Obat Herbal untuk Penderita Katarak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com -Tahukah Anda penyakit katarak? Gangguan penglihatan karena lensa mata keruh sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak bisa diterima oleh retina dengan sempurna disebut katarak. Lensa mata penderita katarak menjadi keruh sehingga sinar cahaya tidak dapat menembusnya. Tingkat keburaman katarak bervariasi dari sedikit hingga keburaman total. Katarak akan berlangsung perlahan dan menyebabkan kehilangan penglihatan serta berpotensi tidak bisa melihat jika katarak terlalu tebal.

Penyakit katarak ini banyak diderita orang yang bermukim di wilayah tropis, salah satunya Indonesia. Karena salah satu penyebab penyakit katarak adalah pengaruh sinar ultraviolet matahari. Selain itu, faktor usia juga menyebabkan terjadinya katarak. Serat mata yang terdiri dari air dan protein akan mengalami perubahan dan penurunan serat protein seiring dengan bertambahnya usia. Apabila serat protein tersebut menggumpal akan menyebabkan noda pada lensa mata.

Penderita katarak banyak yang tidak mengetahui bahwa dirinya telah mengidap katarak. Gejala katarak awal tidak ada gangguan pada pandangan mata. Pandangan mata akan ada gangguan setelah tiga sampai lima tahun katarak menempel di mata. Contoh gejala yang dirasakan oleh penderita katarak, yaitu mengalami penglihatan yang buram pada sore dan malam hari, sangat silau bila melihat sinar matahari atau cahaya yang terang, mata terasa silau pada keadaan terang, merasa gatal-gatal pada mata, sering keluar air dari mata, warna bayangan dan visi kurang jelas karena cahaya tersebar oleh katarak ke mata. Penderita akan menyadari bahwa dirinya telah terserang katarak yang sudah kronis.

Tes sensitivitas kontras harus dilakukan oleh penderita katarak. Hasil tes yang menunjukkan kekurangan sensitivitas kontras maka dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter spesialis mata. Pengobatan katarak dapat dilakukan dengan menggunakan cara medis maupun tradisonal.

Pengobatan tradisional menggunakan hasil-hasil alam sebagai obatnya. Berikut beberapa bahan alami yang sering digunakan sebagai obat katarak :

  • Minum jus wortel.
  • Masker mata dengan estrak atau jus bunga labu.
  • Madu alami. Konsumsi campuran adas manis dan ketumbar (takaran ketumbar dan adas manis sama).
  • Tujuh buah almond dan setengah gram merica.
  • Minum campuran dua buah kapulaga halus dan segelas susu yang telah direbus mendidih.

Demikian informasi tentang mengobati penyakit katarak dengan cara tradisional. Kenali lebih dini gejala-gejala katarak dan mencegahnya agar tidak kronis.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY