Obat Susah Buang Air Besar atau Sembelit Alami untuk Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat usia anak bertambah atau mengalami peralihan dari bayi ke anak-anak ada beberapa masalah yang terjadi atau dijumpai oleh sang ibu. Salah satunya sembelit atau susah buang air besar. Sembelit jarang terjadi pada saat anak masih minum ASI karena ASI dapat dicerna sepenuhnya dengan baik oleh sistem pencernaan.

Sembelit lebih banyak di derita oleh anak yang sudah mulai mengonsumsi makanan padat. Hal itu terjadi karena sistem pencernaan pada anak belum berkembang sebaik orang dewasa dan masih membutuhkan waktu lama untuk mengolah makanan di sistem pencernaan.

Jika anak mulai terkena sembelit atau susah buang air besar, anda sebagai orang tua pasti mencari obat pencahar atau obat untuk menyembuhkan sembelit dan melancarkan buang air besar ke apotik atau ke dokter. Tapi perlu anda ketahui bahwa sebenarnya ada obat pencahar alami untuk anak. Berikut beberapa obat pencahar alami untuk anak-anak:

  1. Minum banyak air

Sembelit dapat terjadi karena adanya penyerapan cairan berlebih oleh usus oleh karena itu salah satu obat alami yang digunakan adalah dengan minum air putih yang banyak. Saat sembelit usus akan membutuhkan cairan yang lebih banyak sehingga berikan cairan atau air putih pada anak yang banyak.

  1. Biji dan minyak rami

Mengonsumsi serat yang tinggi juga menjadi obat pencahar alami pada anak seperti biji dan minyak rami. Biji dan minyak rami mengandug serat tinggi dan juga membantu meringankan sembelit. Biji dan minyak rami dapat dikonsumsi dengan dicampurkan ke sereal atau bubur.

  1. Jus apel

Kandungan sorbitol pada buah apel dapat digunakan sebagai obat pencahar alami karena jika sudah dikonsumsi, sorbitol dalam apel akan menuju ke usus besar dan bertindak dengan menarik air ke dalam usus besar. Sehingga feses menjadi lunak dan mudah untuk dikeluarkan. Agar mudah dikonsumsi oleh anak, anda bisa mengolahnya dengan membuat jus apel.

  1. Jus prune

Selain jus apel ada buah lain yang juga dapat digunakan sebagai obat pencahar alami yaitu jus prune.Jika bosen dengan jus prune polosan. Anda bisa membuat jus campuran dari buah prune dan apel atau buah prune dengan buah pir.

Itulah beberapa obat pencahar alami yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar pada anak-anak. Namun jika obat alami belum efektif dan anak masih susah buang air besar. Ada baiknya periksakan anak ke dokter dan meminta resep obat pencahar yang dapat didapat di apotek atau toko obat lainnya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here