Nyeri Payudara

DEFINISI

Nyeri payudara (mastalgia) – keluhan umum di kalangan wanita – dapat mencakup nyeri payudara, nyeri terbakar tajam atau sesak di jaringan payudara. Rasa sakit mungkin konstan atau mungkin hanya terjadi sesekali.

Nyeri payudara dapat berkisar dari ringan hingga parah. Hal ini dapat mempengaruhi Anda hanya beberapa hari dalam sebulan, misalnya sebelum periode Anda, atau dapat bertahan selama tujuh hari atau lebih setiap bulan. Nyeri payudara dapat mempengaruhi Anda sebelum periode atau mungkin terus sepanjang siklus menstruasi. Wanita menopause kadang-kadang mengalami nyeri payudara, tapi nyeri payudara lebih sering terjadi pada yang lebih muda, wanita premenopause dan wanita perimenopause.

Sering kali, nyeri payudara menandakan kondisi bukan kanker (jinak) payudara dan jarang menunjukkan kanker payudara. Namun, nyeri payudara yang tidak hilang setelah satu atau dua siklus menstruasi atau yang bertahan setelah menopause dan terjadi pada satu wilayah tertentu dari payudara Anda perlu diperiksa oleh dokter Anda.

GEJALA

Sebagian besar kasus nyeri payudara diklasifikasikan sebagai siklik atau nonsiklik. Setiap jenis nyeri payudara memiliki karakteristik yang berbeda.

Karakteristik nyeri payudara

 

Nyeri Payudara Siklik Nyeri Payudara Nonsiklik
·         Jelas terkait dengan siklus menstruasi

·         Digambarkan sebagai suatu yang membosankan, berat atau sakit

·         Sering disertai dengan pembengkakan payudara atau lumpiness

·         Biasanya mempengaruhi kedua payudara, terutama atas, bagian luar, dan dapat menyebar ke ketiak

·         Intensifkan selama dua minggu menjelang dimulainya periode Anda, dan membaik sesudahnya

·         Lebih mungkin mempengaruhi wanita berusia 20-an dan 30-an sebelum menopause serta perempuan di usia 40-an yang dalam masa transisi menopause

 

·         Tidak terkait dengan siklus menstruasi

·         Digambarkan seperti sesuatu yang ketat, terbakar atau sakit

·         Konstan atau intermiten

·         Biasanya mempengaruhi satu payudara, di daerah yang terkena, tetapi dapat menyebar lebih difus di payudara

·         Kemungkinan besar mempengaruhi wanita setelah menopause

 

Nyeri payudara extramammary

Istilah extramammary berarti “di luar payudara.” Nyeri payudara extramammary terasa seperti itu dimulai pada payudara, tapi sumbernya sebenarnya di tempat lain. Menarik otot di dada Anda, misalnya, dapat menyebabkan nyeri pada dinding dada atau tulang rusuk.

Kapan Anda harus ke dokter?

Buatlah janji dengan dokter Anda jika nyeri payudara :

  • Tetap bertahan setiap hari selama lebih dari beberapa minggu
  • Terjadi pada satu wilayah tertentu dari payudara Anda
  • Tampaknya akan semakin buruk dari waktu ke waktu
  • Mengganggu aktivitas sehari-hari

Meskipun risiko kanker payudara rendah pada wanita yang gejala utamanya adalah nyeri payudara, jika dokter menganjurkan evaluasi, penting untuk menindaklanjutinya.

PENYEBAB

Kadang-kadang, itu tidak mungkin untuk mengidentifikasi penyebab pasti nyeri payudara. Faktor yang berkontribusi mungkin termasuk salah satu atau lebih dari hal berikut :

  • Hormon reproduksi. Nyeri payudara siklik tampaknya memiliki hubungan yang kuat dengan hormon dan siklus menstruasi. Nyeri payudara siklik sering berkurang atau menghilang dengan kehamilan atau menopause.
  • Struktur payudara. Nyeri payudara nonsiklik sering diakibatkan oleh hal-hal yang mempengaruhi struktur payudara, seperti kista payudara, trauma payudara, operasi payudara sebelumnya atau faktor-faktor lain yang melibatkan payudara. Nyeri payudara juga mungkin mulai di luar payudara – dalam dinding dada, otot, sendi atau jantung, misalnya – dan menyebar ke payudara.
  • Ketidakseimbangan asam lemak. Ketidakseimbangan asam lemak dalam sel-sel dapat mempengaruhi sensitivitas jaringan payudara terhadap sirkulasi hormon.
  • Penggunaan obat. Obat hormonal tertentu, termasuk beberapa perawatan kesuburan dan pil KB oral, mungkin berhubungan dengan nyeri payudara. Juga, nyeri payudara adalah efek samping yang mungkin dari terapi hormon estrogen dan progesteron. Nyeri payudara mungkin berhubungan dengan antidepresan tertentu, termasuk antidepresan inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI), seperti fluoxetine (Prozac, Prozac Mingguan, Sarafem) dan sertraline (Zoloft).
  • Ukuran payudara. Wanita dengan payudara besar mungkin mengalami nyeri payudara nonsiklik terkait dengan ukuran payudara mereka. Leher, bahu dan punggung dapat menyertai nyeri payudara karena payudara besar.
  • Operasi payudara. Nyeri payudara yang terkait dengan operasi payudara kadang-kadang dapat bertahan setelah sayatan sembuh.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Anda mungkin dapat menemui dokter keluarga Anda, dokter umum atau penyedia layanan lainnya. Dalam beberapa kasus, ketika Anda menelepon untuk membuat janji, Anda mungkin akan dirujuk segera ke dokter spesialis kesehatan payudara.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Evaluasi awal nyeri payudara Anda berfokus pada riwayat kesehatan Anda. Anda akan mendiskusikan dengan dokter Anda lokasi nyeri payudara, hubungannya dengan siklus menstruasi Anda dan riwayat terkait payudara lainnya yang mungkin menjelaskan penyebab rasa sakit Anda. Untuk mempersiapkan diskusi ini :

  • Catatlah semua gejala Anda, bahkan jika itu tampak tidak berhubungan dengan nyeri payudara Anda.
  • Ulasan informasi penting tentang pribadi Anda, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini.
  • Daftar semua obat, vitamin dan suplemen yang secara teratur Anda ambil.
  • Daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda, dari yang paling penting hingga yang penting.

Untuk nyeri payudara, pertanyaan dasar untuk ditanyakan kepada dokter Anda meliputi :

  • Apa penyebab paling mungkin dari gejala saya?
  • Apa jenis tes yang mungkin saya butuhkan?
  • Apa pendekatan pengobatan yang Anda rekomendasikan untuk kondisi saya?
  • Apakah ada pengobatan rumah yang mungkin dapat saya coba?

Apa yang dapat diharapkan dari dokter?

Dokter mungkin menanyai Anda pertanyaan seperti :

  • Dibagian manakah dari payudara Anda yang terasa sakit?
  • Sudah berapa lama Anda memiliki nyeri payudara?
  • Pada skala 10 poin, seberapa parah rasa sakit Anda?
  • Apakah Anda memiliki rasa sakit di salah satu atau kedua payudara?
  • Apakah nyeri tampaknya terjadi pada pola tertentu?
  • Apakah Anda pernah menjalani mammogram? Kapan terakhir Anda menjalaninya?
  • Apakah Anda memiliki tanda-tanda atau gejala lain, seperti benjolan payudara, daerah penebalan atau nipple discharge?
  • Apakah Anda melihat perubahan kulit tertentu, seperti kemerahan atau ruam?
  • Apakah Anda baru saja memiliki bayi? Atau apakah Anda mengalami keguguran atau melahirkan?
  • Apakah rasa sakit Anda membuat Anda kurang mampu melakukan aktivitas sehari-hari?
  • Apakah Anda terlibat dalam kegiatan atau memiliki cedera baru-baru ini pada dada yang mungkin menyebabkan rasa sakit pada payudara Anda?

Dokter Anda mungkin juga menilai risiko Anda dari kanker payudara, berdasarkan faktor-faktor seperti usia Anda, riwayat kesehatan keluarga dan riwayat lesi prakanker payudara.

Tes dan Diagnosis

Tes untuk mengevaluasi kondisi Anda mungkin termasuk :

  • Pemeriksaan payudara klinis. Dokter memeriksa perubahan payudara Anda, melihat dan merasakan payudara Anda dan kelenjar getah bening di leher bawah dan ketiak. Dokter Anda mungkin akan mendengarkan jantung dan paru-paru dan memeriksa dada dan perut untuk menentukan apakah rasa sakit bisa berhubungan dengan kondisi lain. Jika riwayat kesehatan Anda, payudara dan pemeriksaan fisik mengungkapkan hal yang tidak biasa, Anda mungkin tidak perlu tes tambahan.
  • Jika dokter Anda merasa benjolan payudara atau penebalan yang tidak biasa, atau mendeteksi area fokus nyeri pada jaringan payudara Anda, Anda akan memerlukan tes sinar-X dari payudara Anda yang mengevaluasi bidang perhatian yang ditemukan selama pemeriksaan payudara (mammogram diagnostik) .
  • Pemeriksaan USG menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar payudara Anda, dan itu sering dilakukan bersama dengan mammogram. Anda mungkin perlu USG untuk mengevaluasi area fokus nyeri bahkan jika hasil mammogram normal.
  • Biopsi payudara. Benjolan payudara yang mencurigakan, bidang penebalan atau daerah yang tidak biasa terlihat selama tes pencitraan mungkin memerlukan biopsi sebelum dokter dapat membuat diagnosis. Selama biopsi, dokter mengambil sampel kecil jaringan payudara dari daerah yang bersangkutan dan mengirimkannya untuk analisis laboratorium.

Perawatan dan Obat-obatan

Bagi banyak wanita, nyeri payudara membaik dengan sendiri dari waktu ke waktu. Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan apapun.

Jika Anda memerlukan pengobatan, dokter mungkin menyarankan Anda :

  • Menghilangkan penyebab yang mendasari atau faktor yang memberatkan. Ini mungkin melibatkan penyesuaian sederhana, seperti memakai bra dengan dukungan ekstra.
  • Gunakan obat topikal nonsteroidal anti-inflammatory (NSAID). Anda menerapkan obat langsung ke daerah di mana Anda merasa sakit.
  • Atur pil KB. Jika Anda mengambil pil KB, jadwalkanlah minggu bebas pil atau beralihlah ke metode pengendalian kelahiran yang dapat membantu meringankan gejala nyeri payudara. Tapi jangan mencoba ini tanpa saran dokter Anda.
  • Mengurangi dosis terapi hormon menopause. Anda mungkin mempertimbangkan menurunkan dosis terapi hormon menopause atau berhenti sepenuhnya.
  • Ambil obat resep. Danazol adalah satu-satunya obat resep yang disetujui oleh Food and Drug Administration untuk mengobati nyeri payudara dan nyeri. Namun, danazol membawa risiko efek samping yang parah, seperti jerawat, berat badan dan suara perubahan, yang membatasi penggunaannya. Tamoxifen, obat resep untuk pengobatan kanker payudara dan pencegahan, dapat direkomendasikan untuk beberapa wanita, tapi obat ini juga membawa potensi efek samping yang mungkin lebih mengganggu daripada nyeri payudara itu sendiri.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Meskipun hanya ada sedikit penelitian yang menunjukkan efektivitas obat perawatan diri ini, beberapa mungkin patut dicoba :

  • Gunakan kompres panas atau dingin pada payudara Anda.
  • Kenakan bra dukungan kuat, dilengkapi oleh seorang profesional jika mungkin.
  • Kenakan bra olahraga selama latihan, terutama bila payudara Anda mungkin lebih sensitif.
  • Percobaan dengan terapi relaksasi, yang dapat membantu mengontrol tingkat kecemasan tinggi yang berhubungan dengan nyeri payudara yang parah.
  • Batasi atau hentikan konsumsi kafein, perubahan pola makan ditemukan dapat membantu beberapa wanita, meskipun penelitian medis tentang efek kafein pada nyeri payudara dan gejala pramenstruasi lainnya telah meyakinkan.
  • Ikuti diet rendah lemak dan makan karbohidrat yang lebih kompleks, strategi yang membantu beberapa wanita dengan nyeri payudara pada studi observasional.
  • Pertimbangkan menggunakan pereda nyeri over-the-counter, seperti acetaminophen (Tylenol, dan lain-lain) atau ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain) – tetapi tanyakanlah kepada dokter Anda berapa banyak yang harus diambil, karena penggunaan jangka panjang dapat meningkatkan risiko masalah hati dan efek samping lainnya.
  • Buatlah catatan, mencatat ketika Anda mengalami rasa nyeri payudara dan gejala lain, untuk menentukan apakah nyeri Anda adalah siklik atau nonsiklik.

Pengobatan Alternatif

Vitamin dan suplemen makanan dapat mengurangi gejala nyeri payudara dan keparahan bagi beberapa wanita. Tanyakan kepada dokter Anda jika salah satu dari ini mungkin bisa membantu Anda – dan bertanya tentang dosis dan efek samping yang mungkin :

  • Primrose oil pada malam hari. Suplemen ini dapat mengubah keseimbangan asam lemak dalam sel Anda, yang dapat mengurangi rasa sakit pada payudara.
  • Vitamin E. Studi awal menunjukkan kemungkinan manfaat dari vitamin E terhadap nyeri payudara pada wanita pramenstruasi yang mengalami nyeri payudara yang berfluktuasi selama siklus menstruasi, tetapi penelitian sampai saat ini masih tidak meyakinkan.

Jika Anda mencoba suplemen untuk nyeri payudara, berhentilah minum jika Anda tidak melihat ada perbaikan pada nyeri payudara Anda setelah beberapa bulan.