Obat Herbal untuk Penderita Gondongan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gondongan atau mumps adalah jenis penyakit yang berasal dari virus Paramiksovirus RNA, virus akan menginfeksi kelenjar Parotid (kelenjar ludah), yang akan mengakibatkan kelenjar ludah menjadi bengkak dan untuk kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan infertilitas pada pria. Cara penularan gondongan salah satunya adalah dengan air liur, penggunaan sendok yang sama bisa menjadi media virus pembawa gondongan untuk masuk ke tubuh Anda. Gejala yang paling akan terlihat adalah pembengkakan kelenjar ludah, pada bagian yang bengkak terasa nyeri, demam, lemah, letih, lesu dan meraskan nyeri pda sat mengunyah dan menelan makanan.

Meskipun Gondongan adalah jenis penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun beberapa obat Herbal berikut dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit dan bengkaka yang ditimbulkan akibat penyakit ini, berikut adalah macam-macam obat herbal atau alami yang dapat menyembuhnya gondongan:

  • Daun tapak dara. Daun ini terkenal sebagai obat paling manjur untuk menyembuhkan gondongan. Anda dapat menyiapkan segenggam daun tapak dara yang telah dicuci bersih. Tumbuk daun Tapak Dara sampai halus, dan hasil tumbukkannya tempelkan ke bagian yang terkena gondongan, lakukan ini dengan rutin hingga gondongan kempes.
  • Kembang sepatu. Selain menjadi hiasn taman yang cantik, bunga kembang sepatu pun dapat dijadikan obat alami untuk penderita gondongan. Siapkan sekitar 30 gram bunga sepatu, jika bunganya sedng tdak mekar Anda bisa menggunakan daunnya. Cucilah daun atau bunga sepatu tersebut sampai bersih. Lalu rebus daun atau bunga sepatu dengan air 400 ml. Biarkan sampai mendidih, lalu minum air rebusannya selagi hangat sebanyak 3 kali sehari dengan takaran yang sama. Ramuan tradisional satu ini tidak dianjurkan untuk diminum oleh ibu hamil dan hanya manjur untuk mengobati gondongan yang masih ringan.
  • Daun simbar menjangan. Siapkan 2 lembar daun simbar menjangan. Cuci daun simbar menjangan sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Saat proses digiling, campurkan sedikit air dan garam. Setelah halus dan tercampur rata, oleskan ramuan ini untuk mengobati gondongan. Lakukan 2 kali sehari dengan rutin sampai sembuh.
  • Belimbing wuluh. Bahan yang sering ditemui dalam masakan olahan sayur ini juga berguna untuk mengobati gondongan caranya adalah dengan siapkan 10 ranting daun belimbing wuluh dan 4 biji bawang putih. Lalu haluskan keduanya sampai menyerupai bubur. Setelah halus, lumurkan pada tubuh yang menderita gondongan.
  • Jahe. Ini adalah bahan yang mudah kia temui, untuk menggunakan bahan ini menjadi obat gondongan Anda cukup menyiapkan jahe yang sudah dikupas dan setelah itu tumbuk jahe hingga halus, jangan lupa untuk menambahkan sedikit air dan oleskan jahe pada bagian yang bengkak. Selain dengan cara ditumbuk, jahe juga dapat diolah dengan cara lain yaitu tuangkan jahe pada kain kassa ataupun kain yang lembut kemudian gunakan sebagai kompresan untuk mengompres area yang bengkak.
  • Rempah tropis. Caranya sangat mudah yaitu tumbuk biji klabet dan biji asparagus sampai seperti pasta. Pasta kemudian dioleskan pada area yang terkena gondongan, oleskan tipis-tipis saja lalu biarkan hingga kering.
  • Kunyit dan bubuk margosa. Cara menggunakan bahan ini adalah dengan mencampur kunyit dengan bubuk margosa. Kemudian bentuk sampai menyerupai pasta kemudian oleskan campuran tersebut pada area tubuh yang bengkak.

Itulah beberapa obat herbal yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit gondongan, tetapi untuk mengurangi rasa sakit yang dialami Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang asam agar tidak terlalu merasa sakit.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY