Nyeri Punggung Mepengaruhi Hubungan Seksual

SehatFresh.com – Nyeri punggung merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, tidak nyaman rasanya bila nyeri punggung menyerang. Hal ini akan menghambat Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, nyeri punggung juga akan menghambat hubungan seksual Anda dengan pasangan.

Pasti menjadi momok meresahkan bila nyeri punggung menyerang, padahal Anda sedang ingin berhubungan seksual dengan pasangan. Kualitas hubungan seksual Anda dan pasangan pun menjadi menurun. Tak hanya itu, tingkat percaya diri Anda ketika berhubungan seks juga akan turun akibat nyeri punggung.

Nyeri punggung ini pada gilirannya tentu akan berdampak pada kehidupan anda. Rasa nyeri tersebut dapat mempengaruhi aktivitas, self esteem, interaksi, maupun kemampuan Anda untuk menikmati seks. Dalam keadaan normal, sesungguhnya aktifitas seksual justru membuat tubuh melepaskan zat-zat kimia yang membantu mengurangi rasa nyeri. Namun ketika Anda berada dalam kondisi khusus seperti saat terserang nyeri punggung yang terjadi justru sebaliknya.

Banyak faktor yang menjadi penyebab nyeri punggung. Seperti cedera pada fisik, terlalu sering mengangkat beban berat, hingga kurang gerak juga bisa menjadi faktor penyebab nyeri punggung. Stress dan lelah juga bisa menjadi penyebab Anda terserang nyeri punggung.

Pada beberapa kasus, masalah nyeri punggung ini bisa berdampak pada satu atau beberapa aspek tersebut. Fungsi seksual dijabarkan Helen Kaplan, dokter yang mengambil spesialisasi dalam mengatasi masalah-masalah seksual sebagai cara orang mengekspresikan hasrat seksual. Ia mengatakan bahwa nyeri dapat mempengaruhi fungsi seksual dengan dua cara. Rasa nyeri yang kronis dapat menggangu kemampuan Anda untuk bergerak dengan leluasa, sehingga membatasi posisi-posisi yang biasa Anda gunakan saat melakukan hubungan seks.

Rasa nyeri tersebut dapat memengaruhi kemampuan Anda terhadap respon seksual yang terbagi dalam tiga fase yaitu hasrat (desire), kenikmatan (excitement), dan orgasme. Masing-masing fase ini dikontrol oleh spinal cord dan bagian otak yang berbeda-beda. Dengan melihat fase-fase ini diharapkan Anda dapat memahami mengapa rasa nyeri bisa memengaruhi aktivitas seksual dan hubungan Anda dengan pasangan.

Buatlah sebuah perencanaan agar dapat menuat hubungan seks Anda lebih baik. Jika punggung Anda sakit, ambil pereda nyeri sebelum melakukan hubungan seks, atau jika Anda mengalami kejang otot di punggung, cobalah mandi air hangat sebelum melakukan hubungan seks.

  • Coba Posisi Baru

Untuk membuat seks lebih nyaman, ajaklah pasangan untuk mencoba beberapa posisi.  Anda harus mencobanya untuk mengetahui mana yang tepat bagi tubuh Anda. Dengan mencoba posisi baru, Anda lebih mungkin menemukan posisi yang tepat untuk berhubungan seks meski tengah sakit punggung.

  • Mengetahui waktu di mana Anda harus berhenti

Maksudnya adalah Anda harus tahu kapan Anda harus menghentikan hubungan seksual Anda dengan pasangan jika itu membuat sakit punggung yang Anda rasakan semakin parah.

Sumber gambar :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY