Nutrisi untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kesuburaan merupakan suatu hal yang dianggap penting bagi kehidupan karena memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup untuk menambah keturunan dan kehidupan seksualnya. Hal ini tentu dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh pria tersebut.

Faktanya di dunia ini ada beberapa pria yang mengalami gangguan pada kesuburannya. Bagi anda yang merasa khawatir mengalami hal tersebut, maka anda dapat mengkonsumsi beberapa nutrisi berikut ini :

  1. Vitamin B12

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa vitamin B12 sangat baik untuk kesehatan kesuburan karena dapat meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, dan mengurangi DNA sperma. Sehingga bagi yang memiliki masalah kesuburan dapat mengatasi kondisi tersebut dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung makanan B12 seperti kerang, unggas, telur, ikan dan sereal.

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis antioksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin ini memiliki fungsi dalam menjaga dan meningkatkan kesuburan seorang pria seperti motilitas, morfologi sperma, dan jumlah sperma. Jenis makanan yang mengangandung vitamin C yaitu kubis, brokoli, jeruk, kiwi, paprika, tomat dan lain-lain.

  1. Vitamin D

Vitamin D sering kali dikaitkan dengan kesuburan dimana dapat meningkatkan hormon testosteron dan meningkatkan motilitas sperma. Akan tetapi sebuah penelitian menyatakan bahwa kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh seorang pria bukan menjadi faktor resiko penyebab buruknya kualitas sperma. Makanan yang mengandung vitamin D yaitu ikan salmon, makarel, yoghurt dan tuna tunel.

  1. Vitamin E

Vitamin E terdapat dalam makanan seperti jagung, kacang kedelai, brokoli, bayam, bunga matahari, dan sinar matahari. Vitamin ini dikenal dapat meningkatkan kesuburan seorang pria dan wanita. pada pria vitamin E berperan melindungi kerusakan sperma.

  1. Kalsium

Kalsium memiliki fungsi yang baik pada saat proses nidasi dimana terjadinya pertemuan antara sel sperma dan sel telur dapat berkembang dengan baik. Produk susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

  1. Selenium

Antioksidan dalam bentuk selenium dapat mencegah terjadinya proses oksidasi sel-sel sperma. Sehingga nutrisi ini dapat menjaga kesuburan pria.

  1. Seng

Seng terdapat di dalam makanan seafood dan biji-bijian gandum memiliki fungsi yang baik dalam menjaga kesehatan kesuburan. Hal tersebut terbukti karena seng dapat menjaga kualitas sperma.

  1. Asam folat

Asam folat sangat baik untuk wanita hamil dan menyusui. Selain itu asam folat ternyata memiliki keuntungan dalam menjaga kesuburan seorang pria karena asam folat memiliki peran pada proses pembelahan sel dan sintesis DNA sperma. Asam folat juga bermanfaat untuk menjaga jumlah dan kualitas sperma.

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa seorang pria yang memili kadar asam folat yang rendah dalam tubuhnya beresiko mengalami stabilitas DNA sperma yang buruk. Asam folat banyak terkandung dalam kacang merah, ikan, dan sayuran hijau. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here