Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi ibu hamil mengobati batuk tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya ibu hamil tengah mengandung seorang bayi yang harus dijaga kesehatannya. Lantas apa obat batuk alami yang cocok untuk ibu hamil?

Memilih obat dari bahan-bahan alami guna menyembuhkan batuk, mungkin menjadi alternatif yang tepat. Selain harganya yang terjangkau, obat batuk alami juga tidak mengakibatkan efek samping yang berbahaya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa obat batuk alami yang cocok untuk ibu hamil.

  1. Ibu hamil bisa mengkonsumsi sup. Rupanya mengkonsumsi sup cukup baik bagi ibu hamil. Pasalnya selain memenuhi asupan cairan ke dalam tubuh, sup juga bermanfaat untuk meredakan flu dan batuk karena dapat menghangatkan tubuh.
  2. Ibu hamil bisa mengkonsumsi air hangat yang banyak. Salah satu aktivitas yang harus dilakukan ibu hamil adalah mengkonsumsi air putih yang banyak. Hal itu karena saat hamil cairan tubuh tidak hanya diserap oleh ibu, tetapi juga oleh bayi yang ada di kandungan. Ketika ibu hamil batuk, cobalah untuk mengkonsumsi air hangat untuk memberikan rasa nyaman di tenggorokan. Selain itu air hangat juga dapat meringankan flu atau hidung tersumbat.
  3. Ibu hamil bisa mengkonsumsi jeruk nipis dan kecap. Memanfaatkan perasan jeruk nipis dalam mengatasi batuk adalah cara alami yang sering dilakukan. Caranya sangat mudah, pertama ambilah sendok makan. Kemudian peras jeruk nipis ke dalam sendok, lantas tambahkan kecap sedikit. Aduk racikan tersebut, kemudian minum. Jika diperlukan ibu hamil juga boleh mencampur sedikit madu guna menambah khasiat obat alami tersebut.
  4. Ibu hamil bisa memanfaatkan metode uap. Di rumah sakit atau klinik sering dijumpai alat uap yang memang dirancang untuk mengatasi batuk. Namun ibu hamil tidak harus ke rumah sakit, karena menghadirkan metode uap juga bisa di rumah. Caranya rebus air secukupnya, kemudian tambahkan minyak kayu putih ke dalam rebusan air itu. Kemudian hirup uap yang keluar, secara perlahan-lahan. Ibu hamil bisa menuutupi kepala dengan handuk, agar uap tidak terbang kemana-mana. Metode ini bisa memberikan rasa hangat pada tenggorokan dan hidung. Selain untuk ibu hamil, metode ini juga cocok dipraktikan untuk anak-anak.
  5. Ibu hamil bisa menambahkan bantal ketika tidur. Guna mengatasi batuk dan flu, ibu hamil bisa menambahkan bantal ketika sedang tidur. Caranya tumpuklah dua bantal di bawah kepala, sehingga posisi kepala lebih tinggi dari tubuh. Hal tersebut dilakukan guna meringankan pernafasan, sekaligus mengatasi hidung yang tersumbatakibat flu.

Selain lima cara di atas, masih banyak lagi obat batuk alami yang bisa dimanfaatkan ibu hamil. Misalnya saja menggunakan daun sirih, campuran air hangat dan garam, hingga madu. Namun pastikan semua bahan-bahan alami yang akan digunakan itu, bersih dan higienis sehingga tidak menimbulkan bakteri. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY