Nutrisi Untuk Pemulihan Setelah Sakit

SehatFresh.com – Semua orang pasti pernah mengalami “jatuh sakit”. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga tidak mampu melawan zat asing seperti virus dan bakteri. Kondisi kesehatan yang menurun tentunya membuat tubuh kehilangan banyak energi sehingga diperlukan asupan makanan yang bergizi untuk mempercepat proses pemulihan.

Makanan bergizi tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit, tapi juga dibutuhkan untuk pemulihan setelah sakit. Asupan makanan bergizi sangat dibutuhkan tubuh untuk menambah energi dan memulihkan kondisi setelah sakit. Makanan bergizi berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karbohidrat
Sumber makanan yang mengandung karbohidrat adalah sumber utama untuk pemulihan setelah sakit. Ketika sakit, tubuh kehilangan banyak energi sehingga menjadi lemah. Dalam hal ini, karbohidrat diperlukan untuk meningkatkan energi. Dalam masa penyembuhan, sangat disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat yang bersumber dari makanan berserat. Pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks supaya membuat Anda kenyang lebih lama seperti gandum, sayuran dan buah-buahan.

Protein
Selain karbohidrat, protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pemulihan kondisi setelah sakit. Protein dapat membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh yang melemah ketika sakit. Protein juga dibutuhkan untuk menunjang proses pembentukan otot dan memulihkan energi. Makanan sumber protein yang baik untuk dikonsumsi setelah sakit antara lain kacang-kacangan, telur dan daging sapi rendah lemak.

Lemak sehat
Lemak sehat berperan dalam mengoptimalkan kinerja sistem organ di dalam tubuh, terutama otak dan jantung. Untuk mempercepat pemulihan setelah sakit, makanan seperti ikan dan kacang-kacangan adalah sumber lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi.

Vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral adalah dua unsur nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Sebagai contoh, vitamin C berkhasiat sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin dan mineral merupakan dua unsur yang saling membutuhkan supaya bisa berfungsi dengan baik. Vitamin dibutuhkan oleh tubuh agar kinerja mineral berjalan optimal. Sumber vitamin dan mineral dapat berasal dari sayuran dan buah-buahan.

Air
Asupan cairan yang mencukupi akan menunjang kebugaran tubuh dan mengganti ion tubuh yang hilang. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam memulihkan kondisi kesehatan setelah sakit. Untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, minumlah air setidaknya 8 gelas setiap harinya.

Mengonsumsi makanan sehat setelah sakit merupakan hal yang penting. Hal ini dikarenakan nutrisi yang tepat dapat membantu mengembalikan nutrisi-nutrisi yang hilang ketika Anda sakit. Memilih makanan sehat dengan nutrisi tepat juga membantu proses pemulihan agar lebih cepat dan menurunkan risiko agar Anda tidak sakit lagi.

Sumber gambar : jusamazonplus.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY