami serta terbukti efektif untuk membuat wajah terbebas dari jerawat. Kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi dapat melancarkan proses tubuh dalam membuang racun sehingga membantu meminimalisir timbulnya jerawat. Air juga membantu kulit agar tetap lembab, sehat serta menjaga keelastisannya.

Sumber gambar : planetsehat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY