Nyeri Tumit

DEFINISI

Plantar fasciitis adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri tumit. Ini melibatkan rasa sakit dan peradangan dari sebuah pita tebal jaringan, disebut plantar fasia, yang terletak di bagian bawah kaki Anda dan menghubungkan tulang tumit ke jari kaki Anda.

Plantar fasciitis umumnya menyebabkan nyeri menusuk yang biasanya terjadi saat langkah pertama Anda di pagi hari. Setelah kaki Anda lemas, rasa sakit plantar fasciitis biasanya berkurang, tetapi mungkin kembali setelah lama berdiri atau setelah bangun dari posisi duduk.

Plantar fasciitis ini terutama umum pada pelari. Selain itu, orang yang kelebihan berat badan dan mereka yang memakai sepatu dengan dukungan yang kurang memadai berisiko plantar fasciitis.

GEJALA

Plantar fasciitis biasanya menyebabkan rasa sakit menusuk di bagian bawah kaki di dekat tumit. Rasa sakit biasanya memburuk dengan beberapa langkah pertama setelah bangun, meskipun juga dapat dipicu oleh periode panjang berdiri atau bangun dari posisi duduk.

PENYEBAB

Dalam keadaan normal, plantar fasia Anda bertindak seperti tali busur yang menyerap goncangan, mendukung lengkungan di kaki Anda. Jika ketegangan pada tali busur menjadi terlalu besar, dapat membuat robekan kecil di fasia. Peregangan berulang-ulang dan robekan dapat menyebabkan fascia menjadi teriritasi atau meradang.

Faktor Risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena plantar fasciitis termasuk :

  • Plantar fasciitis paling umum pada usia 40 dan 60.
  • Beberapa jenis olahraga. Kegiatan yang menempatkan banyak tekanan pada tumit Anda dan jaringan yang melekat – seperti lari jarak jauh, menari balet dan tari aerobik – dapat berdampak terhadap onset awal plantar fasciitis.
  • Mekanisme kaki rusak. Mendatarkan kaki, memiliki lengkungan tinggi atau bahkan memiliki pola abnormal berjalan dapat mempengaruhi cara pendistribusian berat badan ketika Anda sedang berdiri dan menempatkan tekanan yang ditambahkan pada plantar fasia.
  • Kelebihan berat badan menempatkan tekanan ekstra pada plantar fascia Anda.
  • Pekerjaan yang membuat menggunakan kaki Anda. Pekerja pabrik, guru dan lain-lain yang menghabiskan sebagian besar jam kerja mereka dengan berjalan atau berdiri di permukaan keras dapat merusak plantar fascia mereka.

Komplikasi

Mengabaikan plantar fasciitis dapat menyebabkan nyeri tumit kronis yang mengganggu kegiatan rutin Anda. Jika Anda mengubah cara Anda berjalan untuk meminimalkan rasa nyeri plantar fasciitis, Anda mungkin juga mengembangkan masalah kaki, lutut, pinggul atau punggung.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Meskipun Anda mungkin awalnya berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda, dia mungkin merujuk Anda ke dokter spesialis gangguan kaki atau kedokteran olahraga.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Anda dapat menulis daftar yang mencakup :

  • Deskripsi lengkap dari gejala Anda
  • Informasi tentang masalah medis Anda di masa lalu
  • Informasi tentang masalah kesehatan orang tua atau saudara kandung
  • Semua obat-obatan dan suplemen makanan yang Anda konsumsi
  • Pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Dokter Anda mungkin menanyakan sejumlah pertanyaan. Menjadi siap untuk menjawabnya akan menghemat waktu Anda. Misalnya, dokter Anda mungkin bertanya :

  • Apakah gejala cenderung terjadi pada waktu tertentu?
  • Apa jenis sepatu yang biasanya Anda pakai?
  • Apakah Anda seorang pelari, atau apakah Anda berpartisipasi dalam olahraga yang melibatkan berlari?
  • Apakah Anda memiliki pekerjaan yang menuntut fisik?
  • Apakah Anda mengalami cedera pada kaki Anda di masa lalu?
  • Selain kaki Anda, apakah Anda merasa sakit di tempat lain?
  • Apakah ada yang tampaknya memperbaiki gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

Tes dan Diagnosis

Selama pemeriksaan fisik, dokter memeriksa titik nyeri di kaki Anda. Lokasi nyeri Anda dapat membantu menentukan penyebabnya.

Tes pencitraan

Biasanya tidak ada tes yang diperlukan. Diagnosis dibuat berdasarkan riwayat dan pemeriksaan fisik. Kadang-kadang dokter mungkin menyarankan tes sinar-X atau magnetic resonance imaging (MRI) untuk memastikan rasa sakit Anda tidak disebabkan oleh masalah lain, seperti fraktur stres atau saraf terjepit.

Kadang-kadang tes sinar-X menunjukkan taji tulang yang memproyeksi ke depan dari tulang tumit. Di masa lalu, taji tulang ini sering disebut sebagai penyebab nyeri tumit dan diangkat melalui pembedahan. Tetapi banyak orang yang memiliki taji tulang di tumit mereka tidak mengalami rasa nyeri pada tumit.

Perawatan dan Obat-obatan

Kebanyakan orang yang memiliki plantar fasciitis sembuh dengan pengobatan konservatif hanya dalam beberapa bulan.

Obat

Penghilang rasa nyeri seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain) dan naproxen (Aleve) mungkin mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan plantar fasciitis.

Terapi

Peregangan dan latihan penguatan atau penggunaan perangkat khusus dapat memberikan bantuan terhadap gejala. Ini termasuk :

  • Terapi fisik. Seorang ahli terapi fisik dapat menginstruksikan Anda dalam serangkaian latihan untuk meregangkan plantar fasia dan tendon Achilles dan memperkuat otot-otot kaki yang lebih rendah, yang menstabilkan pergelangan kaki dan tumit. Seorang terapis juga dapat mengajarkan Anda untuk menerapkan rekaman atletik untuk mendukung bagian bawah dari kaki Anda.
  • Splint pada malam hari. Terapis fisik Anda atau dokter mungkin menyarankan memakai belat yang membentang pada betis Anda dan melengkung pada kaki Anda saat Anda tidur. Ini menahan plantar fasia dan tendon Achilles dalam posisi diperpanjang pada malam hari dan memfasilitasi peregangan.
  • Dokter mungkin meresepkan sepatu tumit tanpa pelindung, bantal atau lengkungan pendukung yang dikustomisasi (orthotics) untuk membantu mendistribusikan tekanan pada kaki Anda agar lebih merata.

Prosedur bedah atau lainnya

Ketika langkah-langkah yang lebih konservatif tidak bekerja, dokter mungkin merekomendasikan :

  • Suntikan steroid. Menyuntikkan jenis obat steroid ke daerah lembut dapat memberikan bantuan nyeri untuk sementara. Beberapa suntikan tidak dianjurkan karena dapat melemahkan plantar fasia Anda dan mungkin menyebabkan pecah, serta mengecilkan bantalan lemak yang menutupi tulang tumit Anda.
  • Terapi gelombang kejut ekstrakorporeal. Dalam prosedur ini, gelombang suara diarahkan pada daerah nyeri tumit untuk merangsang penyembuhan. Ini biasanya digunakan untuk fasciitis plantar kronis yang tidak menanggapi pengobatan yang lebih konservatif. Prosedur ini dapat menyebabkan memar, bengkak, nyeri, mati rasa atau kesemutan dan belum terbukti efektif secara konsisten.
  • Hanya sedikit orang yang memerlukan pembedahan untuk melepaskan plantar fasia dari tulang tumit. Ini umumnya menjadi pilihan hanya ketika nyeri sudah parah dan semua pengobatan gagal. Efek samping termasuk melemahnya lengkungan di kaki Anda.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Untuk mengurangi rasa sakit dari plantar fasciitis, cobalah tips ini perawatan diri :

  • Menjaga berat badan yang sehat. Ini meminimalkan stres pada plantar fascia Anda.
  • Pilih sepatu yang mendukung. Hindari sepatu hak tinggi. Belilah sepatu dengan tumit rendah hingga sedang, dukungan lengkungan yang baik dan penyerap tegangan. Jangan berjalan tanpa alas kaki, terutama pada permukaan keras.
  • Jangan memakai sepatu atletik usang. Ganti sepatu atletik lama Anda sebelum sepatu tersebut berhenti mendukung dan memberi bantalan pada kaki Anda. Jika Anda seorang pelari, belilah sepatu baru setelah sekitar 500 mil penggunaan.
  • Ganti olahraga Anda. Cobalah olahraga berisiko rendah, seperti berenang atau bersepeda, bukan berjalan atau jogging.
  • Terapkan es. Terapkan paket es yang tertutup kain di atas area nyeri selama 15 sampai 20 menit tiga atau empat kali sehari atau setelah aktivitas. Atau coba pijat es. Bekukan cangkir kertas berisi air dan gulung di atas area yang terkena selama sekitar 5-7 menit. Pijat es secara rutin dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan peradangan.
  • Regangkan lengkungan Anda. Latihan rumah sederhana dapat meregangkan plantar fasia Anda, tendon Achilles dan otot betis.