Nyeri Pertumbuhan

DEFINISI

Nyeri pertumbuhan sering digambarkan sebagai rasa sakit atau denyut di kaki – sering di depan paha, betis atau di belakang lutut. Nyeri pertumbuhan cenderung mempengaruhi kedua kaki dan terjadi pada malam hari, dan bahkan dapat membangunkan anak dari tidur.

Meskipun rasa nyeri ini disebut nyeri pertumbuhan, tidak ada bukti bahwa pertumbuhan membuat nyeri. Nyeri pertumbuhan mungkin terkait dengan ambang nyeri yang diwariskan atau, dalam beberapa kasus, masalah psikologis.

Tidak ada pengobatan khusus untuk nyeri pertumbuhan. Anda dapat membuat anak Anda lebih nyaman dengan menempatkan bantal pemanas hangat di otot yang sakit dan memijatnya.

GEJALA

Nyeri pertumbuhan biasanya menyebabkan rasa sakit atau berdenyut di kaki. Nyeri ini sering terjadi di depan paha, betis atau di belakang lutut. Biasanya kedua kaki terluka. Beberapa anak mungkin juga mengalami sakit perut atau sakit kepala selama episode nyeri pertumbuhan. Rasa sakit tidak terjadi setiap hari. Ia datang dan pergi.

Nyeri pertumbuhan sering menyerang di sore hari atau petang dan menghilang saat pagi. Kadang-kadang rasa sakit membangunkan anak di tengah malam.

Kapan Anda harus ke dokter?

Konsultasikan dengan dokter anak Anda jika Anda khawatir tentang rasa sakit pada kaki anak Anda atau jika sakit :

  • Persisten (bertahan lama)
  • Masih hadir di pagi hari
  • Cukup berat hingga mengganggu aktivitas normal anak Anda
  • Terletak di sendi
  • Terkait dengan cedera
  • Disertai tanda-tanda atau gejala lain, seperti pembengkakan, kemerahan, nyeri, demam, pincang, ruam, kehilangan nafsu makan, kelemahan atau kelelahan
  • Terkait dengan cedera

PENYEBAB

Penyebab nyeri pertumbuhan tidak diketahui. Tapi tidak ada bukti bahwa pertumbuhan anak itu menyakitkan. Dan nyeri pertumbuhan biasanya tidak terjadi dimana pertumbuhan yang terjadi atau selama masa pertumbuhan yang cepat. Telah diasumsikan bahwa nyeri pertumbuhan mungkin terkait dengan sindrom kaki gelisah. Tapi nyeri otot pada malam hari akibat penggunaan berlebihan pada siang hari diperkirakan menjadi penyebab paling mungkin dari nyeri pertumbuhan. Berlebihan dalam kegiatan seperti berlari, memanjat dan melompat dapat memberatkan sistem muskuloskeletal anak.

Faktor Risiko

Nyeri pertumbuhan adalah hal umum pada usia prasekolah dan anak-anak usia sekolah. Kondisi ini sedikit lebih umum pada anak perempuan daripada anak laki-laki. Berjalan, memanjat atau melompat pada siang hari dapat meningkatkan risiko sakit kaki di malam hari.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Kebanyakan anak-anak yang mengalami nyeri pertumbuhan tidak perlu ke dokter. Jika rasa sakit terus-menerus atau tidak biasa, Anda mungkin khawatir dan ingin mengonsultasikannya dengan dokter keluarga Anda atau dokter anak.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Sebelum konsultasi, Anda dapat menulis daftar yang menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Dimana rasa sakit terjadi?
  • Apakah ada waktu tertentu dalam sehari ketika rasa nyeri biasanya terjadi?
  • Berapa lama nyeri berlangsung?
  • Apakah ada yang dapat mengurangi rasa nyeri Anda?
  • Apakah nyeri membangunkan anak Anda di malam hari atau membuatnya sulit untuk tertidur?
  • Apakah anak Anda mengalami tanda-tanda atau gejala lain – seperti pembengkakan, kemerahan, nyeri perut atau sakit kepala?
  • Apakah anak Anda baru-baru ini memulai aktivitas fisik yang baru?

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Selama pemeriksaan, dokter mungkin bertanya tentang gejala dan kegiatan anak Anda. Ia akan memeriksa tulang dan otot anak Anda untuk melihat tanda-tanda nyeri.

Tes dan Diagnosis

Dokter biasanya bisa mendiagnosa rasa nyeri pertumbuhan tanpa harus memerintahkan tes apapun. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin memerintahkan tes darah atau sinar-X untuk membantu menyingkirkan masalah lain yang dapat menyebabkan tanda-tanda dan gejala anak Anda. Tidak semua jenis nyeri kaki pada anak-anak adalah nyeri pertumbuhan. Kadang-kadang nyeri kaki dapat disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya yang dapat diobati.

Perawatan dan Obat-obatan

Tidak ada pengobatan khusus untuk nyeri pertumbuhan. Kabar baiknya adalah bahwa nyeri pertumbuhan tidak menyebabkan masalah lain, dan tidak mempengaruhi pertumbuhan. Nyeri pertumbuhan sering membaik dengan sendirinya dalam satu atau dua tahun. Dan jika nyeri tidak hilang sepenuhnya dalam satu tahun atau lebih, nyeri sering menjadi kurang menyakitkan. Sementara itu, Anda dapat membantu meringankan ketidaknyamanan anak Anda dengan langkah-langkah perawatan diri, seperti memijat kaki anak Anda.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Anda dapat membantu meringankan ketidaknyamanan anak Anda dengan pengobatan rumah ini :

  • Gosok kaki anak Anda. Anak-anak sering menyukai pijatan lembut. Yang lain merasa lebih baik ketika mereka sedang dipegang atau dipeluk.
  • Gunakan bantal pemanas. Panas dapat membantu menenangkan sakit otot. Gunakan bantal pemanas pada pengaturan rendah sebelum tidur atau ketika anak Anda mengeluh sakit kaki. Lepaskan bantal pemanas setelah anak Anda tertidur. Mandi hangat sebelum tidur juga dapat membantu.
  • Cobalah pereda nyeri. Tawarkan anak Anda ibuprofen (Advil, Motrin Anak, dan lain-lain) atau acetaminophen (Tylenol, dan lain-lain). Hindari aspirin, karena risiko sindrom Reye – kondisi yang jarang namun serius terkait dengan pemberian aspirin pada anak.
  • Latihan peregangan. Peregangan otot-otot di kaki pada siang hari dapat membantu mencegah rasa sakit di malam hari. Tanyakan kepada dokter Anda jenis peregangan apa yang mungkin dapat membantu.